Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Executive Information System. Sistem Informasi pemasaran Informasi dan data lingkungan Manajer tingkat puncak Sistem Informasi Manufactur Sistem Informasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Executive Information System. Sistem Informasi pemasaran Informasi dan data lingkungan Manajer tingkat puncak Sistem Informasi Manufactur Sistem Informasi."— Transcript presentasi:

1 Executive Information System

2 Sistem Informasi pemasaran Informasi dan data lingkungan Manajer tingkat puncak Sistem Informasi Manufactur Sistem Informasi Keuangan Sistem Informasi SDM Sistem Informasi SD Informasi Manajer tingkat puncak akan menerima semua informasi mereka dari subsistim- subsistim fungsional, dan para eksekutif ini harus menyarikan dan mensistensis data menjadi suatu bentuk yang berarti bagi mereka

3 Sistem Informasi pemasaran Informasi dan data lingkungan Sistem InformasiEksekutif Sistem Informasi Manufactur Sistem Informasi Keuangan Sistem Informasi SDM Sistem Informasi SD Informasi Organisasi yang memilii SIE tidak perlu menyari dan mensintesis informasi sesuai kebutuhan mereka. SIE yang berada di puncak Sistem Informasi Fungsional menggantikan tugas tersebut.

4  Istilah Eksekutif dapat diterapkan secara lebih bebas.  Tidak ada garis batas yang jelas yang memisahkan pengertian antara eksekutif dan manajer lain.  Istilah ini digunakan untuk mengidentifikasikan manajer pada tingkat atas dari hierarki organisi yang berpengaruh kuat pada perusahan.  Pengaruh ini diperoleh dengan terlibat dalam perencanaan strategi dan menetapkan kebijaksanaan perusahan.  Eksekutif memberikan nilai yang lebih tinggi bagi kesejahtraan perusahan dari pada kesejahtraan unit- unit individual di dalam perusahan (berorientasi perusahaan).

5 Untuk memperoleh pandangan tambahan mengenai apa yang dilakukan eksekutif, dapat dilihat dari kontribusi yang dikemukakan oleh tiga ahli manajemen, yaitu : Henri Fayol, Henri Mintzberg dan Jhon F. Kotter. 1. Fungsi-Fungsi Manajemen Fayol Henri Fayol percaya bahwa semua eksekutif melakukan fungsi-fungsi manajemen yang sama, yaitu : merencanakan, mengorganisasikan, menyusun staf, mengarahkan mengedalikan.

6 2. Peran manajerial Minzberg Tugas eksekutif dapat juga mendefinisikan melalui peran-peran manejerial henry mintzberg, yaitu : peran interpersonal, peran informasi dan peran keputusan. Minzberg yakin bahwa semua manajer melakukan semua peran, tetapi orientasinya berbeda untuk tiap tingkatan. Contoh : Salah satu peran keputusan adalah perunding. Mintzberg memberikan contoh seorang manejer puncak yang merundingkan penggabungan usaha dan manejer tingkat bawah yang merundingkan tanggal pengiriman dengan pemasok, keduanya berunding tapi dengan orietasi berbeda.

7 3. Agenda dan Jaringan Kotte r Propesor Jhon P. Korter dari Harvard, yakin bahwa para eksekutif mengatasi tantangan pekerjaan mereka dengan mengikuti strategi tiga tahap. Pertama mereka menetapkan agenda tujuan yang harus dicapai perusahaan. Agenda dapat terdiri dari jangka panjang (gagasan umum mengenai jenis produk yang harus dijual perusahan dalam lima, sepulah atau dua puluh tahun dari sekarang) dan jangkapendek (seperti pasar yang harus dicapai oleh tiap produk perusahaan saat ini). Kedua eksekutif membangaun jaringan. Ketiga, eksekutif bekerja untuk menetapkan lingkungan norma dan nilai yang tepat sehingga para anggota jaringan dapat bekerja mencapai agenda itu.

8 Isemberg mengamati bahwa seorang eksekutif dalam mengambil keputusan untuk memecahkan masalah sering melompat dari definisi masalah kepenerapan solusi dan kemudian kembali ke evaluasi alternatif. Eksekutif memang membuat keputusan rasional tetapi eksekutif lebih banyak menggunakan intuisi dari pada tiap langkah dari proses pemecahan masalah.

9  Sistim infortmasi eksekutif (EIS) merupakan suatu sistim yang menyediakan informasi bagi eksekutif mengenai kinerja keseluruhan perusahaan.  Informasi dapat diambil dengan mudah dan dalam berbagai tingkat rincian.  Istilah sistim pendukung eksekutif (ESS) juga dapat digunakan.

10 Konfigurasi EIS berbasis Komputer biasanya terdiri dari satu komputer personal (PC). Dalam perusahan besar PC dihubungkan dengan Komputer mainframe

11 Eksekutif memasukan instruksi kedalam sistim melalui menu. Pemilihan menu dilakukan dengan mouse atat dengan menyentuh layar. Penggunaan keyboard dikurangi. Informasi dapat ditampilkan dalam bentuk tabel, gambar, atau narasi. Sebagai perangkat lunak dirancang untuk bolak balik antara tabel dan grafik. Penjelasan narasi dari data tabel atau grafik dapat diketik oleh asisten, staf atau dapat dihasilkan oleh kecerdasan buatan.

12

13 Drill down adalah sistem pencarian informasi oleh eksekutif yang dimulai dari gambaran sekilas dan kemudian secara bertahap mengambil informasi yang lebih rinci, sehingga eksekutif itu tahu dimana kegiatan pemecahan masalah harus dipusatkan.

14 Pada tampilan pertama terjadi penyipangan negatif yang besar Profit Before Tax pada RADIO jika dibanding dengan anggaran. Untuk mendapatkan informasi yang lebih rinci tentang produk RADIO dapat dilihat pada tampilan rincian ke-2

15 Pada tampilan kedua terlihat bahwa penyimpangan negatif pada proyek Radio disebabkan oleh kelebihan biaya dalam penelitian dan pengembangan (Research & Development. Untuk mengetahui masalah pada kegiatan R&D dapat dilihat pada tampilan rincian ke-3

16 Pada rincian ke- 3 menunjukkan bahwa penyebab penyimpangan Laba pada produk radio disebabkan adanya peningkatan biaya penelitian pada proyek RA100.


Download ppt "Executive Information System. Sistem Informasi pemasaran Informasi dan data lingkungan Manajer tingkat puncak Sistem Informasi Manufactur Sistem Informasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google