Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FISIKA LISTRIK DAN MEKANIKA MATERI KULIAH :  Vektor, Diferensial dan Integral  Statika  Dinamika  Kerja dan Energi  Muatan Listrik  Medan dan Gaya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FISIKA LISTRIK DAN MEKANIKA MATERI KULIAH :  Vektor, Diferensial dan Integral  Statika  Dinamika  Kerja dan Energi  Muatan Listrik  Medan dan Gaya."— Transcript presentasi:

1 FISIKA LISTRIK DAN MEKANIKA MATERI KULIAH :  Vektor, Diferensial dan Integral  Statika  Dinamika  Kerja dan Energi  Muatan Listrik  Medan dan Gaya Listrik  Potensial Listrik dan Kapasitansi  Arus Listrik dan Tahanan  Medan dan Gaya Magnetik  Induksi Magnetik dan Indukstansi  Arus Bolak Balik  Gelombang Elektromagnetik

2 VEKTOR Pengertian Vektor : Vektor mempunyai besar dan arah Notasi mengenai vektor : Jadi vektor dapat dinyatakan dengan :

3 Penjumlahan Vektor : Metoda Jajaran Genjang Metoda Poligon

4 Pengurangan Vektor :

5 Vektor Posisi : Vektor yang ditarik dari titik asal (0,0) ke suatu titik koordinat x y P(a,b) a b 

6 Vektor perpindahan : Vektor yang ditarik dari suatu titik koordinat ke titik koordinat yang lain x y P(a,b) Q(c,d) Vektor-vektor posisi : Penjumlahan vektor :

7 Contoh 1 : Diketahui dua buah titik yang terletak di A(3,5) dan B(7,8). a). Tentukan vektor perpindahan dari titik A ke titik B b). Hitung besar dan arah vektor tersebut. c). Berapa sudut yang dibentuk oleh vektor tersebut dengan horizontal. Jawab :

8 Perkalian titik  hasilnya skalar 

9

10 Contoh Soal 2 : Diketahui tiga buah titik A(2, 5, - 1), B(3, - 2, 4) dan C(- 2, 3, 1). Tentukan : Jawab :

11 adalah vektor satuan yang tegak lurus pada bidang yang dibentuk oleh vektor-vektor dan A  AB A  BA  B B Perkalian silang  hasilnya vektor

12 Contoh Soal 3 : Sebuah segitiga dibentuk oleh A(2, - 5, 1), B(- 3, 2, 4) dan C(0, 3, 1). Tentukan : Jawab : B A C  D

13 B A C  D


Download ppt "FISIKA LISTRIK DAN MEKANIKA MATERI KULIAH :  Vektor, Diferensial dan Integral  Statika  Dinamika  Kerja dan Energi  Muatan Listrik  Medan dan Gaya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google