Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Elastisitas harga Menurut M.Suparmoko dan Maria R.Suparmoko elastisitas menunjukkan tanggapan dari variabel tidak bebas karena adanya perubahan dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Elastisitas harga Menurut M.Suparmoko dan Maria R.Suparmoko elastisitas menunjukkan tanggapan dari variabel tidak bebas karena adanya perubahan dalam."— Transcript presentasi:

1

2 Elastisitas harga Menurut M.Suparmoko dan Maria R.Suparmoko elastisitas menunjukkan tanggapan dari variabel tidak bebas karena adanya perubahan dalam variabel bebas tertentu

3 Pengertian elastisitas harga permintaan : Suatu alat/konsep yang digunakan untuk mengukur derajat kepekaan/ respon perubahan jumlah/ kualitas barang yang dibeli sebagai akibat perubahan faktor yang mempengaruhi.

4 Elastisitas akan besar bilamana : Terdapat banyak barang subsitusi yang baik Harga relatif tinggi Ada banyak kemungkinan-kemungkinan penggunaan barang lain

5 Elastisitas umumnya akan kecil, bilamana : Benda tersebut digunakan dengan kombinasi benda lain Barang yang bersangkutan terdapat dalam jumlah banyak, dan dengan harga-harga yang rendah. Untuk barang tersebut tidak terdapat barang- barang substitusi yang baik, Dan benda tersebut sangat dibutuhkan.

6 Macam-macam sifat elastisitas harga dari permintaan : 1. Permintaan elastis (Ed>1) 2. Permintaan elastis sempurna (Ed=-(Tak terhingga) 3. Permintaan inelastis (Ed<1) 4. Permintaan Inelastis sempurna (Ed=0) 5. Permintaan elastis uniter (Ed=1)

7 Pengertian elastisitas penawaran: Sebagai suatu alat untuk mengukur respon produsen terhadap perubahan harga,penghitungan jumlah barang yang ditawarkan.

8 Macam-macam sifat elastisitas harga dari penawaran : 1. Penawaran elastis (Es>1) 2. Penawaran elastis sempurna (Es=-(Tak terhingga) 3. Penawaran inelastis (Es<1) 4. Penawaran Inelastis sempurna (Es=0) 5. Penawaran elastis Satuan (Es=1)

9 Elastisitas akan besar bilamana : terdapat banyak barang subsitusi yang baik harga relatif tinggi ada banyak kemungkinan- kemungkinan penggunaan barang lain

10 Elastisitas umumnya akan kecil, bilamana : benda tersebut digunakan dengan kombinasi benda lain barang yang bersangkutan terdapat dalam jumlah banyak, dan dengan harga-harga yang rendah. Untuk barang tersebut tidak terdapat barang- barang substitusi yang baik, Dan benda tersebut sangat dibutuhkan.

11 Golongan pembeli : 1. Pembeli marginal :pembeli yang daya belinya sama dengan harga pasar 2. Pembeli super marginal : pembeli yang daya belinya diatas harga pasar 3. Pembeli submarginal :pembeli yang daya belinya dibawah harga pasar sehingga tidak dapat ikut serta membeli barang

12 Golongan penjual a. Penjual marginal : penjual yang memiliki harga pokok barang sama dengan harga pasar b. Penjual super marginal :penjual yang memiliki haraga pokok dibawah harga pasar c. Penjual Submarginal : penjual yang memilki harga pokok barang di atas harga pasar

13


Download ppt "Elastisitas harga Menurut M.Suparmoko dan Maria R.Suparmoko elastisitas menunjukkan tanggapan dari variabel tidak bebas karena adanya perubahan dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google