Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

VIRUS. INDIKATOR 1. Membedakan virus dengan makhluk hidup lainnya. 2. Menunjukkan cirri-ciri, struktur tubuh virus 3. Mendiskripsikan cara perkembang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "VIRUS. INDIKATOR 1. Membedakan virus dengan makhluk hidup lainnya. 2. Menunjukkan cirri-ciri, struktur tubuh virus 3. Mendiskripsikan cara perkembang."— Transcript presentasi:

1 VIRUS

2 INDIKATOR 1. Membedakan virus dengan makhluk hidup lainnya. 2. Menunjukkan cirri-ciri, struktur tubuh virus 3. Mendiskripsikan cara perkembang biakan atau replikasi virus. 4. Menjelaskan dan memberi contoh peranan virus bagi kehidupan manusi.

3

4 SEJARAH 1892 Dimitri Ivanowski, menyaring ekstrak daun tembakau berpenyakit agar bakteri tidak lolos lalu menyemprot pada yang sehat sehat jadi sakit

5 1898 Martinus W beinjerick melakukan pengamatan seperti Ivanowsky dan berpendapat yang menyebabkan penyakit pada tanaman tembakau adalah agen penginfeksi yang disebut virus lolos saring Virus berasal dari bahasa Latin == RACUN

6 What is a VIRUS??! “Agregasi senyawa kimia kompleks dengan asam nukleat terkandung di dalamnya dan dikelilingi oleh selubung protein” Ciri-ciri: Organisme aseluler, tidak memiliki ciri sel hidup. Berukuran sangat kecil ( nanometer), hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. Merupakan agen infeksi terkecil. Mengandung salah satu asam nukleat, DNA atau RNA (tidak pernah keduanya seperti pada organisme lain). Reproduksi hanya dapat berlangsung dalam sel hidup → Parasit intraseluler obligat.

7 Inti berupa DNA atau RNA dikelilingi selubung protein = kapsid= nukleokapsid. Kapsid tersusun atas monomer yang disebut kapsomer. Sebagian virus memiliki selubung di luar kapsid = “Envelope”, tersusun atas lipoprotein. Pada beberapa Virus masih dilengkapi tonjolan yang disebut “spikes” yang berfungsi sebagai alat pelekat dan pengenal sel inang. Partikel virus lengkap disebut “virion”.

8

9

10

11

12

13 Perkembangbiakan Virus Hanya dapat terjadi dalam sel inang yang hidup. Cara perkembangbiakan virus : 1. Siklus Litik 2. Siklus Lisogenik


Download ppt "VIRUS. INDIKATOR 1. Membedakan virus dengan makhluk hidup lainnya. 2. Menunjukkan cirri-ciri, struktur tubuh virus 3. Mendiskripsikan cara perkembang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google