Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DESTIA WAHYU HIDAYATI, 4101407063 KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA UNTUK.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DESTIA WAHYU HIDAYATI, 4101407063 KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA UNTUK."— Transcript presentasi:

1 DESTIA WAHYU HIDAYATI, 4101407063 KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA KELAS VII SEMESTER 2 DALAM MATERI POKOK SEGIEMPAT DI SMP N 4 PATI 2010/2011

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DESTIA WAHYU HIDAYATI - NIM : 4101407063 - PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - EMAIL : destia281289 pada domain gmail.com - PEMBIMBING 1 : Dr. Kartono, M. Si. - PEMBIMBING 2 : Dr. Zaenuri Mastur, S. E., M. Si., Akt. - TGL UJIAN : 2011-08-16

3 Judul KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA UNTUK MENGURANGI TINGKAT KECEMASAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK PADA KELAS VII SEMESTER 2 DALAM MATERI POKOK SEGIEMPAT DI SMP N 4 PATI 2010/2011

4 Abstrak Pembelajaran matematika seharusnya menyenangkan, nyaman, dan tidak menimbulkan kecemasan matematika agar peserta didik dapat semaksimal mungkin memahami materi pelajaran yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat ketuntasan prestasi belajar, (2) perbedaan rata-rata prestasi belajar, dan (3) perbedaan rata-rata kecemasan matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI bermediakan permainan ular tangga matematika, LKPD, dan model pembelajaran ekspositori. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 4 Pati, sedangkan sampel adalah peserta didik kelas VII.A, VII.B, dan VII.C. Pemilihan sampel dilakukan dengan random sampling sehingga terpilih dua kelas eksperimen dan satu kelas kontrol yang diberi perlakuan berbeda. Metode pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, skala, dan tes. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah prestasi belajar peserta didik dan kecemasan matematika peserta didik sedangkan variabel independen adalah model dan media pembelajaran. Analisis data hasil penelitian menggunakan uji rata-rata (uji t), uji perbedaan rata-rata (uji anava) dan uji lanjut perbedaan rata-rata (uji scheffe). Berdasarkan analisis hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI bermediakan permainan ular tangga matematika dan LKPD dapat mencapai di atas KKM. Terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI bermediakan permainan ular tangga matematika (kelas eksperimen 2), LKPD (kelas eksperimen 1), dan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Rata-rata prestasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen 1 adalah 81,8750, kelas eskperimen 2 adalah 84,1415, dan kelas kontrol adalah 75,1518. Terdapat perbedaan yang signifikan antara skor kecemasan matematika peserta didik antara rata-rata skor kecemasan matematika peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TAI bermediakan permainan ular tangga matematika (kelas eksperimen 2), LKPD (kelas eksperimen 1), dan model pembelajaran ekspositori (kelas kontrol). Ratarata skor kecemasan peserta didik pada kelas eksperimen 1 adalah 72,72 dengan kategori sedang, kelas eksperimen 2 adalah 78,15 dengan kategori rendah, dan kelas kontrol adalah 65,94 dengan kategori sedang.

5 Kata Kunci Keefektifan, TAI, permainan ular tangga matematika, kecemasan matematika.

6 Referensi Apriliani, L. R. 2009. Efektivitas Penggunaan Media Film Berbasis 3DSmax 7.0tm untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Meminimalkan Kecemasan Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang pada Materi Pokok Dimensi Tiga. Skripsi UNNES. Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian (Edisi Revisi VI). Jakarta: Rineka Cipta. Arsyad, A. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada. Azwar, S. 2004. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Christianingrum, L. 2010. Keefektifan Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Lengkung Peserta Didik Kelas IX SMP Negeri 33 Semarang Tahun Pelajaran 2009/2010. Skripsi UNNES. Depdiknas. 2006. Buku Saku Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama. Dimyati. 2002. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. D’Ailly, H. & Bergering, A. J. 1992. Mathematics Anxiety and Mathematics Avoidance Behavior: a Validation Study of Two Mars Factor-Derived Scales. Educational and Psychological Measurement 1992 52: Fadlilah, S. T & R. Raditya. 2006. Pengembangan Produk Bermain Anak Untuk Meningkatkan Daya Intelegensia. INASEA, Vol.7 No.2 Fauzan, A., D. Slettenhaar, & T. Plomp. 2002. Traditional Mathematics Education vs. Realistic Mathematics Education: Hoping for Changes. Proceedings of the 3rd International Mathematics Education and Society Conference. Copenhagen: Centre for Research in Learning Mathematics, pp. 1-4. Hamalik, O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Bumi Aksara. Hayat, B., Sumarna, & Suprananto. 1999. Manual Item and Test Analysis (ITEMAN). Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Sistem Pengujian Balitbang Dikbud. Hidayah, I. & Sugiarto. 2005. Handout Workshop Pendidikan Matematika I. Semarang: Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang. Hidayah, I. dan Sugiarto. 2007. Handout Workshop Pendidikan Matematika II. Semarang: UNNES. Ibrahim, I., F. Rachmadiarti, M. Nur, & Ismono. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-UNIVERSITY PRESS. Kertamuda, F. 2008. Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Psikologi. Vol. 21, No. 1 Komariyah, Z. & Soeparno. 2010. PengaruhPemanfaatan Media Permainan Kartu Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Ajar Operasi Hitung Campuran Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD N Babat Jerawat I Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol.10 No.1 Kusni & Kadaruslan. 2001. Geometri Ruang. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Mardapi, D. 2008. Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Jogjakarta: Mitra Cendikia. Maslim, R. 2001. Diagnosis Gangguan Jiwa. Jakarta: PT. Nuh Jaya. Nevid, J. S., S. A. Rathus, & B. Greene. 2003. Psikologi Abnormal. Translated by Tim Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Olkin, I., S. G. Ghurye, W. G. Madow, & H.B. Mann. 1960. Contributions to Probability and Statistics: Essays in Honor of Harold Hotelling. California: Stanford University Press Poerwadarminta, W.J.S. 1999. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Sadiman, A. S., R. Rahardjo, A. Haryono, & Rahardjito. 2009. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers. Sanjaya, W. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Media Prenada. Santoso, S. 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo. Sardiman. 2001. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada. Satake, E. & P. P. Amato. 1995. Mathematics Anxiety and Achievement Among Japanese Elementary School Students. Jurnal education And Psykologic Measurement. 55: 1000 Shaleh, M. M. 2009. Rancang Bangun Game Edukasi Ular Tangga pada Aplikasi Mobile. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Sheffield, D. & T. Hunt. 2006. How Does Anxiety Influence Maths Performance and What Can We Do About It? MSOR Connections Vol 6 No 4 November 2006 – January 2007. Slavin, R. E. 1995. Cooperative Learning. Massachusetts : A Simon & Schusster Company Slavin, R. E. & N. L. Karweit. 1985. Effects of Whole Class, Ability Grouped, and Individualized Instruction on Mathematics Achievement. 1985 22: 351 Am Educ Res J. American Educational Research Journal. Stevens, R. J. & Slavin, R. E. 1995. The Cooperative Elementary School: Effects on Students' Achievement, Attitudes, and Social Relations. Am Educ Res J 1995 32: 321. American Educational Research Journal Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Edisi ke-6 Bandung: Tarsito. Sugandi, A. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang: UPT MKK UNNES. Sugiyono. 2003. Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta. Suherman, E. Ar. 2010. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. EDUCARE: Jurnal Pendidikan Budaya Sumanto. 1990. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Yogyakarta: ANDI OFFSET Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI. Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka. Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka.

7 Terima Kasih http://unnes.ac.id


Download ppt "DESTIA WAHYU HIDAYATI, 4101407063 KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) BERMEDIAKAN PERMAINAN ULAR TANGGA MATEMATIKA UNTUK."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google