Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROMOSI (PENDIDIKAN) KESEHATAN DALAM KESEHATAN MASYARAKAT PROF. DR. SOEKIDJO NOTOATMODJO DEPARTEMEN PROMOSI KESEHATAN DAN ILMU PERILAKU FAKULTAS KESEHATAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROMOSI (PENDIDIKAN) KESEHATAN DALAM KESEHATAN MASYARAKAT PROF. DR. SOEKIDJO NOTOATMODJO DEPARTEMEN PROMOSI KESEHATAN DAN ILMU PERILAKU FAKULTAS KESEHATAN."— Transcript presentasi:

1 PROMOSI (PENDIDIKAN) KESEHATAN DALAM KESEHATAN MASYARAKAT PROF. DR. SOEKIDJO NOTOATMODJO DEPARTEMEN PROMOSI KESEHATAN DAN ILMU PERILAKU FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVESITAS INDONESIA

2 BATASAN SEHAT  Sehat adalah keadaan sempurna baik fisik, mental, dan sosial dan tidak hanya bebas dari penyakit dan cacad, serta produktif secara ekonomi atau sosial.  Seseorang yang mempunyai kondisi seperti tersebut diatas berarti mempunyai kesehatan yang sempurna (KESEHATAN HOLISTIK).

3 DIMENSI SEHAT  Fisik: –Tidak adanya keluhan sakit –Semua organ tubuh berfungsi normal atau tidak adanya gangguan fungsi organisme.  Mental: –Pikiran: Berpikir logis (rasional) –Emosi: Mampu mengekspresikan emosinya –Spiritual: Menjalankan ajaran (syariat) agamanya  Sosial: –Mampu berinteraksi dengan lingkungan sosialnya  Ekonomi: –Mempunyai kegiatan yang mengahsilkan, atau melakukan kegiatan sosial, termasuk pendidikan

4 PREREQUISIT FOR HEALTH (OTTAWA CHARTER: 1986) 1.Peace 2.Shelter 3.Education 4.Food 5.Income 6.A stable eco-system 7.Sustainable resources 8.Social justice 9.Equity

5 DITERMINAN KESEHATAN (BLUM: 1974)  Environment (Lingkungan): –Fisik (kondisi geografi: air, tanah, cuaca, dsb) –Non fisik (sosial, budaya, ekonomi, dsb.)  Behavior (Perilaku): –Pengetahuan kesehatan (literacy) –Sikap terhadap kesehatan (attitude) –Praktek atau tindakan kesehatan (practice)  Health services (Pelayanan Kesehatan): –Jumlah dan mutu pelayanan: Rumah Sakit, Puskesmas, dsb.  Heredity (Keturunan):

6 HEALTH STATUS ENVIRONMENT BEHAVIOR HEALTH SERVICES HEREDITY Peningkatan: Sarana dan Prasarana Sosial,ekonomi, politi, Dsb.yang kondosif Pendidikan/Promosi Kesehatan Peningkatan pelayanan Kesehatan (kuantitas dan kualitas

7 MASALAH-MASALAH KESEHATAN  Penyakit-Penyakit: –Penyakit menular –Penyakit tidak menular  Faktor-Faktor yang terkait dengan penyakit (faktor risiko kesehatan): –Makanan dan minuman –Lingkungan dan Sanitasi lingkungan –Kecelakaan (rumah tangga, kerja, lalu lintas) –Bencana (alamiah dan buatan manusia) – Perilaku berisiko (merokok, seks bebas, mengkonsumsi narkoba, dsb).

8 UPAYA KESEHATAN  Sebelum terjadinya penyakit/masalah (Upaya kesehatan hulu): –Kesehatan masyarakat –Mencegah sebelum timbulnya penyakit atau masalah kesehatan  Setelah terjadinya penyakit/masalah (Upaya kesehatan hilir): -Kedokteran -Mengatasi setelah terjadinya penyakit atau masalah kesehatan.

9 JENIS-JENIS UPAYA (PELAYANAN KESEHATAN) 1.Pencegahan dan Peningkatan (Preventif dan Promotif): –Bentuknya: Puskesmas, Balkesmas, dsb. –Sasaran : kelompok orang yang sehat –Tujuan : agar tidak sakit dan meningkat kesehatannya (pencegahan/promotif) 2.Pengobatan dan Pemulihan (Kuratif dan Rehabilitatif) -Bentuknya: Rumah Sakit, Poliklinik -Sasaran : kelompok orang yang sakit -Tujuan : agar sembuh dan pulih kesehatannya (kuratif/rehabilitatif).

10 KEDOKTERAN VERSUS KESEHATAN MASYARAKAT  Kedokteran: –Klien : Pasien (orang sakit) –Pendekatan : individual –Tujuan :penyembuhan/pemulihan –Tenaga: dokter dan perawat (Medis dan Paramedis)  Kesehatan Masyarakat: –Klien : Masyarakat (orang sehat) –Pendekatan : multidisiplin –Tujuan: masyarakat terhiNdar dari penyakit, dan meningkat kesehatannya –Tenaga: kesmas, sanitarian, perawat kesmas, Bidan di Desa, dsb.

11 KEDOKTERAN VERSUS KESEHATAN MASYARAKAT  KES. MASYARAKAT KEDOKTERAN SASARAN: KELOMPOK ORANG SEHAT SASARAN: KELOMPOK ORANG SAKIT Pencegahan (Preventif) Peningkatan (Promotif)L Penyembuhan (Kuratif) Pemulihan (Reahbilitatif) PROFESI: AHLI KESEHATAN MASYARAKAT PROFESI: DOKTER Masalah: Faktor risiko penyakit Masalah : Penyakit

12 MASALAH PERILAKU DAN NON PERILAKU DALAM KESEHATAN  Semua aasalah kesehatan, baik hulu (preventif dan promotif) maupun hilir (kuratif dan rehabilitatif) selalu mempunyai 2 aspek: –Perilaku –Non perilaku  Oleh sebab itu semua upaya kesehatan memerlukan pendekatan perilaku (pendidikan/promosi kesehatan)

13 CONTOH  Masalah kesehatan hulu: –Masyarakat menggunakan kali sebagai tempat MCK. –Ibu-Ibu tidak memberikan makanan bergizi bagi anak balitanya.  Masalah kesehatan hilir: –Terjadinya wabah diare di suatu masyarakat –Seorang anak menderita kurang gizi

14 PERUBAHAN PERILAKU (BEHAVIOR CHANGE)  Pendidikan (Education): –Perubahan perilaku yang didasari dengan pengetahuan dan kesadaran –Hasilnya langgeng (long lasting) –Tetapi memerlukan waktu yang lama  Paksaan (Enforcement): –Perubahan perilaku yang tidak didasari oleh pemahaman dan kesadaran –Hasilnya sementara –Terjadi perubahan secara cepat.

15 BATASAN KESEHATAN MASYARAKAT  WINSLOW (1920) –Kesehatan Masyarakat (Public Health) adalah: ilmu dan seni untuk: ilmu dan seni untuk: mencegah penyakit dan memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui “usaha-usaha pengorganisasian masyarakat” guna: mencegah penyakit dan memperpanjang hidup, dan meningkatkan kesehatan melalui “usaha-usaha pengorganisasian masyarakat” guna: 1. Perbaikan lingkungan 1. Perbaikan lingkungan 2. Pembrantasan penyakit menular 2. Pembrantasan penyakit menular 3. Pendidikan untuk kebersihan perorangan 3. Pendidikan untuk kebersihan perorangan 4. Pengorganisasian pelayanan kesehatan medis dan perawatan untuk diagnosis dini dan pengobatan 4. Pengorganisasian pelayanan kesehatan medis dan perawatan untuk diagnosis dini dan pengobatan 5. Pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memlihara kesehatannya 5. Pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi kebutuhan hidup yang layak dalam memlihara kesehatannya


Download ppt "PROMOSI (PENDIDIKAN) KESEHATAN DALAM KESEHATAN MASYARAKAT PROF. DR. SOEKIDJO NOTOATMODJO DEPARTEMEN PROMOSI KESEHATAN DAN ILMU PERILAKU FAKULTAS KESEHATAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google