Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

WINTER Template Aliran Psikologi Kognitif 01. 02 W. Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika harus merupakan belajar bermakna dan pengertian. Dia.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "WINTER Template Aliran Psikologi Kognitif 01. 02 W. Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika harus merupakan belajar bermakna dan pengertian. Dia."— Transcript presentasi:

1 WINTER Template Aliran Psikologi Kognitif 01

2 02 W. Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika harus merupakan belajar bermakna dan pengertian. Dia menegaskan bahwa belajar pada hakikatnya merupakan suatu proses yang bermakna.

3 03 pada saat anak-anak baru pertama kali di perkenalkan dengan konsep membilang, mereka akan lebih mudah memahami konsep itu jika mereka menggunakan benda kongkrit yang mereka kenal seperti mangga, kelereng, bola atau sedotan. Dengan kata lain, teori belajar William brownel ini mendukung penggunaan benda-benda kongkrit untuk dimanipulasikan sehingga anak-anak dapat memahami makna dari konsep dan keterampilan baru yang mereka pelajari

4 04 Dienes berpendapat bahwa matematika pada dasarnya dapat dianggap sebagai studi tetang struktur, memisah-misahkan hubungan-hubungan diantara struktur-struktur dan mengkategorikan hubungan-hubungan diantara struktur-struktur. Teori Dienes

5 05 enam tahap mengajar dan belajar konsep matematika yakni 1.Bermain bebas 2.bermain dengan aturan (games) 3.mencari sifat-sifat yang sama 4.Representasi 5.Simbolisasi 6.formalisasi

6 Teori Van Hiele Menurut Van Hiele, tiga unsur utama dalam pengajaran geometri yaitu waktu, meteri pengajaran dan metode pengajaran yang diterapkan, jika tertata secara terpadu akan dapat meningkatkan kemampuan berfikir anak kepada tingkatan berfikir yang lebih tinggi.

7 5 tahap belajar anak dalam belajar geometri, yaitu  Tahap Pengenalan  Tahap Analisis  Tahap Pengurutan  Tahap Deduksi  Tahap Akurasi

8 Teori Bruner Menurut Jerome S Bruner mengatakan bahwa dalam belajar matematika menekankan pendekatan dengan bentuk spiral. Pendekatan spiral dalam belajar matematika adalah menanamkan konsep dan dimulai dengan benda kongkrit secara intuitif.

9 Bruner mengemukakan bahwa dalam proses belajarnya anak melewati 3 tahap, yaitu:  Tahap Enaktif  Tahap Ikonik  Tahap Simbolik

10 Dalil-dalil:  Dalil Penyusunan (konstruksi)  Dalil Notasi  Dalil Pengkontrasan dan Keanekaragaman  Dalil Pengaitan (konektivikasi)

11 Aplikasi teori belajar Bruner dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan:  Sajikan contoh dan bukan contoh dari konsep-konsep yang anda ajarkan.  Bantu si belajar untuk melihat adanya hubungan antara konsep-konsep.  Berikan satu pertanyaan dan biarkan siswa untuk mencari jawabannya sendiri.  Ajak dan beri semangat si belajar untuk memberikan pendapat berdasarkan intuisinya.

12 Teori Gestalt Pandangan Gestalt menyempurnakan aliran behaviorisme: dengan menyumbangkan ide untuk menggali proses belajar kognitif, berfokus pada higher mental process. Adanya perceptual field diinterpretasikan menjadi lapangan kognitif dimana prosesproses mental seperti persepsi, insight,dan problem solving beroperasi.

13 Aplikasi Teori Belajar Gestalt, diantaranya:  Belajar  Pembelajaran

14 Teori Piaget Jean Piaget mengatakan bahwa anak dapat membangun secara aktif dunia kognitif mereka sendiri. Dalam pandangan Piaget, terdapat dua proses yang mendasari perkembagan dunia individu, yaitu pengorganisasian dan penyesuaian (adaptasi).

15 Piaget membagi perkembangan kognitif anak ke dalam 4 periode utama  Periode sensorimotor (usia 0-2 tahun)  Periode praoperasional (usia 2-7 tahun)  Periode operasional konkrit (usia 7-11 tahun)  Periode operasional formal (usia 11 tahun sampai dewasa)


Download ppt "WINTER Template Aliran Psikologi Kognitif 01. 02 W. Brownell mengemukakan bahwa belajar matematika harus merupakan belajar bermakna dan pengertian. Dia."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google