Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGOLAHAN DATA Editing, Koding, Entry, Cleaning, Transformasi Data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGOLAHAN DATA Editing, Koding, Entry, Cleaning, Transformasi Data."— Transcript presentasi:

1 PENGOLAHAN DATA Editing, Koding, Entry, Cleaning, Transformasi Data

2 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 2 PENGOLAHAN DATA ( data processing ) adalah suatu rangkaian kegiatan yang sudah dimulai sejak data dikumpulkan sampai siap untuk dianalisis  Data menjadi berguna hanya setelah diolah dan dianalisis

3 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 3  Data kasar yang sudah didapatkan dari kegiatan pengumpulan data (terutama data primer), belum dapat menggambarkan informasi apapun sebelum melalui proses pengolahan dan analisis

4 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 4 Editing data Adalah suatu kegiatan yg bertujuan memeriksa / meneliti kembali: mengenai kelengkapan dari form/kuesioner shg data sudah cukup baik & dapat segera diproses lebih lanjut. dalam penelitian, proses editing data dapat dilakukan oleh tenaga pengumpul data atau oleh supervisor.

5 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 5 perlu diperhatikan : 1. Kelengkapan jawaban 2. Keterbacaan tulisan 3. Konsistensi 4. Kesamaan satuan ukur

6 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 6 Koding Data Koding adalah usaha mengkonversi data menjadi angka atau simbol (kode), membuat data manageable dan quantiable. Koding dilakukan dengan jalan menandai masing-masing jawaban dengan kode tertentu, biasanya berupa angka.

7 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 7 Dalam membuat kategori jawaban, perhatikan  Mutually exclusive Yaitu perbedaan kategori jawaban harus tegas, shg tidak ada jawaban yg tumpang tindih. Jika satu jawaban masuk ke dlm satu kategori maka jawaban tsb tidak boleh dapat masuk ke kategori lainnya.  Mutually exhaustive Yaitu setiap jawaban harus dapat masuk ke dalam kategori yang telah dibuat.

8 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 8 3 macam cara pengkodean, yaitu untuk : Pertanyaan tertutup, yaitu pertanyaan yg jawabannya sudah dikategorikan. Responden hanya perlu memilih satu atau lebih dari jawaban yg sudah ada. Pertanyaan terbuka, yaitu pertanyaan yg jawabannya belum dikategorikan. Responden bebas menjawab dengan urainnya sendiri. Pertanyaan semi terbuka, yaitu pertanyaan yg sebagian jawabannya sudah dikategorikan.

9 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 9 Buku Kode Buku kode digunakan sbg pedoman dlm pengolahan data ( memindahkan jawaban ke lembar kode atau ke file computer). Buku kode juga dipakai untuk mengidentifikasi variabel dlm proses analisis dan untuk membaca hasil analisis.

10 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 10 Pemasukan Data  Istilah pemasukan data biasa disebut dengan entry data.  Setelah data selesai dikoding dan buku kode telah siap, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan data ke dalam kartu tabulasi atau ke file komputer.

11 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 11 Pembersihan Data  Stlh selesai memasukkan semua data, kita tdk langsung siap utk melakukan analisis. Harus yakin dulu bahwa data yg masuk sudah benar-benar bebas dari kesalahan. Proses utk menguji kebenaran data ini sering disebut sbg tahap pembersihan data Langkah validasi / pembersihan memeriksa kisaran jawaban → melalui distribusi frekuensi memeriksa konsistensi jawaban → melalui cross 2 variabel

12 4/10/2015 Materi : Pengolahan Data 12 Tranformasi Data Berarti prosedur untuk melakukan perubahan pada data. Pdu yang dilakukan adalah perbaikan data, pembentukan variabel baru, perubahan kode, penggabungan data dan lain-lain.


Download ppt "PENGOLAHAN DATA Editing, Koding, Entry, Cleaning, Transformasi Data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google