Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dalam upaya media relations, praktisi PR memiliki event spesial untuk mengundang wartawan. Event ini digunakan untuk saling berinteraksi. Pertemuan bisa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dalam upaya media relations, praktisi PR memiliki event spesial untuk mengundang wartawan. Event ini digunakan untuk saling berinteraksi. Pertemuan bisa."— Transcript presentasi:

1

2 Dalam upaya media relations, praktisi PR memiliki event spesial untuk mengundang wartawan. Event ini digunakan untuk saling berinteraksi. Pertemuan bisa informal maupun formal

3 Event spesial dengan wartawan Pers tour Resepsi pers Konferensi pers

4 a. Pers tour Acara yang diselenggarakan oleh organisasi untuk memberi kesempatan wartawan mengetahui kondisi, aktivitas, permasalahan organisasi. Kunjungan ke perusahaan, menikmati jasa perusahaan Contoh : Pembukaan jalur penerbangan Garuda Indonesia ke Swedia Pembukaan cabang hotel di Singapura Mengikuti perjalanan haji yang diselenggarakan suatu travel biro.

5 Perencanaan Pers tour Menentukan : tujuan media yang akan dilibatkan Pihak internal Waktu, transportasi, akomodasi, obyek, uang saku Anggaran Susunan acara, denah, rute, pemandu, dll

6 Pelaksanaan acara pers tour Menghubungi media yang diundang, seminggu sebelumnya Konfirmasi nama wartawan pada H-5 Memberi tiket dan segala kebutuhan pada H-2 Memandu perjalanan Melayani kepentingan wartawan Evaluasi dengan memperhatikan publikasinya.

7 b. Resepsi Pers Pertemuan khusus dengan media dalam bentuk seremonial, seperti : ulang tahun perusahaan, buka bersama, halal bihalal dsb. Target : memantau publikasi setelah acara Biasanya juga mengundang relasi bisnis, pemerintah Wartawan diupayakan mengenal pimpinan : hobi, kondisi keluarga, latar pendidikan, sosial ekonomi Wartawan diberi tempat strategis untuk bisa meliput acara.

8 c. Konferensi pers Kegiatan yang direncanakan Menyampaikan kebijakan baru, peluncuran produk baru, pengembangan usaha, pemberitahuan special event tertentu (pameran, seminar, dll) untuk dipublikasikan. Tidak direncanakan Klarifikasi suatu masalah Kebijakan yang mendadak untuk menanggulangi situasi tertentu Sering karena permintaan media massa

9 Merencanakan konferensi pers secara teknis tidak sulit Namun jika isu yang diangkat tidak terkait dengan kepentingan masyarakat luas, wartawan enggan hadir.

10 Contoh konferensi pers yang gagal Dalam acara peluncuran buku “Bisnis Promosi”, penulis menjelaskan isi buku kepada wartawan. Selain itu, ditampilkan pula artis terkenal. Setelah acara berlangsung, media lebih tertarik mewawancarai artis, dan isi publikasinya tidak ada yang berhubungan sedikit pun mengenai isi buku.

11 Perencanaan konferensi pers Merancang topik Merancang strategi penyampaian Menentukan media yang diundang Menentukan nara sumber yang kompeten Menentukan tempat acara Merancang acara (waktu, susunan acara, lay out, peralatan, dll) Menentukan pihak ketiga yang diajak bekerja sama Menentukan pers kit Menyiapkan ID card

12 Pelaksanaan konferensi pers Satu jam sebelum acara, cek tata letak ruangan, peralatan, hidangan, penerima tamu, dll Menghubungi nara sumber jika belum datang Memperkenalkan nara sumber pada wartawan Melaksanakan acara tepat pada waktunya Mengendalikan topik Memonitor pertanyaan, sikap dan tanggapan wartawan Memonitor publikasi media, mencari rekaman, klipping sebagai bahan evaluasi dan dokumentasi Membuat rekaman sejak awal sampai akhir.

13 Proposal Konferensi pers

14 Contoh konferensi pers Konferensi Pers Kedatangan Tim LA Galaxy ke Indonesia.mp4 Konferensi Pers Kedatangan Tim LA Galaxy ke Indonesia.mp4 Maicih Lion


Download ppt "Dalam upaya media relations, praktisi PR memiliki event spesial untuk mengundang wartawan. Event ini digunakan untuk saling berinteraksi. Pertemuan bisa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google