Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Suatu Perumpamaan Mengajar itu………. Paket 3 Matakuliah Pembelajaran IPA MI STRATEGI PEMBELAJARAN IPA YANG KONSTRUKTIVIS Waktu: 200 Menit.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Suatu Perumpamaan Mengajar itu………. Paket 3 Matakuliah Pembelajaran IPA MI STRATEGI PEMBELAJARAN IPA YANG KONSTRUKTIVIS Waktu: 200 Menit."— Transcript presentasi:

1 Paket 3 Matakuliah Pembelajaran IPA MI STRATEGI PEMBELAJARAN IPA YANG KONSTRUKTIVIS Waktu: 200 Menit

2 Suatu Perumpamaan Mengajar itu………

3 Mengembangkan strategi pembelajaran IPA MI yang konstruktivis
Kompetensi Dasar Mengembangkan strategi pembelajaran IPA MI yang konstruktivis

4 Indikator Pada akhir perkuliahan mahasiswa-mahasiswi diharapkan dapat:
menemukan ide-ide pokok tentang pendekatan konstruktivis dan model pembelajaran berbasis konstruktivis (model pembelajaran Siklus Belajar dan pembelajaran berdasarkan masalah), mengidentifkasi materi yang sesuai untuk penerapan model pembelajaran; Siklus Belajar dan pembelajaran berdasarkan masalah, menganalisis kondisi yang diperlukan untuk dapat menerapkan model pembelajaran; Siklus Belajar, pembelajaran berdasarkan masalah, merumuskan sintaks/langkah pembelajaran model Siklus Belajar dan pembelajaran berdasarkan masalah, mengembangkan RPP yang berorientasi model pembelajaran IPA MI yang konstruktivis.

5 Langkah Perkuliahan I Pengantar (10’) Kerja Individu (5’)
Curah Pendapat (13’) Penguatan (10’) Diskusi Kelompok (25’) Presentasi (15’) Refleksi (5’) Tindak Lanjut (5’)

6 Langkah Perkuliahan II
Pengantar (10’) Kerja Berpasangan (10’) Curah Pendapat (10’) Penguatan (15’) Diskusi Kelompok (20’) Pameran (10’) Penguatan (10’) Refleksi (5’) Tindak Lanjut (5’)

7 Kerja Individu Bacalah uraian materi 3.2!
Identifikasi ciri-ciri pembelajaran konstruktivis!

8 Curah Pendapat Bacalah uraian materi 3.2!
Identifikasi ciri-ciri pembelajaran konstruktivis!

9 Pengertian ‘ bahwa anak-anak diberi kesempatan agar menggunakan strateginya sendiri dalam belajar secara sadar, sedangkan guru yang membimbing siswa ke tingkat pengetahuan yang lebih tinggi’

10 Prinsip Konstruktivis
Setiap orang membentuk pengetahuan atas apa yang sebenarnya, pengetahuan yang sudah dimiliki mengubah informasi yang diterima, siswa membentuk realitas berdasar pada keyakinan yang dimiliki, siswa memadukan apa yang mereka yakini dengan apa yang benar-benar mereka amati.

11 Diskusi Kelompok Membentuk 6 kelompok yang berimbang secara gender.
Berdiskusi dengan panduan LK 3.1A

12 Presentasi Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil-hasil diskusi.
Kelompok lain menanggapi

13 MODEL SIKLUS BELAJAR

14 Pengertian merupakan salah satu model pembelajaran yang dikembangkan untuk memberikan kesempatan kepada siswa dan siswi membangun pemahaman terhadap objek melalui serangkaian kegiatan yang berulang

15 Melibatkan Evaluasi Eksplorasi Pembelajaran Sains Perluasan Penjelasan

16 Pelibatan Kegiatan yang akan memfokuskan perhatian siswa-siswi, merangsang pemikirannya dan mengetahui pengalaman awalnya.

17 Eksplorasi Aktivitas yang memberikan waktu pada siswa-siswi untuk berfikir dan menyelidiki/menguji/membuat keputusan/memecahkan masalah dan mengumpulkan infrmasi.

18 Penjelasan Aktivitas yang memungkinkan siswa untuk menganalisa hasil eksplorasinya. Pemahaman siswa diklarifikasi dan dimodifikasi melalui aktivitas refleksi.

19 Perluasan Aktivitas yang akan memerluas dan mensolidkan pemikiran siswa-siswi dan atau mengaplikasikannya pada situasi kehidupan nyata.

20 Evaluasi Kegiatan yang memungkinkan guru untuk mengakses penampilan dan atau pemahaman konsep, ketrampilan, proses dan aplikasi.

21 Refleksi Perwakilan mahasiswa-mahasiswi merefleksikan jalannya perkuliahan

22 Tindak lanjut Kembangkan Rencana Pembelajaran model siklus belajar!

23 Model Siklus Belajar Ceritakanlah model siklus belajar yang telah dipelajari pada pertemuan yang lalu!

24 Kerja Berpasangan Bacalah uraian materi 3.2!
Identifikasi ciri-ciri pembelajaran berbasis masalah!

25 Curah Pendapat Sampaikan gagasan Anda tentang Pembelajaran Berbasis Masalah

26 Model Pemb. Berdasarkan Masalah

27 Pengertian Model pembelajaran yang membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, keterampilan intelektual, dan belajar berbagai peran orang dewasa dengan terlibat dalam pengalaman nyata/simulasi

28 Ciri PBL (Problem Based Learning)
Mengorientasikan siswa-siswi kepada masalah autentik Berfokus pada keterkaitan antar disiplin Penyelidikan autentik Menghasilkan produk/karya dan memamerkannya

29 Kapan PBL digunakan? Bila mengajarkan keterampilan berpikir dan keterampilan memecahkan masalah Bila melatih pemodelan Peranan Orang Dewasa Bila melatih siswa menjadi pebelajar yang otonom (mandiri)

30 Sintaks Pembelajaran Berdasarkan Masalah
Orientasi siswa-siswi pada masalah otentik Mengorganisasi siswa-siswi untuk belajar Membimbing penyelidikan Menyajikan hasil karya Menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah

31 Peran guru dalam PBL Mengajukan siswa kepada masalah otentik asalah
Membimbing penyelidikan (Scaffolding) pada saat Pengamatan/eksperimen Memfasilitasi dialog antara siswa-siswi Mendukung belajar siswa-siswi

32 Diskusi Kelompok Membentuk 6 kelompok yang berimbang secara gender.
Berdiskusi dengan panduan LK 3.1B

33 Pameran Kelompok menempelkan hasil kerja dan menyiapkan presenter.
Mahasiswa-mahasiswi mencermati hasil diskusi kelompok yang lain.

34 Refleksi Perwakilan mahasiswa-mahasiswi merefleksikan jalannya perkuliahan

35 Tindak lanjut Pelajari paket berikutnya untuk persiapan perkuliahan minggu depan

36 Terima Kasih


Download ppt "Suatu Perumpamaan Mengajar itu………. Paket 3 Matakuliah Pembelajaran IPA MI STRATEGI PEMBELAJARAN IPA YANG KONSTRUKTIVIS Waktu: 200 Menit."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google