Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konformitas&deviasi-joyce cs1 KONFORMITAS, PENYIMPANGAN dan KONTROL SOSIAL Setiap anggota baru masyarakat disosialisasi agar berperilaku sesuai dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konformitas&deviasi-joyce cs1 KONFORMITAS, PENYIMPANGAN dan KONTROL SOSIAL Setiap anggota baru masyarakat disosialisasi agar berperilaku sesuai dengan."— Transcript presentasi:

1 konformitas&deviasi-joyce cs1 KONFORMITAS, PENYIMPANGAN dan KONTROL SOSIAL Setiap anggota baru masyarakat disosialisasi agar berperilaku sesuai dengan harapan masyarakat.

2 konformitas&deviasi-joyce cs2 KONFORMITAS Konformitas merupakan suatu bentuk interaksi yang di dalamnya seseorang berperilaku sesuai dengan harapan kelompok. John M. Shepard: Conformity is the type of social interaction in which an individual behaves toward others in ways expected by the group.

3 konformitas&deviasi-joyce cs3 KONFORMITAS Muzafer Sherif menyimpulkan bahwa dalam situasi kelompok orang cenderung membentuk suatu norma sosial. Pada umumnya manusia cenderung bersifat konformis. Berbagai studi memperlihatkan bahwa manusia mudah dipengaruhi orang lain.

4 konformitas&deviasi-joyce cs4 PENYIMPANGAN Deviance: merupakan perilaku yang oleh sejumlah besar orang dianggap sebagai hal yang tercela dan di luar batas toleransi (Zanden, 1979). Deviant: individu penyimpang. Deviant Institution: institusi menyimpang, termasuk di dalamnya organized crime.

5 konformitas&deviasi-joyce cs5 PENYIMPANGAN Dapat diartikan sebagai perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan dengan norma-norma di masyarakat. Penyimpangan dapat dikatakan terjadi jika seseorang tidak mematuhi patokan norma yang sudah ada.

6 konformitas&deviasi-joyce cs6 KONSEKUENSI SOSIAL PERILAKU MENYIMPANG DISFUNGSI PERILAKU MENYIMPANG  Mengancam, mengganggu atau bahkan menghancurkan tatanan sosial.  Mengganggu status quo.  Membuat kehidupan sosial tidak menentu.  Menciptakan ketegangan.  Mengakibatkan konflik.  Menghancurkan kepercayaan masyarakat.  Memperkecil keinginan untuk memainkan peranan yang memberikan kontribusi pada kehidupan sosial.

7 konformitas&deviasi-joyce cs7 KONSEKUENSI SOSIAL PERILAKU MENYIMPANG FUNGSI PERILAKU MENYIMPANG  Menghasilkan konformitas  Memperkuat ikatan kelompok  Menyebabkan perubahan

8 konformitas&deviasi-joyce cs8 KONSEKUENSI SOSIAL PERILAKU MENYIMPANG Konsukuensi Sosial Perilaku menyimpang bukanlah sesuatu yang mempunyai makna baik atau buruk. Lebih mengarah pada:  stabilitas;  pemeliharaan;  kelancaran sistem; dan  terjadinya disorganisasi sosial.

9 konformitas&deviasi-joyce cs9 PENJELASAN SOSIOLOGIS PERILAKU MENYIMPANG Perilaku menyimpang juga dipelajari dan berkembang melalui proses sosialisasi dan merupakan konsekuensi dari kondisi sosial. Sosiologi memandang sebagai perilaku yang normal, karena, secara kontekstual setiap pribadi adalah unik, sehingga masing-masing mempunyai perbedaan.

10 konformitas&deviasi-joyce cs10 PENJELASAN SOSIOLOGIS PERILAKU MENYIMPANG PERSPEKTIF STRUKTURAL Konsep DURKHEIM:  selama proses perubahan sosial, masyarakat menjadi tidak yakin untuk dapat berperilaku sesuai dengan norma yang lama.

11 konformitas&deviasi-joyce cs11 PENJELASAN SOSIOLOGIS PERILAKU MENYIMPANG  Jika kesempatan mencapai tujuan tidak ada maka individu mencari alternatif lain yang pada umumnya menimbulkan penyimpangan sosial. PERSPEKTIF STRUKTURAL Konsep ROBERT MERTON:  Menghubungkan anomie dengan perilaku menyimpang.  Anomie muncul karena rasa frustasi dan kebingungan yang dialami individu karena apa yang mereka inginkan tidak dapat diperoleh melalui cara yang legal atau semestinya.

12 konformitas&deviasi-joyce cs12 PENJELASAN SOSIOLOGIS PERILAKU MENYIMPANG PERSPEKTIF STRUKTURAL Konsep ROBERT MERTON: mengidentifikasi lima cara adaptasi individu dalam menghadapi situasi antara mencapai tujuan secara kultural dan car yang telah ditetapkan untuk mencapai tujuan tersebut:  Konformitas  Inovator  Ritualisme  Retretisme  Rebellion

13 konformitas&deviasi-joyce cs13 PENJELASAN SOSIOLOGIS PERILAKU MENYIMPANG CARA ADAPTASI TUJUAN BUDAYA CARA YANG DITETAPKAN KonformitasMenerima InovasiMenerimaMenolak RitualismeMenolakMenerima RetretismeMenolak Rebellion Menolak dan Menerima

14 konformitas&deviasi-joyce cs14 PENJELASAN SOSIOLOGIS PERILAKU MENYIMPANG SUTHERLAND: asosiasi differensial.  Individu menjadi menyimpang karena mereka berpartisipasi dalam suatu lingkungan di mana teknik dan perilaku menyimpang ditunjukkan secara jelas. PERSPEKTIF TRANSMISI BUDAYA Perilaku menyimpang timbul karena terjadinya transmisi budaya yang menyimpang dari satu individu ke individu lainnya baik secara langsung maupun tidak langsung.

15 konformitas&deviasi-joyce cs15 PENJELASAN SOSIOLOGIS PERILAKU MENYIMPANG PERSPEKTIF KONFLIK Ajaran MARXIS:  Timbul ketika individu yang menjadi korban karena tekanan dari kapitalis terdorong untuk melakukan tindakan tertentu sebagai perjuangan agar tetap dapat bertahan hidup.  Tindakan untuk bertahan hidup tersebut menyebabkan kelas penguasa menganggap mereka sebagai kriminal.

16 konformitas&deviasi-joyce cs16 PENJELASAN SOSIOLOGIS PERILAKU MENYIMPANG PERSPEKTIF LABELING Penyimpangan melibatkan proses labeling, seseorang menjadi menyimpang karena kelompok tertentu memberikan label atau cap. KITSUSE:  Bentuk dari perilaku tidak membedakan menyimpang atau tidak menyimpang, tetapi respons dari individu yang berperilaku konform dan konvensional yang mengidentifikasikan dan menginterpretasi perilaku itu sebagai menyimpang.

17 konformitas&deviasi-joyce cs17 PERILAKU MENYIMPANG PRIMER DAN SEKUNDER PENYIMPANGAN PRIMER Melibatkan pelanggaran terhadap norma tetapi bersifat sementara, individu yang terlibat tidak merasa menyimpang, dan tidak dianggap menyimpang oleh orang lain. PENYIMPANGAN SEKUNDER Melibatkan kebiasaan pelanggaran terhadap norma oleh individu. Individu mendefinisikan dirinya sebagai orang yang menyimpang dan akan cenderung untuk mengulanginya. Dapat merupakan dampak labeling.

18 konformitas&deviasi-joyce cs18 PERILAKU MENYIMPANG RELATIVITAS Pandangan relativisme melihat bahwa penyimpangan dapat diinterpretasi hanya dalam konteks sosio kultural di mana penyimpangan tersebut terjadi. Relativisme berkaitan dengan  Waktu  Tempat  Situasi  Status Sosial

19 konformitas&deviasi-joyce cs19 TIPE-TIPE KEJAHATAN Crimes without victims Victimless crimes Organized crime Transnational organized crime White-collar crime Corporate crime

20 konformitas&deviasi-joyce cs20 KONTROL SOSIAL Melalui Sosialisasi Tekanan Sosial  Pengendalian Kelompok yang Informal Primer  Pengendalian Kelompok Sekunder  Bahasa sebagai Alat Pengendali Melalui Kekuatan


Download ppt "Konformitas&deviasi-joyce cs1 KONFORMITAS, PENYIMPANGAN dan KONTROL SOSIAL Setiap anggota baru masyarakat disosialisasi agar berperilaku sesuai dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google