Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DIAN PUSPITASARI, 2301404015 Kemampuan Mahasiswa Semester V Angkatan 2007 Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis dalam Mendeskripsikan Objek.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DIAN PUSPITASARI, 2301404015 Kemampuan Mahasiswa Semester V Angkatan 2007 Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis dalam Mendeskripsikan Objek."— Transcript presentasi:

1 DIAN PUSPITASARI, Kemampuan Mahasiswa Semester V Angkatan 2007 Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis dalam Mendeskripsikan Objek Wisata Budaya di Kota Semarang dalam Bahasa Prancis

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DIAN PUSPITASARI - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa Prancis - JURUSAN : BAHASA & SASTRA ASING - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - dyane_france pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Prof. Dr. Edi Astini Suudi - PEMBIMBING 2 : Dra. Diah Vitri W, DEA - TGL UJIAN :

3 Judul Kemampuan Mahasiswa Semester V Angkatan 2007 Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis dalam Mendeskripsikan Objek Wisata Budaya di Kota Semarang dalam Bahasa Prancis

4 Abstrak Dalam mempelajari suatu bahasa, sering dijumpai kata-kata dalam bahasa ibu yang tidak memiliki padanan dalam bahasa asing, begitu pula sebaliknya. Hal ini sering dijumpai dalam beberapa hal, terutama hal-hal yang berkaitan dengan pariwisata. Oleh karena itu, salah satu cara untuk dapat menjembataninya adalah dengan dekripsi. Mahasiswa semester V menjadi responden dalam penelitian ini karena mereka telah mendapat materi tentang kepariwisataan pada semester sebelumnya, selain itu mereka juga telah menyelesaikan materi pada Campus 1 dan Campus 2, sehingga mereka memiliki modal kebahasaan yang cukup untuk dapat mendeskripsikan objek wisata budaya di kota Semarang. Kota Semarang dipilih karena selain terdapat banyak kebudayaan, mahasiswa juga tinggal di kota ini, sehingga setidaknya mereka dapat mendeskripsikan objek wisata di kota ini ke dalam bahasa Prancis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa semester V dalam mendeskripsikan objek wisata budaya di kota Semarang ke dalam bahasa Prancis. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan mahasiswa dalam mendeskripsikan objek wisata budaya di kota Semarang ke dalam bahasa Prancis. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V program studi Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis yang telah lulus mata kuliah Structure IV dan Écrire IV yang berjumlah 23 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentsai dan metode tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nama dan jumlah populasi yang digunakan dalam penelitian ini. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan mahasiswa dalam mendeskripsikan objek wisata budaya di kota Semarang ke dalam bahasa Prancis. Tes yang digunakan adalah tes esai dalam bentuk deskripsi. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas konstrak, karena instrumen penelitian yang disusun berdasarkan teori-teori yang terkait dengan variabel penelitian, yakni teori tentang paragraf deskriptif dan teori yang berkaitan dengan objek wisata budaya di kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa semester V dalam mendeskripsikan objek wisata budaya dikategorikan ”baik.” Hal ini terlihat dari rata-rata nilai mereka sebesar 74,6. Kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh mahasiswa dianalisis per kriteria penilaian, yakni: mematuhi perintah, menyampaikan pesan, struktur gramatikal, ejaan dan kosa kata, serta kohesi dan koherensi. Berdasarkan analisis kesalahan per kriteria tersebut, tampak bahwa kriteria mematuhi perintah menempati prosentase rata-rata tertinggi (89,4%) dan kriteria ejaan dan kosa kata menempati prosentase rata-rata terendah (65,9%).

5 Kata Kunci Mendeskripsikan, objek wisata budaya, Bahasa Prancis, Pariwisata, Kota Semarang

6 Referensi Larousse de Poche: Dictionnaire des noms communs, des noms propres, précis de grammaire. Canada: Librairie Larousse Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta BBC English BBC English Dictionary. London: HarperCollins Publishers Chaer, Abdul Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang Peta Wisata Kota Semarang. Semarang Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Central Java Tourisme Attraction. Semarang Dubois, Jean et Mathée Giacomo, etc Dictionnaire de Linguistique. Montréal: Larousse Keraf, Gorys KOMPOSISI. Flores: Nusa Indah Pendit, Nyoman S Ilmu Pariwisata: Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT Pradnya Paramita Purwanto, Ngalim Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya Robert & Nathan Vocabulaire. Paris: Nathan Said, Mashadi Strategi Penerjemahan untuk Konsep yang Tidak Dikenal dalam Bahasa Penerima. Tesis tidak diterbitkan. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Gunadarma Sakri, Adjat Bangun Paragraf Bahasa Indonesia. Bandung: ITB UPT Komputer Buku Panduan Layanan Administrasi Akademik. Semarang: Universitas Negeri Semarang Zainuddin Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta Euis, Honiatri Memahami Bahasa Indonesia untuk SMA Tingkat I, (online), (http://materischools.blogspot.com/2008/05/membuat-parafrase-lisan.html, diakses 18 Juni 2008) 20 Februari 2010

7 Terima Kasih


Download ppt "DIAN PUSPITASARI, 2301404015 Kemampuan Mahasiswa Semester V Angkatan 2007 Prodi Pendidikan Bahasa Prancis dan Sastra Prancis dalam Mendeskripsikan Objek."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google