Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BESARAN DAN SATUAN BESARAN DAN SATUAN HOMETUJUAN PEMBELAJARANPENGANTAR BESARAN POKOKBESARAN TURUNANSI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BESARAN DAN SATUAN BESARAN DAN SATUAN HOMETUJUAN PEMBELAJARANPENGANTAR BESARAN POKOKBESARAN TURUNANSI."— Transcript presentasi:

1 BESARAN DAN SATUAN BESARAN DAN SATUAN HOMETUJUAN PEMBELAJARANPENGANTAR BESARAN POKOKBESARAN TURUNANSI

2 Adaptif Hal.: 2 BESARAN DAN SATUAN TUJUAN PEMBELAJARAN Siswa dapat menjelaskan pengertian besaran fisika melalui penjelasan dari guru. Siswa dapat menjelaskan pengertian besaran pokok melalui diskusi kelompok. Siswa dapat menjelaskan pengertian besaran turunan melalui diskusi kelompok. Siswa dapat mengidentifikasi besaran fisika dalam kehidupan sehari- hari melalui diskusi kelompok. Siswa dapat mengidentifikasi besaran fisika kedalam besaran pokok dan besaran turunan melalui diskusi kelompok. Siswa dapat menggunakan satuan SI dalam pengukuran melaui percobaan sederhana.

3 Adaptif PENGANTAR Manakah yang termasuk dalam besaran fisika? Hal.: 3 BESARAN DAN SATUAN cantik Massa waktu kecepatan gaya enak pintar

4 Adaptif Hal.: 4 BESARAN DAN SATUAN PENGANTAR  Panjang meja belajarmu 125 cm. Massa dirimu 45 kg. Panjang dan massa termasuk besaran fisika. Hal ini karena keduanya dapat diukur dan dapat dinyatakan dengan angka.  Besaran fisika adalah segala sesuatu yang dapat di ukur dan dapat dinyatakan dengan angka.  satuan, yaitu pembanding dalam suatu pengukuran besaran, contohnya kg dan cm.

5 Adaptif PENGANTAR Hal.: 5 BESARAN DAN SATUAN Dapatkah kamu menyebutkan beberapa contoh lagi yang termasuk besaran fisika?

6 Adaptif Hal.: 6 BESARAN DAN SATUAN BESARAN POKOK  Besaran pokok adalah besaran yang berdiri sendiri dan satuannya tidak tergantung pada satuan besaran yang lain.  Besaran pokok merupakan besaran yang dijadikan dasar bagi besaran yang lain, dan dapat diukur secara langsung.

7 Adaptif Hal.: 7 BESARAN DAN SATUAN BESARAN POKOK Tabel Besaran pokok beserta satuannya

8 Adaptif Hal.: 8 BESARAN DAN SATUAN BESARAN TURUNAN  besaran turunan adalah besaran yang tersusun dari beberapa besaran pokok.  Contohnya besaran kelajuan adalah m/s. m adalah satuan besaran panjang, sedangkan sekon adalah satuan untuk besaran waktu. Dari kenyataan ini, kita dapat menyimpulkan bahwa kelajuan benda tergantung pada besaran panjang dan besaran waktu.

9 Adaptif Hal.: 9 BESARAN DAN SATUAN BESARAN TURUNAN  Tabel beberapa besaran turunan dan satuannya.

10 Adaptif Hal.: 10 BESARAN DAN SATUAN SATUAN INTERNASIONAL Satuan standar harus memenuhi syarat-syarat seperti berikut:  Satuan yang ditetapkan tidak akan mengalami perubahan oleh pengaruh apapun.  Satuan yang ditetapkan harus berlaku di semua tempat dan setiap saat.  Satuan yang ditetapkan harus mudah ditiru.

11 Adaptif Hal.: 11 BESARAN DAN SATUAN SATUAN INTERNASIONAL  Pemilihan satuan standar dilakukan oleh Lembaga Berat dan Ukuran Internasional yang didirikan tahun 1875 dan berkedudukan di Prancis.  Sampai saat ini, ada dua jenis satuan yang masih digunakan, yaitu sistem Inggris dan sistem Metrik. Dalam sistem Inggris dikenal foot, pound, dan second (biasa disingkat FPS). Sedangkan sistem Metrik ini dibagi dua, yaitu MKS (meter, kilogram, sekon) dan CGS (centimeter, gram, sekon).

12 Adaptif Hal.: 12 BESARAN DAN SATUAN SATUAN INTERNASIONAL  System satuan dari besaran panjang, massa dan waktu


Download ppt "BESARAN DAN SATUAN BESARAN DAN SATUAN HOMETUJUAN PEMBELAJARANPENGANTAR BESARAN POKOKBESARAN TURUNANSI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google