Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

User Datagram Protocol (UDP) PROTOCOL TRANSPORT. Pendahuluan Ketika komputer, terminal dan/atau peralatan data prosesing melakukan proses pertukaran data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "User Datagram Protocol (UDP) PROTOCOL TRANSPORT. Pendahuluan Ketika komputer, terminal dan/atau peralatan data prosesing melakukan proses pertukaran data."— Transcript presentasi:

1 User Datagram Protocol (UDP) PROTOCOL TRANSPORT

2 Pendahuluan Ketika komputer, terminal dan/atau peralatan data prosesing melakukan proses pertukaran data (komunikasi data), sebenarnya banyak langkah yg dilakukan. Langkah2 itu antara lain : – Sumber harus mengaktifkan jalur komunikasi tujuan, atau memberi informasi ke jaringan bahwa ia akan berkomunikasi dengan komputer yg ada didalam jaringan. (memberi identitas komputer yg dituju) – Sumber harus mengetahui bahwa komputer tujuan telah siap menerima informasi.

3 – Ketika file/data dikirimkan, maka penerima harus mampu menampung dan mengendalikan sistem penerimaannya secara tepat dan sesuai dengan urutan datanya. – Jika format data komputer sumber tidak sama dg komputer tujuan maka salahsatu harus bisa melakukan konversi data atau penerjemahan sehingga komunikasi dapat terjadi. Dari fakta diatas,Kesimpulannya adalah: – Harus ada kontrol sistem yg mengendalikan proses perpindahan data tersebut. – Proses kontrol komunikasi antar komputer atau jaringan komputer ini diperlukan satu konsep yaitu : “protokol” (termasuk didalamnya pemahaman tentang arsitektur protokol yg dipakai)

4 Model Protokol Komunikasi data dlm jaringan merupakan proses yg sangat kompleks. Oleh karena itu diperlukan suatu struktur protokol model. Struktur protokol model yg paling tepat adl dg cara menyusun menjadi sejumlah lapisan (layer) layanan yg akan membagi proses komunikasi data menjadi unit2 kecil. Saat ini terdapat 2 model protokol jaringan yg populer, yaitu : OSI dan TCP/IP

5 Model OSI (Open System Interconnection) – Dikembangkan oleh ISO (International Organization for Standarization). – Dalam model OSI, protokol dibagi menjadi 7 lapis (layer) layanan. – Setiap layer melaksanakan tugas tertentu; yg pada prinsipnya layer yg lebih rendah bertugas untuk melayani layer yg lebih tinggi. – Perubahan yg terjadi pada masing2 layer tdk akan mempengaruhi layer yg lain.

6 Model TCP/IP – Dikembangkan oleh DARPA (US Defense Advance Research Project Agency) untuk paket2 yg dikirimkan melalui jaingan ARPANET. – TCP/IP lebih dikenal digunakan sebagai protokol dalam jaringan internet. – Sama seperti Model OSI, TCP/IP juga dibagi menjadi beberapa lapis (layer) layanan.

7 Arsitektur TCP/IP

8 PROTOKOL TRANSPORT: Adalah protokol kendali perpindahan data diantara dua komputer TCP (Transmission Control Protocol) UDP (User Datagram Protocol)

9 Karakter UDP Connectionless Unreliable UDP menyediakan mekanisme untuk mengirim pesan- pesan ke sebuah protokol lapisan aplikasi atau proses tertentu di dalam sebuah host dalam jaringan yang menggunakan TCP/IP. Header UDP berisi field Source Process Identification dan Destination Process Identification. UDP menyediakan penghitungan checksum berukuran 16-bit terhadap keseluruhan pesan UDP

10 Penggunaan UDP Protokol yang "ringan" (lightweight): Untuk menghemat sumber daya memori dan prosesor, beberapa protokol lapisan aplikasi membutuhkan penggunaan protokol yang ringan yang dapat melakukan fungsi-fungsi spesifik dengan saling bertukar pesan. Contoh dari protokol yang ringan adalah fungsi query nama dalam protokol lapisan aplikasi Domain Name System (DNS) Protokol lapisan aplikasi yang mengimplementasikan layanan keandalan: Jika protokol lapisan aplikasi menyediakan layanan transfer data yang andal, maka kebutuhan terhadap keandalan yang ditawarkan oleh TCP pun menjadi tidak ada. Contoh dari protokol seperti ini adalah Teivial File Transfer Protocol (TFTP) dan Network File System (NFS) Protokol yang tidak membutuhkan keandalan. Contoh protokol ini adalah protokol Routing Information Protocol Transmisi broadcast: Karena UDP merupakan protokol yang tidak perlu membuat koneksi terlebih dahulu dengan sebuah host tertentu, maka transmisi broadcast pun dimungkinkan. Sebuah protokol lapisan aplikasi dapat mengirimkan paket data ke beberapa tujuan dengan menggunakan alamat multicast atau broadcast. Hal ini kontras dengan protokol TCP yang hanya dapat mengirimkan transmisi one-to-one. Contoh: query nama dalam protokol NetBIOS Name Service.

11 Pesan-pesan UDP

12 Header UDP

13 Port UDP Seperti halnya TCP, UDP juga memiliki saluran untuk mengirimkan informasi antar host, yang disebut dengan UDP Port. Untuk menggunakan protokol UDP, sebuah aplikasi harus menyediakan alamat IP dan nomor UDP Port dari host yang dituju

14 S E K I A N


Download ppt "User Datagram Protocol (UDP) PROTOCOL TRANSPORT. Pendahuluan Ketika komputer, terminal dan/atau peralatan data prosesing melakukan proses pertukaran data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google