Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARTI AROFAH 20100510142 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARTI AROFAH 20100510142 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"— Transcript presentasi:

1 ARTI AROFAH Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)

2  Tipe Interest Group menurut Gabriel Almond o Kelompok Kepentingan o Kelompok Kepentingan Non-asosiasi o Kelompok Kepentingan Institusional o Kelompok Kepentingan Asosiasi  Special Interest Group  Strategi Special Interest group

3 1. Kelompok Kepentingan Mengajukan kepentingan secara spontan dan berorientiasi pada tindakan segera seperti demonstrasi, pemogokan dan huru- hara. Kelompok ini disebut anomik karena identitasnya kurang jelas.

4 2. Kelompok Kepentingan Non-asosiasi Terbentuk apabila terdapat kepentingan yang sama untuk diperjuangkan (kegiatan yang bersifat temporer). Setelah melakukan kegiatan, kelompok ini bubar dengan sendirinya seperti kelompok suku, ras, dan kedaerahan. Kelompok ini biasanya menggunakan cara-cara pendekatan informal terhadap pemerintah dalam memperjuangkan kepentingan.

5 3. Kelompok Kepentingan Institusional Muncul didalam lembaga-lembaga politik dan pemerintahan yang fungsinya bukan mengartikulasikan kepentingan, seperti kelompok tertentu dalam angkatan bersenjata, birokrasi, dan partai politik. Karena anggota kelompok itu menduduki posisi-posisi penting maka pengaruh mereka terhadap proses penyusunan sangat besar, tetapi cenderung melayani kepentingan sendiri.

6 4. Kelompok Kepentingan Asosiasi Berfungsi mengartikulasikan kepentingan kelompok. Kelompok ini terorganisasi dengan baik, dan secara terus menerus menjalin hubungan dengan para anggota dan pemerintah. Termasuk dalam kategori ini, kelompok kepentingan seperti Kamar Dagang dan Industri, Serikat Pekerja, Himpunan Petani, dan Ikatan Dokter

7  Roda pemerintahan yang ada di Amerika dipengaruhi oleh SIG dengan mewakilkannya pada para birokrat.  SIG lebih memperjuangkan kepentingan kelompok, sehingga terkadang merugikan masyarakat umum. Tetapi, mampu menjaga stabilitasperpolitikan di Amerika Serikat.

8  Direct Lobbying : kontak langsung dengan para pejabat politik dan mencoba membujuk mereka untuk mendukung tujuan dari SIG.  Grassroots Lobbying : meyakinkan para pemilik suara dan publik untuk mendukung kedudukan dari SIG dengan cara pengiriman surat secara masal, iklan di televisi atau Koran, menelpon konstituen, melakukan posting di internet, dan kampanye dari rumah ke rumah.  Campaign Involvement : Keikutsertaan SIG dalam kampanya politik dapat berupa mendaftarkan pemilik suara yang bekerja dibawah kandidat tertentu, meyakinkan kandidat untuk mendukung posisi tertentu, bergabung dengan partai politik dan membentuk tujuan dan keputusan partai dari dalam, atau dengan berkonstribusi dalam kampanye.  Direct Contribution or Independent Expenditures : Direct contribution adalah kontribusi yang diberikan secara langsung kepada kandidat tertentu, sedangkan independent expenditure adalah uang yang dikeluarkan atas nama kandidat tertentu namun uang tersebut tidak secara langsung diberikan pada kandidat tersebut.  Bundling : proses menggabungkan sejumlah konstribusi secara bersama untuk membuat sebuah konstribusi yang besar.  Judicial Involvement : SIG biasanya mencoba untuk membentuk keputusan- keputusan hukum dengan cara mengajukan amicus curiae briefs. Mereka adalah ‘friend of the court’, diajukan oleh suatu entitas (dalam hal ini SIG) yang bukan pihak yang berkompeten dalam kasus tersebut. ‘friend of the court’ dapat digunakan apabila SIG mempertimbangkan hasil dari suatu kasus apakah relevan dengan tujuan SIG tersebut.  Protest: strategi lain dari SIG. Piket, demonstrasi dan pawai dapat digunakan untuk mempublikasikan pandangan suatu SIG dan untuk membentuk pandangan publik.

9


Download ppt "ARTI AROFAH 20100510142 Politik dan Pemerintahan Amerika Serikat (2012)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google