Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Adam Arif Budiman

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Adam Arif Budiman"— Transcript presentasi:

1 Oleh: Adam Arif Budiman
Animasi 3 Dimensi Oleh: Adam Arif Budiman Universitas Darma Persada-2012 Free Powerpoint Templates

2 Penilaian Tugas Individu Tugas Kelompok / Proyek Animasi Quiz UAS UTS

3 Apa yang dipelajari di kuliah ini?
Sejarah, perkembangan, evolusi komputer grafik dan animasi 3D beserta teknologinya (sub materi: Pengenalan Blender) Polygon (sub materi: objek pada Blender) Nurbs (sub materi: Macam polygon dan operasinya pada Blender) Deforming (sub materi: deforming dan tekstur pada Blender ) Subdivision surface (sub materi: UV mapping) Prinsip animasi 3D (sub materi: animasi pada Blender) Rigging (sub materi: rigging pada Blender)

4 Apa yang dipelajari di kuliah ini? (lanj)
8. Dynamic animation (sub materi: dynamic dan effect pada Blender) 9. Light and ligthing effect 10. Render, environment 11. Editing 12. Praktikum Pengayaan 13. Praktikum Pengayaan

5 Apa yang dipelajari di kuliah ini? (Lanj)
14. Presentasi Proyek (proses pembuatan,hasil) 15 UTS 16. UAS 17. Say Good bye

6 Teknologi Komputer Animasi 3D shrek, the cars, avatar  impian seorang penemu prinsip komputer  charles Babbage Memimpikan mesin hitung yang akurat dan tepat

7 Mesin hitung charles babbage

8 Teknologi Komputer (lanj)
ENIAC, komputer besar setara dengan kalkulator jaman sekarang Belum ada GUI Pemrogramannya menggunakan kartu plong/Punch Card

9 Teknologi Komputer (lanj)
Computer graphics pertama bernama whirlwhind, untuk keperluan militer seperti osiloskop, untuk mengetahui posisi pesawat

10 Teknologi Komputer (lanj)
Ivan sutherland dari MIT  bapak komputer grafik Mengembangkan komputer grafik dengan Pena/mouse Pen SKETCHPAD Bisa menggambar kurva, garis bidang 2D/3D

11 Teknologi Komputer (lanj)
Sutherland sedang menjalankan SKETCHPAD pada TX-2

12 Teknologi Komputer (lanj)
Game grafik pertama space war Dibuat oleh steve russel, martin dan wayne Tampilan sederhana Objek 3D ditampilkan dengan wireframe/kerangka

13 Perkembangan objek 3D Algoritma shade bayangan permukaan bila objek disinari cahaya Algoritma Phong  pencahayaan langsung pada objek  Bui Tuong Phong Algoritma shader Phong  lebih cepat  Jim Blinn

14 Perkembangan objek 3D (lanj)
Texture mapping Shadows Anti aliasing Facial animation dll

15 Perkembangan Objek 3D (lanj)
Poci The UTAH, dengan Phong Shading

16 Perkembangan animasi 3D
Ed Catmull  animasi star trek II: the wrath of Kahn Special effect simulation, motion blur, particle effect Sutradara George Lucas  Industrial Light and Magic Perpaduan teknologi dan entertainment

17 Perkembangan animasi 3D (lanj)
Steve Job merekrut ed Catmull  Pixar Studio Toy story, cars dll

18 Perkembangan animasi 3D (lanj)
Penggabungan animasi 3D dengan model realistis Jurassic Park, Terminators Animasi 3D sebagai serial TV  murah, cepat diproduksi  babylon Five Final Fantasy : spirit with in  full Computer Graphics Generate (CGI)

19 Perkembangan animasi 3D (lanj)
Motion capture  mempercepat proses pembuatan animasi secara halus Lord of the ring Pirate of Carribians Animasi wajah  curious case of benjamin Button Avatar  full animation dengan motion capture

20 Aplikasi animasi 3D Eric Graham  1986 membuat animasi 3D di komputer amiga  animasi pesulap bola dengan durasi 24 fps Membuat sculpt 3D Aplikasi 3D pertama untuk pengguna rumahan

21 Aplikasi animasi 3D (lanj)
Animasi pada computer Amiga dengan proses Ray Tracing render

22 Motion Capture Motion capture (MOCAP) adalah salah satu cara / tool yang efektif untuk meng capture gerakan manusia untuk keperluan animasi

23 Motion Capture (lanj) Rotoscoping

24 Motion Capture (lanj) Rotoscoping  tracing

25 Motion Capture (lanj) Rotoscoping  Post Processing

26 Tahapan MOCAP Calibration Capture 3D Position Reconstruction
Fitting to the Skeleton Post Processing

27 Tahapan MOCAP Capture

28 Tahapan MOCAP  calibration

29 Tahapan MOCAP - Recontruction

30 Tahapan MOCAP  Marker Ringer, et al., 2002

31 Tahapan MOCAP  Marker

32 Tahapan MOCAP  fitting the skeleton

33 Tahapan MOCAP  Post Processing
Motion Editing Cut, Copy, Paste Motion Warping Speed up or Slow Down Rotate, Scale or Translate Motion Signal Processing Smoother Motions

34 Keterbatasan MOCAP Device Cost for Body capture (USD)
Subjek kurang akurat mahal Device Cost for Body capture (USD) Mechanical $20’000 – $30’000 Electromagnetic $100’000 – $120’000 Optical $90’000 – $210’000

35 Keterbatasan MOCAP (lanj)
Hanya gerakkan yang dapat di capture Tidak dapat menambah ekspresi Kurang detail

36 Masa depan MOCAP Markerless Lebih murah hollywoodjesus.com
Bregler et al., 2002

37 Karir di bidang Animasi 3D
Penggunaan animasi 3D di berbagai bidang hiburan  animator film Advertising  iklan Simulasi Edukasi Dan lain-lain

38 Karir di bidang animasi 3D (lanj)
Perlukah spesialisasi? character animation Rigging animation Modelling Simulasi Special effect

39 Cara belajar Pendidikan formal (kursus, kuliah dll) Otodidak Komunitas
Portofolio, demo

40 Pertanyaan??

41 referensi 3D Art Essentials: The Fundamentals of 3D Modeling Texturing and Animation, By Amy Chopin, 2011 Beginning Blender, By Lance Flevell, 2011 Blender Foundation, Roland Hess, 2010 Blender Magazine

42


Download ppt "Oleh: Adam Arif Budiman"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google