Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEKANAN (STRESS) DAN INDIVIDU PERILAKU DALAM BERORGANISASI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEKANAN (STRESS) DAN INDIVIDU PERILAKU DALAM BERORGANISASI."— Transcript presentasi:

1

2 TEKANAN (STRESS) DAN INDIVIDU PERILAKU DALAM BERORGANISASI

3 Apa itu Stress??? Stimulus : “ Tekanan adalah kekuatan atau perangsang yang menekan individu yang menimbulkan tanggapan terhadap ketegangan” Response : “Tekanan adalah tanggapan fisiologis atau psikologis dari seseorang terhadap tekanan lingkungan dimana penekannya berupa peristiswa atau situasi ekstern yang dapat berbahaya” Stimulus-Response : “ Tekanan adalah konsekuensi dari pengaruh timbal balik (interaksi) antara rangsangan lingkungan dan tanggapan individu”

4 Kerja : “ Tekanan adalah konsekuensi dari setiap tindakan ekstern (lingkungan), situasi atau peristiwa yang terlalu banyak mengadakan tuntutan psikologis dan atau fisiologis terhadap seseorang” Secara Umum : “ Tekanan adalah suatu kondisi ketegangan yang mempengaruhi emosi, proses berfikir dan kondisi seseorang” STRESS (TEKANAN)

5 AKIBAT DARI STRESS Akibat Subyektif: kegelisahan, kelesuan, kebosanan, kemuraman (depresi), kelelahan, kekecawaan (frustrasi), hilang kesabaran, harga diri yang rendah, dan perasaan terpencil. Akibat Perilaku: mudah terkena kecelakaan, penyalahgunaan obat, emosi, makan berlebihan, merokok yang berlebihan, dll. Akibat Kognitif: tidak mampu mengambil keputusan yang sehat, kurang konsentrasi, sangat peka terhadap kecaman, dll.

6 Akibat Fisiologis: tingkat gula darah meningkat, denyut jantung atau tekanan darah naik, mulut kering, berkeringat, biji mata membesar, panas dingin. Akibat Keorganisasian: kemangkiran, produktivitas rendah, mengasingkan diri dari teman sekerja, ketidakpuasan kerja, menurunnya keterikatan dan loyalitas terhadap organisasi AKIBAT DARI STRESS

7 PENYEBAB STRESS DALAM PEKERJAAN  Lingkungan Fisik ; penerangan, suara, suhu, polusi udara, sampah, ruangan dan lay out..  Penyebab Individual ; beban pekerjaan terlalu berat, tanggung jawab yang terlalu besar, konflik peranan, tidak ada kemajuan karir, dll.  Penyebab Kelompok ; hubungan yg kurang baik dengan teman, bawahan, dan atasan.  Penyebab Keorganisasian ; struktur organisasi dan kebijakan tidak jelas.

8 Tekanan : Beban – Prestasi Tekanan Optimum Prestasi Rendah Prestasi Optimal Beban Terlalu Ringan Beban Terlalu Berat - kebosanan - motivasi turun - kemangkiran - kelesuan -motivasi tinggi - tenaga tinggi - persepsi tajam - ketenangan - insomnia - lekas marah - kesalahan tinggi - kebimbangan

9 CARA MENGELOLA TEKANAN Counseling Relaxation (Pengendoran Urat Saraf) Meditation (Bersemedi) Biofeedback


Download ppt "TEKANAN (STRESS) DAN INDIVIDU PERILAKU DALAM BERORGANISASI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google