Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODOLOGI PENELITIAN I Gede Mahardika UNIVERSITAS UDAYANA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODOLOGI PENELITIAN I Gede Mahardika UNIVERSITAS UDAYANA."— Transcript presentasi:

1 METODOLOGI PENELITIAN I Gede Mahardika UNIVERSITAS UDAYANA

2 PENELITIAN (RESEARCH) Re: Kembali Search: Mencari Aktifitas yang disengaja, sistematis dan terencana bertujuan untuk mencari kembali dan memahami fenomena alam,untuk mensejahtrakan masyarakat, bersifat problem solving, bersandar pada metodologi ilmiah, dengan tingkat keterulangan tinggi dan konsisten dalam hasil.

3 MENCARI PENGETAHUAN BARU Rasional Rasional Cara untuk mencari pengetahuan baru dgn anggapan bahwa yang ingin diketahui dapat dijelaskan dgn pikiran/logika. Cara untuk mencari pengetahuan baru dgn anggapan bahwa yang ingin diketahui dapat dijelaskan dgn pikiran/logika. Emperis Emperis Pengetahuan diperoleh berdasaarkan pengamatan terhadap fenomena alam (berdasarkan fakta) Pengetahuan diperoleh berdasaarkan pengamatan terhadap fenomena alam (berdasarkan fakta)

4 Metode Ilmiah Cara untuk memperoleh pengetahuan baru yang dilakukan secara ilmiah Cara untuk memperoleh pengetahuan baru yang dilakukan secara ilmiah Suatu cara dikatakan ilmiah bila mengikuti kaidah/langkah-langkah ilmiah. Suatu cara dikatakan ilmiah bila mengikuti kaidah/langkah-langkah ilmiah.

5 Pendekatan Non Ilmiah Berdasarkan akal sehat Berdasarkan akal sehat Cara memperoleh kebenaran melalui logika. Cara memperoleh kebenaran melalui logika. Prasangka Prasangka Kebenaran yang diperoleh dengan logika dan kepentingan. Kebenaran yang diperoleh dengan logika dan kepentingan. Otoritas/wibawa Otoritas/wibawa Kebenaran yang didasarkan atas wibawa dan otoritas seseorang. Kebenaran yang didasarkan atas wibawa dan otoritas seseorang. Penemuan kebetulan dan coba-coba Penemuan kebetulan dan coba-coba Menemukan sesuatu dengan coba-coba dan kebetulan (Tanpa ada dasar teori) Menemukan sesuatu dengan coba-coba dan kebetulan (Tanpa ada dasar teori)

6 Dalam penelitian metode ilmiah mempunyai: Dalam penelitian metode ilmiah mempunyai: Kreteria. Kreteria. Langkah-langkah. Langkah-langkah.

7 Kriteria Metode Ilmiah Berdasarkan fakta Berdasarkan fakta Bebas dari prasangka Bebas dari prasangka Menggunakan prinsip analisis Menggunakan prinsip analisis Menggunakan hipotesis Menggunakan hipotesis Menggunakan ukuran objektif. Menggunakan ukuran objektif. Menggunakan teknik kuantifikasi. Menggunakan teknik kuantifikasi.

8 Langkah-Langkah Metode Ilmiah Memilih topik. Memilih topik. Merumuskan masalah Merumuskan masalah Memformulasikan hipotesa Memformulasikan hipotesa Membangun kerangka analisis serta alat-alat- alat dalam pengujian hipotesis Membangun kerangka analisis serta alat-alat- alat dalam pengujian hipotesis Mengumpulkan data/fakta-fakta primer Mengumpulkan data/fakta-fakta primer Mengolah, menganalisa serta membuat interpretasi. Mengolah, menganalisa serta membuat interpretasi. Membuat generalisasi dan kesimpulan. Membuat generalisasi dan kesimpulan. Membuat laporan. Membuat laporan.

9 Jenis penelitian Menurut tujuannya Penelitian deskripsi Penelitian deskripsi Bertujuan untuk memberikan uraian atas sesuatu dengan jelas. Bertujuan untuk memberikan uraian atas sesuatu dengan jelas. Penelitian korelasi. Penelitian korelasi. Bertujuan untuk mencari hubungan antara beberapa variabel: Bertujuan untuk mencari hubungan antara beberapa variabel: Variabel prediksi. Variabel prediksi. Variabel kreteria. Variabel kreteria. Penelitian eksperimental Penelitian eksperimental Bertujuan untuk mendapatkan sesuatu dari suatu percobaan yang dirancang. Bertujuan untuk mendapatkan sesuatu dari suatu percobaan yang dirancang.

10 MENENTUKAN TOPIK PENELITIAN Ciri-ciri topik yang baik (Idealis). Urgen untuk diteliti Urgen untuk diteliti Menghasilkan sesuatu yang baru. Menghasilkan sesuatu yang baru. Memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu dan masyarakat. Memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu dan masyarakat.

11 RISET HARUS MENGUATKAN SALAH SATU DARI TIGA KOMPONEN HASIL, YAITU: 1. TEORI, AGAR ILMU TUMBUH MAJU. 2. TERAPAN, YAITU BAGAIMANA TEORI MENJAWAB PERSOALAN NYATA. 3. INDUSTRI, YAITU TERAPAN YANG TERBUKTI DAPAT HASILKAN PENDAPATAN ( UANG ) BERKELANJUTAN

12 Hal yang perlu diperhatikan dalam memilih topik penelitian Minat peneliti Minat peneliti Bermanfaat. Bermanfaat. Hal yang baru. Hal yang baru. Dapat dilaksanakan. Dapat dilaksanakan. SDM/kemampuan peneliti. SDM/kemampuan peneliti. Dana. Dana. Fasilitas. Fasilitas.

13 Merumuskan masalah Merupakan jarak antara tujuan dengan kondisi/fakta. Merupakan jarak antara tujuan dengan kondisi/fakta. Dapat dinyatakan dalam kalimat tanya atau sebuah pernyataan. Dapat dinyatakan dalam kalimat tanya atau sebuah pernyataan. Bagaimana kualitas air sumur di desa A. Bagaimana kualitas air sumur di desa A. Bagaimana hubungan antara kualitas air dgn ….. Bagaimana hubungan antara kualitas air dgn …..Atau Belum diketahuinya kualitas air sumur Belum diketahuinya kualitas air sumur Belum diketahuinya hubungan antara kualitas air… Belum diketahuinya hubungan antara kualitas air…

14 Topik : Pencemaran pantai Topik : Pencemaran pantai Uraikan kedalam subtopik: Uraikan kedalam subtopik: - Ciri-ciri pantai yang tercemar. - Sebab-sebab pencemaran - Proses pencemaran. - Hubungan pencemaran dgn kehidupan. - Sikap masyarakat terhadap daerah pantai.


Download ppt "METODOLOGI PENELITIAN I Gede Mahardika UNIVERSITAS UDAYANA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google