Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FILSAFAT KOMUNIKASI Kuliah 1 Pemahaman Filsafat. Pengertian Filsafat Arti kata Filsafat Secara etimologis (ilmu asal usul kata), kata Filsafat berasal.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FILSAFAT KOMUNIKASI Kuliah 1 Pemahaman Filsafat. Pengertian Filsafat Arti kata Filsafat Secara etimologis (ilmu asal usul kata), kata Filsafat berasal."— Transcript presentasi:

1 FILSAFAT KOMUNIKASI Kuliah 1 Pemahaman Filsafat

2 Pengertian Filsafat Arti kata Filsafat Secara etimologis (ilmu asal usul kata), kata Filsafat berasal dari Yunani yang berasal dari 2 kata Secara etimologis (ilmu asal usul kata), kata Filsafat berasal dari Yunani Philosophia yang berasal dari 2 kata = cinta Philia = cinta = kearifan/kebijaksanaan– wisdom Sophos = kearifan/kebijaksanaan– wisdom Jadi, filsafat atau philosophia berarti – love for wisdom Jadi, filsafat atau philosophia berarti cinta akan kearifan– love for wisdom Cinta bukan sekedar sayang, tapi suatu dinamika yang menggerakkan subjek untuk bersatu dengan objeknya dalam arti dipengaruhi dan diliputi oleh objeknya. Kebijaksanaan/kearifan atau wisdom diartikan sebagai ketepatan bertindak. Ahli filsafat disebut sebagai Filsuf – philosopher. Filsuf pertama yang menggunakan kata philosophia adalah ( SM). Pythagoras ( SM).

3 Pengertian Filsafat Manusia belum sepenuhnya memiliki pengertian menyeluruh tentang segala sesuatu yang dimaksud dengan kebijaksanaan. Oleh karena itu manusia berusaha untuk mengerti hakikat segala sesuatu. Manusia belum sepenuhnya memiliki pengertian menyeluruh tentang segala sesuatu yang dimaksud dengan kebijaksanaan. Oleh karena itu manusia berusaha mencari terus menerus dengan akalnya untuk mengerti hakikat segala sesuatu. Ahli Filsafat mencoba untuk mengerti dan mendalami dan, termasuk alam semesta dengan suatu  kekhasan pemikiran filsafat Ahli Filsafat mencoba untuk mengerti dan mendalami hakikat hidup dan kehidupan, termasuk alam semesta dengan suatu pemikiran yang mendalam  kekhasan pemikiran filsafat Para filsuf mencarai dan hakikat manusia, dengan menggunakan kekuatan akal. Para filsuf mencarai hakikat Tuhan, hakikat alam semesta dan hakikat manusia, dengan menggunakan kekuatan akal. Masing-masing filsuf memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga isi pengetahuan filsafat juga berbeda dan bervariasi, namun saling melengkapi. Masing-masing filsuf memiliki latar belakang yang berbeda-beda sehingga isi pengetahuan filsafat juga berbeda dan bervariasi, namun saling melengkapi.

4 Arti Filsafat Filsafat dapat diartikan sebagai Suatu sikap :  sikap hidup, falsafah hidup Suatu sikap :  sikap hidup, falsafah hidup Suatu metoda :  cara berpikir reflektif yaitu berpikir secara mendalam, menelusuri apa yang ada dibalik objek pemikirannya. Suatu metoda :  cara berpikir reflektif yaitu berpikir secara mendalam, menelusuri apa yang ada dibalik objek pemikirannya. Suatu kumpulan pertanyaan yang ingin dicari jawabannya :  ada pertanyaan-pertanyaan yang menjadi pertanyaan abadi dan masih dikejar terus jawabannya. Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi sifat khas dari pertanyaan Filsafat. Contoh : apakah jiwa, apakah nyawa, mengapa kita hidup, apa kehidupan itu? Dst. Dst. Suatu kumpulan pertanyaan yang ingin dicari jawabannya :  ada pertanyaan-pertanyaan yang menjadi pertanyaan abadi dan masih dikejar terus jawabannya. Pertanyaan-pertanyaan ini menjadi sifat khas dari pertanyaan Filsafat. Contoh : apakah jiwa, apakah nyawa, mengapa kita hidup, apa kehidupan itu? Dst. Dst. Sistem pemikiran :  ada beberapa sistem pemikiran dalam Filsafat yang telah di kembangkan oleh Filsuf-filsuf terdahulu, yakni Socrates, Plato dan Aristoteles. Sistem pemikiran :  ada beberapa sistem pemikiran dalam Filsafat yang telah di kembangkan oleh Filsuf-filsuf terdahulu, yakni Socrates, Plato dan Aristoteles. Analisa logis :  analisa dalam Filsafat diuraikan melalui bahasa, serta menjelaskan makna yang terkandung dalam kata dan pengertian, menetapkan arti secara tepat dan memahami hubungan-hubungan yang ada dalam pengertian yang di wujudkan dalam bahasa. Analisa logis :  analisa dalam Filsafat diuraikan melalui bahasa, serta menjelaskan makna yang terkandung dalam kata dan pengertian, menetapkan arti secara tepat dan memahami hubungan-hubungan yang ada dalam pengertian yang di wujudkan dalam bahasa. Suatu upaya memperoleh pandangan secara menyeluruh :  upaya menggabungkan kesimpulan-kesimpulan berbagai macam ilmu serta pengalaman manusia menjadi suatu pandangan dunia yang menyeluruh. Suatu upaya memperoleh pandangan secara menyeluruh :  upaya menggabungkan kesimpulan-kesimpulan berbagai macam ilmu serta pengalaman manusia menjadi suatu pandangan dunia yang menyeluruh.

5 Definisi Filsafat Filsafat merupakan suatu bentuk pemikiran manusia mengenai segala sesuatu dengan meninjau sebab-sebabnya yang terdalam dengan menggunakan manusia sendiri. Filsafat merupakan suatu bentuk pemikiran manusia mengenai segala sesuatu dengan meninjau sebab-sebabnya yang terdalam dengan menggunakan kekuatan akal manusia sendiri. Dengan demikian, yang menjadi objek kajian filsafat adalah baik realitas yang tampak maupun yang tidak tampak. Dengan demikian, yang menjadi objek kajian filsafat adalah segala sesuatu dalam realitas baik realitas yang tampak maupun yang tidak tampak. Objek kajian filsafat didekati dan dicari sebab-sebabnya yang terdalam sampai menemukan dari objek tersebut. Objek kajian filsafat didekati dan dicari sebab-sebabnya yang terdalam sampai menemukan hakikat atau essensi dari objek tersebut. Hakikat atau essensi mempunyai sifat-sifat berikut : Hakikat atau essensi mempunyai sifat-sifat berikut :, dapat diterapkan secara luas Umum, dapat diterapkan secara luas, tidak dapat ditangkap dengan indera, namun ditangkap dengan akal Abstrak, tidak dapat ditangkap dengan indera, namun ditangkap dengan akal Mutlak ada. Mutlak ada.

6 Tahapan-tahapan mulai perenungan Filsafat 1. Menyadari adanya masalah 2. Meragu-ragukan dan menguji secara rasional anggapan- anggapan, pengetahuan yang diperoleh melalui indera. 3. Memeriksa penyelesaian-penyelesaian terdahulu 4. Mengajukan hipotesis 5. Menguji konsekuensi-konsekuensi 6. Menarik kesimpulan

7 Tokoh dan Teori Filsafat Tokoh-tokoh utama dalam pemikiran Filsafat 1. Pra-Socrates Thales Thales Parmenides Parmenides Heraklitos Heraklitos 2. Socrates 3. Plato 4. Aristoteles

8 Pra Socrates Thales Abad ke 6 SM Abad ke 6 SM Filsuf pertama Filsuf pertama Masih lisan blm tulisan, di sampaikan oleh Aristoteles. Masih lisan blm tulisan, di sampaikan oleh Aristoteles. Thales mencari (asas atau prinsip) alam semesta tempat hidup manusia. Thales mencari arkhe (asas atau prinsip) alam semesta tempat hidup manusia. Arkhe alam semesta adalah air. Semua berasal dari air dan kembali ke air.  masih sederhana. Arkhe alam semesta adalah air. Semua berasal dari air dan kembali ke air.  masih sederhana. Pertama kalinya ada pikiran tentang alam semesta menggunakan rasio. Pertama kalinya ada pikiran tentang alam semesta menggunakan rasio. Heraklitos Abad ke 5 SM Abad ke 5 SM Julukan si gelap karena sulit untuk mengerti jalan pikirannya Julukan si gelap karena sulit untuk mengerti jalan pikirannya Teorinya: segala sesuatu di alam semesta merupakan Ada siang, ada malam. Ada sehat ada sakit Teorinya: segala sesuatu di alam semesta merupakan sintesa dari hal-hal yang berlawanan. Ada siang, ada malam. Ada sehat ada sakit Di alam semesta tidak ada sesuatu yang tetap dan mantap. Yang tetap hanyalah perubahan. Di alam semesta tidak ada sesuatu yang tetap dan mantap. Yang tetap hanyalah perubahan. Tidak ada yang betul-betul ada, semuanya menjadi. Tidak ada yang betul-betul ada, semuanya menjadi. : semuanya mengalir/menjadi Panta Rei : semuanya mengalir/menjadiParmenides Thn. 515 SM Thn. 515 SM Yand ada itu ada, bukan gerak dan perubahan Yand ada itu ada, bukan gerak dan perubahan Yant tidak ada tidak dapat dipikirkan dan tidak dapat dibicarakan Yant tidak ada tidak dapat dipikirkan dan tidak dapat dibicarakan Realitas merupakan keseluruhan yang bersatu. Realitas merupakan keseluruhan yang bersatu.

9 Review Questions Review Questions 1. Apa arti kata Filsafat secara etimologis? 2. Jelaskan bagaimana mulai merenungkan filsafat. 3. Berikan contoh contoh pemikiran filsafat. 4. Apa inti pemikiran Thales? 5. Apa perbedaan pokok pemikiran Herakleitos dan Parmenides dalam menjelaskan alam semesta 6. Jelaskan arti panta rhei.


Download ppt "FILSAFAT KOMUNIKASI Kuliah 1 Pemahaman Filsafat. Pengertian Filsafat Arti kata Filsafat Secara etimologis (ilmu asal usul kata), kata Filsafat berasal."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google