Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wahyu Sudrajat, S. Kom PENGANTAR DATA TERDISTRIBUSI Perubahan Peranan Pemakai 1.Tipe interface 2.Komputer yang Reaktif 3.Jenis Pemakai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wahyu Sudrajat, S. Kom PENGANTAR DATA TERDISTRIBUSI Perubahan Peranan Pemakai 1.Tipe interface 2.Komputer yang Reaktif 3.Jenis Pemakai."— Transcript presentasi:

1 Wahyu Sudrajat, S. Kom PENGANTAR DATA TERDISTRIBUSI Perubahan Peranan Pemakai 1.Tipe interface 2.Komputer yang Reaktif 3.Jenis Pemakai PERHATIAN!!! MENCONTEK DAPAT MENYEBABKAN KEBODOHAN, MALAS, DAN LAMBAT LULUS

2 Perubahan Perubahan setelah adanya pengelolaan terdistribusi, yaitu: –Pemrogram lebih berperan aktif terhadap penggunaan mesin. Jumlah pemakai terminal bertambah –Penggunaan dialog yang berulang yang dirancang untuk satu aplikasi. Pemakai belajarmengambil informasi dari terminal, dan kadang-kadang membuat program –Training bukan hanya pada komputernya melainkan penggunaan terminal yang secara tidak langsung melatar belakangi pekerjaan mereka –Karena pekembangan pengajaran, banyak progam (aplikasi) dibuat oleh pemakai, daripada pemrogram profesional –Jadi kebanyakan komputer akan dgunakan oleh pemakai biasa yang tidak mmpelajari pemrograman secaramendalam. –Dalam PDT diarahkan kepada pemanfaatan komputer yang melibatkan sebanyak mungkin pemakai –Pemrogram lebih senang dengan eksperimen dan terminalnya sdangkan pemakai banyak yang membayangkan peralatan dan dialog secara rumit. Ketakutan ini arus dihilangkan.

3 Tipe Interface Tiga macam interface, yaitu: –Dialog yang sudah fixed dan sudah diprogram pemakai brinteraksi dengan aplikasi yang dirancang dan diprogram oleh orang lain. Contoh: bank teller yang menggunakan terminal untuk menangani kebutuhan pelanggan –Bahasa pemrograman pemakai dapat membuat program dan yang dirancang mungkin juga file, untuk keperluan sendiri. Contoh bahasa yag bisa digunakan adalah basic, APL –Dialog yang tidak diprogram terlebih dahulu Pemakai tidak menggunakan fasilitas yang sudah diprogram seelumnya ataupun bahasa pemrograman tertentu. Mereka mengakses database dengan menggunakan bahasa information retrieval (penggambilan informasi), membuat tipe laporan yang baru, atau membuat perhitungan dari data yang disimpan.

4 Komputer yang reaktif Dengan adanya mikroelektronika, time sharing menjadi terbelakang. Pemakaian komputer secara bersama- sama tidak lagi diperlukan,karena setiap pemakai mempunya fasilitas komputer sendiri. Turunnya harga komputer membuat sistem dirancang untuk hanya memanfaatkan waktu perorangan yang sebesar-besarnya pada komputer. Sistem yang reaktif adalah sistem yang pekerjaan prosesornya hanya melayani satu pemakai. Sistem tersebut dapat mengerjakan banyak pengolahan pada saat pemakainya mengerjakan tugas yang sangat sederhana.

5 Komputer yang reaktif Ciri komputer yang reaktif, yaitu: –Data pada layar dapat diformat dan ditambahkan teks agar udah dipahami, dimengerti. –Interpreter atau kompilator dapat juga disediakan (penterjema) –Memiliki kemampuan grafik yang interaktif Jadi yang dicari adalah efisiensi pemakai buka efisiensi mesinnya

6 Jenis Pemakai Pemakai komputer berbeda-beda minat dan kemampuannya. Jadi harus ada berbagai cara untuk menggunakan fasilitas komputer yang dapat dikenal. Struktur dialog tertenu yang baik untuk satu pemakai belum tentu baik untuk yang lainnya. Pada PDT seharusnya menyediakan dialog terminal yang sangat sederhana untuk sekelompok pemakai, dan kemampuan menggunakan bahasa yang dapat memanipulasi file untuk yang lainnya Pada PDT nilai pemakai harus lebih diperhatikan daripada penampilan mesinnya.


Download ppt "Wahyu Sudrajat, S. Kom PENGANTAR DATA TERDISTRIBUSI Perubahan Peranan Pemakai 1.Tipe interface 2.Komputer yang Reaktif 3.Jenis Pemakai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google