Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek Unified Modeling Language (UML)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek Unified Modeling Language (UML)"— Transcript presentasi:

1 SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek Unified Modeling Language (UML)

2 What Is the UML? The Unified Modeling Language (UML) is a language for Specifying Visualizing Constructing Documenting the artifacts of a software-intensive system

3 UML History

4 Inputs to UML Fusion Operation descriptions, Message numbering Meyer Before and after conditions Harel State charts Wirfs-Brock Responsibilities Embley Singleton classes, High-level view Odell Classification Shlaer - Mellor Object Lifecycles Gamma, et.al Frameworks, patterns, notes Booch Jacobson Rumbaugh

5 The UML Provides Standardized Diagrams Deployment Diagram Deployment Diagram Use Case Diagrams Use Case Diagrams Use Case Diagrams Use Case Diagrams Use Case Diagrams Use Case Diagrams Scenario Diagrams Scenario Diagrams Scenario Diagrams Scenario Diagrams Sequence Diagrams Sequence Diagrams State Diagrams State Diagrams State Diagrams State Diagrams State Diagrams State Diagrams Component Diagrams Component Diagrams Component Diagrams Component Diagrams Component Diagrams Component Diagrams Model State Diagrams State Diagrams State Diagrams State Diagrams Object Diagrams Object Diagrams Scenario Diagrams Scenario Diagrams Scenario Diagrams Scenario Diagrams Collaboration Diagrams Collaboration Diagrams Use Case Diagrams Use Case Diagrams Use Case Diagrams Use Case Diagrams Activity Diagrams Activity Diagrams State Diagrams State Diagrams State Diagrams State Diagrams Class Diagrams Class Diagrams

6 UML Diagrams Are Key System Artifacts Actor A Use Case 1 Use Case 2 Actor B Document FileManager GraphicFile File Repository DocumentList FileList Customer name addr withdraw() fetch() send() receive() > Forward Engineering(Code Generation) and Reverse Engineering Executable System User Interface Definition Domain Expert Use Case 3 Source Code edit, compile, debug, link Use-Case Diagram Class Diagram Collaboration Diagram Sequence Diagram Component Diagram State Diagram Package Diagram Deployment Diagram Class

7 Arsitektur Sistem Deployment ViewProcess View Design ViewImplementation View Use Case View vocabulary functionality performance scalability throughput behavior system assembly configuration mgmt. system topology distribution delivery installation

8 Representing Architecture: The 4+1 View Model Process View Deployment View Design View Implementation View Programmers Software management Performance Scalability Throughput System Integrators System topology Delivery, installation communication System Engineering Use-Case View Structure Analysts/ Designers End-user Functionality

9 Model Konseptual UML Building block (blok pembangun) sintaks (dan semantik dari sintaks) dari bagian model dengan UML Rules aturan untuk membangun model dari berbagai bagian model Common mechanism mekanisme pemodelan umum yang diterapkan di seluruh UML

10 Blok Pembangun pada UML Things abstraksi dari apa yang akan dimodelkan Relationship hubungan antar abstraksi (things) Diagrams mengelompokkan kumpulan sejumlah abstraksi yang dihubungkan

11 Structural (berpadanan dengan kata benda) merepresentasikan aspek statis sistem Behavioural (berpadanan dengan kata kerja) merepresentasikan aspek dinamis sistem Grouping menyatakan pengelompokan sejumlah abstraksi dengan organisasi tertentu Annotational memberikan keterangan atas suatu abstraksi Kategori Things

12 Structural Things (1) Class deskripsi dari kumpulan objek yang memiliki atribut, operasi, relasi, dan semantik yang sama Interface kumpulan operasi yang menyatakan layanan dari sebuah kelas

13 Structural Things (2) Collaboration merupakan kumpulan peran dan elemen yang bekerja sama untuk menyediakan kelakuan kooperatif agregat Use case deskripsi dari aksi - aksi yang dilakukan sistem dan menghasilkan luaran kepada aktor (representasi fungsionalitas system)

14 Structural Things (3) Component Bagian dari sistem, yang dapat diubah yang sesuai dan menyediakan realisasi interface tertentu Node Elemen fisik yang ada saat run time dan mewakili sumber daya komputasi (kemampuan memori dan pemroses)

15 Behavioral Things Merupakan bagian dinamik dari model UML Biasanya terhubung dengan model struktural. Didefiniskan dengan menggunakan verb (kata kerja).

16 Ada 2 macam Behavioral Things Interaction kelakuan yang terdiri dari sekumpulan pesan yang saling dipertukarkan antar sekumpulan objek dalam konteks tertentu untuk mencapai tujuan tertentu display State Machine kelakuan yang menspesifikasikan urutan state dari objek atau interaksi yang terjadi selama hidup objek tersebut dalam menyikapi event dan tanggapannya terhadap event-event tersebut Waiting Idle

17 Packages - Mekanisme untuk mengorganisasi elemen - Konseptual, hanya ada pada waktu pengembangan - Berisi structural dan behavioral things - Dapat bersarang - Variasi package: framework, model, & subsystem. Meeting Scheduler Grouping

18 Annotational Things flexible drop-out dates Notes Elemen UML yang digunakan untuk memberi keterangan elemen lain pada model

19  Use case Diagram  Class Diagram/ Object Diagram  Behavioral Diagram : Statechart Diagram Activity Diagram Interaction Diagram : Sequence Diagram Collaboration Diagram  Implementation Diagram : Component Diagram Deployment Diagram Artifact UML

20 Penggunaan Artifact UML Menggambarkan batasan sistem dan fungsi-fungsi utamanya dengan use case diagram Buat realisasi use case dengan interaction diagram Gambarkan struktur statik sistem dengan class diagram Modelkan perilaku objek dengan state diagram dan activity diagram Gambarkan arsitektur implementasi dengan component diagram dan deployment diagram Perluas fungsionalitas dengan stereotypes


Download ppt "SE3414 RPL: Teknik Berorientasi Objek Unified Modeling Language (UML)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google