Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ORKOM1 BAB V FUNGSI KOMPUTER PADA LEVEL PALING ATAS, SEBUAH KOMPUTER TERDIRI DARI CPU, MEMORI, DAN KOMPONEN – KOMPONEN I/O, DENGAN SATU MODUL ATAU LEBIH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ORKOM1 BAB V FUNGSI KOMPUTER PADA LEVEL PALING ATAS, SEBUAH KOMPUTER TERDIRI DARI CPU, MEMORI, DAN KOMPONEN – KOMPONEN I/O, DENGAN SATU MODUL ATAU LEBIH."— Transcript presentasi:

1 ORKOM1 BAB V FUNGSI KOMPUTER PADA LEVEL PALING ATAS, SEBUAH KOMPUTER TERDIRI DARI CPU, MEMORI, DAN KOMPONEN – KOMPONEN I/O, DENGAN SATU MODUL ATAU LEBIH PADA MASING – MASING JENISNYA.

2 ORKOM2 KOMPONEN – KOMPONEN INI DIINTERKONEKSIKAN DENGAN SUATU CARA AGAR MEMPEROLEH FUNGSI DASAR KOMPUTER, YAITU UNTUK MENGEKSEKUSI PROGRAM. PADA TINGKAT ATAS KITA DAPAT MENJELASKAN : 1. PERILAKU EKSTERNAL MASING – MASING KOMPONEN, YAITU DATA. 2. MENJELASKAN STRUKTUR INTERKONEKSI DAN KONTROL- KONTROL YANG DIPERLUKAN

3 ORKOM3 PEMAHAMAN STRUKTUR DAN FUNGSI TINGKAT PALING ATAS AKAN MEMBERIKAN GAGASAN BAGI MASALAH – MASALAH :  SISTEM  LINTASAN ALTERNATIF  BILA KOMPONEN GAGAL  PENINGKATAN KERJA SISTEM  PENGAMANAN

4 ORKOM4 KOMPONEN – KOMPONEN KOMPUTER ARSITEKTUR VON NEUMAN : DATA DAN INSTRUKSI DISIMPAN DI MEMORI. SI MEMORI DAPAT DIAMATI DENGAN LOKASI. EKSEKUSI TERJADI DENGAN CARA SEKUENSIAL DARI INSTRUKSI YANG SATU KE INSTRUKSI YANG BERIKUTNYA.

5 ORKOM5 SEBUAH MODUL MEMORI TERDIRI DARI SEKUMPULAN LOKASI, YANG DIDEFINISIKAN DENGAN ALAMAT- ALAMAT YANG MEMILIKI NOMOR BERURUTAN.MASING – MASING LOKASI BERISI BILANGAN BINER YANG DAPAT DIINTERPRETASIKAN BAIK SEBAGAI INSTRUKSI MAUPUN DATA. MODUL I/O MEMINDAHKAN DATA DARI PERANGKAT EKSTERNAL KE CPU, DAN SEBALIKNYA.

6 ORKOM6 FUNGSI KOMPUTER FUNGSI DASAR YANG DIBENTUK KOMPUTER ADALAH EKSEKUSI PROGRAM. PROGRAM YANG AKAN DIEKSEKUSI BERISI SEJUMLAH INSTRUKSI YANG TERSIMPAN DI DALAM MEMORI. CPU MELAKUKAN TUGAS DENGAN CARA MENGEKSEKUSI SUATU PROGRAM.

7 ORKOM7 PENGOLAHAN INSTRUKSI TERDIRI DARI 2 LANGKAH : 1. INSTRUKSI BACA (FETCH) CPU DARI MEMORI PADA SUATU SAAT. 2. KEMUDIAN CPU MENGEKSEKUSI SETIAP INSTRUKSI. PENGOLAHAN YANG DIPERLUKAN UNTUK INSTRUKSI TUNGGAL DISEBUT SIKLUS INSTRUKSI.

8 ORKOM8 EKSEKUSI PROGRAM AKAN TERHENTI APABILA :  MESIN DIMATIKAN  TERJADI KESALAHAN  TERDAPAT INSTRUKSI YANG MENGHENTIKAN KOMPUTER.

9 ORKOM9 GAMBAR SIKLUS INSTRUKSI DASAR : START MENGAMBIL INSTRUKSI BERIKUTNYA EKSEKUSI INSTRUKSI HALT SIKLUS PENGAMBILAN SIKLUS EKSEKUSI

10 ORKOM10 SIKLUS FETCH DAN EKSEKUSI PADA AWAL SETIAP SIKLUS INSTRUKSI, CPU MEMBACA INSTRUKSI DARI MEMORI. PADA CPU YANG UMUM, SUATU REGISTER YANG DISEBUT PROGRAM COUNTER (PC) DIPAKAI UNTUK MENGAWASI INSTRUKSI YANG AKAN DIBACA SELANJUTNYA.

11 ORKOM11 CPU MENGINTERPRETASIKAN INSTRUKSI DAN MELAKUKAN AKSI, SECARA UMUM AKSI-AKSI INI DAPAT DIBAGI : 1. CPU-MEMORI : DATA DAPAT DIPINDAHKAN DARI CPU KE MEMORI ATAU DARI MEMORI KE CPU. 2. CPU-I/O : DATA DAPAT DIPINDAHKAN KE ATAU DARI DUNIA LUAR DENGAN PEMINDAHAN ANTARA CPU DAN MODUL I/O.

12 ORKOM12 3. PENGOLAHAN DATA : CPU DAPAT MEMBENTUK SEJUMLAH OPERASI ARITMATIK DAN LOGIK TERHADAP DATA. 4. CONTROL : SEBUAH INSTRUKSI DAPAT MENGUBAH URUTAN EKSEKUSI.

13 ORKOM13 DIPERLUKAN TIGA BUAH INSTRUKSI, YANG DAPAT DIJELASKAN SEBAGAI TIGA FETCH DAN TIGA EKSEKUSI:  PROGRA COUNTER (PC) BERISI 300 ALAMAT INSTRUKSI PERTAMA. ALAMAT INI DIMUATKAN KE DALAM INSTRUCTION REGISTER (IR). PERLU DICATAT BAHWA PROSES INI AKAN MELIBATKAN PENGGUNAAN MEMORY ADDRESS REGISTER (MAR) DAN MEMORY BUFFER REGISTER (MBR). UNTUK MUDAHNYA, REGISTER-REGISTER INTERMEDIATENYA DIABAIKAN.

14 ORKOM14  BIT PERTAMA DI DALAM IR MENGIDENTIFIKASIKAN BAHWA AKUMULATOR (AC) AKAN DIMUATKAN. 12 BIT SISANYA MENENTUKAN ALAMAT, YAITU 940.  PC DINAIKKAN NILAINYA, DAN INSTRUKSI BERIKUTNYA AKAN DIAMBIL.  ISI AC YANG LAMA DAN ISI LOKASI 941 DITAMBAHKAN, DAN HASILNYA DISIMPAN DIDALAM AC.

15 ORKOM15  PC DINAIKKAN NILAINYA, DAN INSTRUKSI BERIKUTNYA AKAN DIAMBIL.  ISI AC AKAN DISIMPAN PADA LOKASI 941.

16 ORKOM16 CONTOH EKSEKUSI PROGAM : MEMORY PC AC IR STEP PC AC IR MEMORY STEP 2

17 ORKOM MEMORY PC AC IR STEP PC AC IR MEMORY STEP = 5

18 ORKOM MEMORY PC AC IR STEP PC AC IR MEMORY STEP 6

19 ORKOM19 UNTUK SEMBARANG SIKLUS INSTRUKSI YANG DIKETAHUI, SEBAGIAN KEADAAN DAPAT NULL DAN KEADAAN LAINNYA DAPAT DISINGGAHI LEBIH DARI SEKALI.


Download ppt "ORKOM1 BAB V FUNGSI KOMPUTER PADA LEVEL PALING ATAS, SEBUAH KOMPUTER TERDIRI DARI CPU, MEMORI, DAN KOMPONEN – KOMPONEN I/O, DENGAN SATU MODUL ATAU LEBIH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google