Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HAKEKAT DAN RUANG LINGKUP PENELITIAN KOMUNIKASI YASIR, M.Si NIP. 19781119 200501 1 002 Kontak: HP 08126894456

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HAKEKAT DAN RUANG LINGKUP PENELITIAN KOMUNIKASI YASIR, M.Si NIP. 19781119 200501 1 002 Kontak: HP 08126894456"— Transcript presentasi:

1

2 HAKEKAT DAN RUANG LINGKUP PENELITIAN KOMUNIKASI YASIR, M.Si NIP Kontak: HP

3 Hakekat komunikasi  Apa itu Komunikasi???  Ilmu Komunikasi?? (ciri ilmu harus logis, sistematis dan berlaku umum)

4 Istilah Penting Komunikasi Komunikasi Makna Proses Sosial Lingkungan Simbol Komunikasi adalah sebuah proses sosial di mana individu-individu menggunakan simbol-simbol untuk menciptakan dan menginterpretasikan makna dalam lingkungan mereka.

5 Ilmu Komunikasi???  Ilmu komunikasi adalah suatu pengamatan terhadap produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang melalui pengembangan teori-teori yang dapat diuji dan digenerlisasikan dengan tujuan menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengruh dari sistem-sitem tanda dan lambang.

6 Tiga Pokok Pikiran Ilmu Komunikasi I. Objek pengamatan yang jadi fokus perhahatian dalam ilmu komunikasi adalah produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang dalam konteks kehidupan manusia. II. ilmu komunikasi bersifat ilmiah (scientific) dalam arti teori-teori komunikasi harus berlaku umum. III. ilmu komunikasi bertujuan menjelaskan fenomena sosial yang berkaitan dengan produksi, proses dan pengaruh dari sistem-sistem tanda dan lambang.

7 Metode Riset (Penelitian)???  Metode: dalam bahasa Inggris “method” berasal dari bahasa Yunani “methodos” berarti rangkaian yang sistematis dan yang merujuk kepada tata cara yang sudah dibina berdasarkan rencana yang pasti, mapan dan logis.  Penelitian: dalam bahasa Inggris “research” berarti re=lagi dan search=mencari

8 Empat Cara Mengetahui dan Menjelaskan Fenomena  Metode keteguahan: berpegang teguh pada pendapat yang diyakini sejak lama  Metode otoritas: kebenaran dari pernyatan ahli  Metode intuisi: keyakinan kita  Metode ilmiah: berdasarkan ilmu

9 Tujuan Penelitian  Menemukan hubungan di antra fenomena melalui analisis yang akurat dan sistematik terhadap data empiris.  Menjelaskan suatu fakta dan memahami hubungan antar fakta.  Upaya mengungkap realitas untuk mencari kebenaran secara objektif, empiris, sistematis dan terorgnisir.

10 Karkteristik Metode Ilmiah  Bersifat publik  Objektif  Empiris  Sistematik  Prediktif

11 Manfaat Penelitian  Manfaat teoritis atau akademis  Manfaat praktis  Manfaat sosial  Manfaat metodologis

12 Unsur-unsur Ilmu:  Realitas/ Objek/Ruang lingkup: ada objek yang dielaah  Teori-teori: ada penjelasan yang logis dan empiris  Metodologi riset: ada aturan-aturan dalam mengkaji objek  Kritik: ada pengujian, artinya kebenaran ilmu tidak mutlak dan bisa didebat  Aplikasi: dapat diaplikasikan dalam praktik nyata di kehidupan.

13 Generalisasi Empiris Observasi Teori Hipotesis INDUKSI DEDUKSI Gambar tahapan perkembangan teori/ilmu.

14 RUANG LINGKUP RISET KOMUNIKASI  Studi komunikator (who)  Studi pesan (says what)  Studi media (in which channel)  Studi khalayak (to whom)  Studi efek (with what effect)

15 Ruang Lingkup Riset Komunikasi Individu Kolektivitas Individu Media Massa Muncul bentuk-bentuk komunikasi: komunikasi antarpersonal komunikasi organisasi, dst.

16 Kajian Konteks Komunikasi  Komunikasi Intrapribadi  Komunikasi antarpribadi  Komunikasi kelompok  Komunikasi publik  Komunikasi organisasi  Komunikasi massa  Komunikasi Antarbudaya

17 Bidang komunikasi berdasarkan kategori jenis muatan pesan.  Komunikasi sosial (social communication)  Komunikasi bisnis (business communication)  Komunikasi politik (political communication)  Komunikasi internasional (international communication)  Komunikasi pembangunan (developmental communication)  Komunikasi tradisional (traditional communication)  komunikasi keluarga (family communication)  komunikasi kesehatan (health communication),

18 Berdasarkan Cabang Ilmu Komunikasi  Jurnalistik  Humas (Public Relation)  Periklanan (Advertising)  Penyiaran (Brodcasting)  Retorika (Public Speaking)  Propaganda  Perfilman  Perpustakaan

19 Terima Kasih


Download ppt "HAKEKAT DAN RUANG LINGKUP PENELITIAN KOMUNIKASI YASIR, M.Si NIP. 19781119 200501 1 002 Kontak: HP 08126894456"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google