Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BERSAMA MENUMBUHKAN POTENSI

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BERSAMA MENUMBUHKAN POTENSI"— Transcript presentasi:

1 BERSAMA MENUMBUHKAN POTENSI

2 Anak yang baik itu seperti apa ya?

3 ANAK-ANAK MENDAMBAKAN ORANG TUA YANG … Menunjukkan bahwa mereka menyukai saya. Mengungkapkan penghargaan bagi setiap anggota keluarga. Mengatur hidup mereka agar dapat meluangkan waktu bersama. Menyambut teman-teman saya di rumah. Menjawab pertanyaan saya. Saling berkomitmen satu sama lain. Menanggulangi krisis dengan cara yang positif. Jujur. Menegur anak-anak ketika dibutuhkan, namun tidak di depan teman-temannya. Jangan bertengkar di depan saya. Berkonsentrasi pada kelebihan saya, bukan kelemahan saya. Konsisten. Penelitian Rick & Kathy Hicks kepada anak (berusia 8 – 14 tahun)

4 BEBERAPA PENDAPAT  Prof. Anthony Campolo (sosiolog): Saya meyakini bahwa kita hidup dalam era anak-anak tahu terlalu banyak dan terlalu dini.  USA Today melaporkan 6 dari 10 ibu mengatakan anak mereka bertumbuh terlalu cepat karena orang tua: o Membolehkan anak menggunakan internet tanpa pengawasan (75%) o Mempergunakan baju yang tidak sesuai usia anak (74%) o Membuat jadwal yang sangat padat bagi anak (63%) o Memberikan anak telpon selular (59%)

5 COBALAH MENGAMATI ANAK SEKARANG … 1.Lebih suka main internet daripada nonton TV. 2.Memiliki lebih banyak teman di dunia maya (“tetangga” adalah teman di FB, twitter, dsb). 3.Lebih suka portable device daripada PC. 4.Nongkrong dan ngobrol di kafe sebagai bagian gaya hidup. 5.Lebih suka texting daripada voice call. 6.Punya tempat bertanya yang sama: Mbah Google.

6 E.P.I.C. GENERATION E - Experiential I want more than a lecture. I want an experience to provoke and stimulate me. P - Participatory I want to participate in deciding the outcomes of programs. I want to upload my ideas. I - Image-rich I am visual. I want a picture to engage me and help me explore new perspectives. C - Connected I want to interact with others socially on issues both personally and through technology.

7 GAP Menurut Dr. Tim Elmore, penulis Generation iY SISWA MASA KINI ….SEKOLAH MASA KINI … Umumnya berpikir dengan otak kananUmumnya menggunakan otak kiri Belajar dengan cara up-load: mengekspresikkan diri Mengajar dengan bahan yang di- download Menyukai pengalaman belajar (aktif)Secara alamiah pasif Musik dan seni membantu untuk mengingat informasi Musik dan program seni dikurangi bahkan dihilangkan Ingin belajar apa yang relevan dengan kehidupan Mengajar demi ujian Digerakkan oleh kreativitasDigerakkan oleh kurikulum

8 20 KUALITAS PENTING LULUSAN UNIVERSITAS Survei National Association of Colleges and Employers (NACE), 2002 (457 pengusaha) 11. Berorientasi pada detail. 12. Kepemimpinan. 13. Percaya diri. 14. Ramah. 15. Sopan. 16. Bijaksana. 17. Indeks Prestasi (IP). 18. Kreatif. 19. Humoris. 20. Kemampuan Berwirausaha. 1.Kemampuan berkomunikasi. 2.Kejujuran dan integritas. 3.Kemampuan bekerja sama. 4.Etika. 5.Motivasi. 6.Inisiatif. 7.Kemampuan beradaptasi. 8.Daya analitik. 9.Kemampuan komputer. 10.Kemampuan berorganisasi.

9 FAKTOR SUKSES Berdasarkan riset Thomas J. Stanley, Ph.D, The Millionaire Mind. Riset dilakukan terhadap responden, 733 di antaranya milyuner dengan kekayaan di atas USD 1 juta.

10 FAKTOR SUKSES – Thomas J. Stanley, Ph.D 1.Bersikap jujur kepada semua orang. 2.Mempunya disiplin yang baik. 3.Pintar bergaul. 4.Mempunyai pasangan hidup yang mendukung. 5.Bekerja lebih keras daripada orang lain. 6.Mencintai karier/ bisnis. 7.Memiliki kualitas kepemimpinan yang baik dan kuat. 8.Memiliki semangat/ kepribadian yang sangat kompetitif. 9.Mengatur hidup dengan sangat baik. 10.Memiliki kemampuan untuk menjual ide/ produk. 11.Melakukan investasi dengan bijaksana. 12.Melihat peluang yang tidak dilihat oleh orang lain. 13.Menjadi bos atas diri sendiri. 14.Berani mengambil risiko keuangan bila memberikan hasil yang baik. 15.Memiliki mentor yang baik. 16. Memiliki hasrat untuk menjadi figur yang dihormati. 17. Membangun usaha sendiri. 18.Menemukan peluang yang menguntungkan. 19.Memiliki energi yang besar. 20.Fisik yang sehat. 21.Memiliki IQ yang tinggi/ superior. 22.Mengambil spesialisasi. 23.Masuk sekolah yang top. 24.Mengabaikan kritik orang yang tidak ada gunanya. 25.Hidup hemat. 26.Memiliki iman/ spiritual yang kuat. 27.Beruntung. 28.Investasi di perusahaan publik. 29.Memiliki penasihat investasi yang baik. 30.Lulus dengan nilai terbaik/ hampir terbaik.

11 DAMAGING PARENTING STYLES 1.Helicopter. 2.Dry cleaner. 3.Monster. 4.Karaoke Parents.

12 BERBAGI TIPS 1.Kasihi tanpa syarat dan ekspresikan. 2.Jadilah teladan. 3.Seimbangkan antara: kasih dan disiplin, otoritas dan tanggung jawab. 4.Bantu mereka menemukan dan mengembangkan talenta. 5.Sediakan komunitas yang baik (termasuk sekolah).

13 BAHASA KASIH Dr. Gary Chapman 1.Waktu berkualitas – meluangkan waktu bersama mereka. 2.Perkataan yang meneguhkan (words of affirmation) – secara verbal mengungkap persetujuan atau dukungan Anda. 3.Perbuatan melayani – melakukan sesuatu berdasarkan kasih. 4.Hadiah yang berwujud (tangible gifts) – berikan sesuatu yang sangat mereka inginkan. 5.Sentuhan fisik – menyentuh dan memeluk.

14 EMPAT KESEMPATAN PENTING 1.Saat makan. 2.Saat bepergian. 3.Menjelang anak tidur. 4.Pagi hari.


Download ppt "BERSAMA MENUMBUHKAN POTENSI"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google