Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sharing Stase RSF Kelompok D1-D2 Rotasi 4. Outline Rumah Sakit Kegiatan Jaga Dokter Spot Favorit LCD Kamko Ruang Diskusi Interaksi Koass.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sharing Stase RSF Kelompok D1-D2 Rotasi 4. Outline Rumah Sakit Kegiatan Jaga Dokter Spot Favorit LCD Kamko Ruang Diskusi Interaksi Koass."— Transcript presentasi:

1 Sharing Stase RSF Kelompok D1-D2 Rotasi 4

2 Outline Rumah Sakit Kegiatan Jaga Dokter Spot Favorit LCD Kamko Ruang Diskusi Interaksi Koass

3 Rumah Sakit RSF itu.... – Dari kampus sebaiknya jam 6 (ga usah lewat tol, lewat Antasari) – Kalau lewat tol, awas macet di exit toll cipete-pondok labu – Overall cukup jauh – SMF anak itu ada di... Gedung Teratai Lantai 3, ke arah Selatan - naik tangga belok kiri – Gedung yang sama dengan VK / IGD Kebidanan RSF – Masuk langsung lewat pintu belakang – (“Ruang Dokter”) tapi biasanya pagi < jam 8 belom buka, jadi hari pertama boleh nongkrong di ruang anak UIN (“ruang diklit”, naik tangga belok kanan)

4 Ruangan Anak UI dimana? Ada di Teratai lantai 3, masuk ke arah bangsal kelas III (bangsal Selatan), ada di seblah kiri  namanya “Ruang Diskusi” Sayangnya ruangannya baru dibuka jam 8 oleh pekarya (Pak Kus), biasanya baru datang jam segini. Jadi... – Silakan tunggu di Kamko – Atau silakan gabung di ruangan anak UIN (ruang diklit)  mereka sangat welcome kok

5 Name Tag NameTag diurus di DikLat yang deket klinik amarilis psikiatri Bayar goceng (5.000), bawa foto 2x3 2 lembar Isi biodata Sebaiknya dikerjakan di istirahat hari pertama, diambilnya bisa sore/besoknya. Tapi kalo bisa pagi udah ngumpul semua ya boleh aja sebelum kegiatan. DikLat buka sekitar jam 7 (suka ga menentu)

6 Kegiatan Absen Pagi di SMF Anak – Selalu isi lembaran absen harian di SMF ya – Sangat disarankan untuk mengisi di pagi hari begitu SMF nya buka (sekitar pk ) LapJag jam 8-9 (kecuali Senen, lapjag jadi jam 13-14) – Bikin slide jumlah pasien lama dan baru, trus yang pasien baru ditulis nama/usia/dx/tatalaksana, pilih 1 kasus bahas secara mendalam (kayak biasa lah ya). Ga usah print slide ato kasih hard copynya. Kerja bangsal 9-10 – Biasanya diisi sama MINI CEX. Jadi pihak RSF ini sangat concern sama mini cex mahasiswa, dan mereka akan nanyain siapa yang bakal minicex. MiniCex bangsal biasanya pilih 2 orang aja. Kalau ga ada MiniCex, jadinya bedside teaching. Hubungi dokter H-1, tanya apa pasien perlu cari sendiri / dicariin di hari H.

7 Kegiatan Kerja Poli jam  Poli ada di gedung utama poliklinik lantai 2 (jauhhhhh dari SMF). Masuk dari depan air mancur (air mancurnya mati sih, ya anggaplah dulu itu air mancur). – Dokternya yang dateng on time biasanya dr. Fitri sama dr. Nila. Yang lainnya suka ga jelas datengnya jam berapa. Sebetulnya polinya banyak (polinya juga dibagi-bagi subspesialisnya), cuma karena dokternya suka baru dateng siang jadi yang melayani di awal masih sepi. – Tapi tetep jam 10 nyampe poli.

8 Kegiatan POLI Kegiatan di poli ini adalah MINICEX 2 orang dan yang ga minicex LLD (liat-liat doang), tapi beberapa konsulen ngasih periksa pasien kok. Sama, untuk MINICEX, hubungi dokter H-1 dan konfirmasi. Kalau dokternya ga bales/ga bisa, ya udah pas hari H langsung aja ke poli cari dokter yang “baik” untuk MINICEX. Tanya juga mau cari pasien periksa dulu, atau dicariin sama dokternya pas. Tiap dokter beda-beda. Sebenernya bisa dapet tindakan kayak imunisasi atau Mantoux.

9 Kegiatan Preskas – Preskas biasanya jam 1-2. Istilah di sini adalah sajian kasus. Nah, yang jadwal resmi RSCM itu kan preskas hari Selasa dan Jumat. Kasih makalah sesuai dengan presentan aja (kan presentan udah hubungi RSF pasti kan... Tapi tanya dr. Bobby – kodik kita di sana, siapa narasumber hari H) Sementara itu bakal ada.... – Preskas dadakan hari Kamis. Narasumbernya juga ditentuin. Sama, bikin makalah aja, tunjuk beberapa “sukarelawan” yang mau ngerjain preskas. Kasih makalah tergantung sama narasumber.

10 Tutorial – Tutorial ini jam 1-2 hari Rabu. Biasanya jadwalnya sesuai dengan tutorial di RSCM. Slide disiapin sama konsulen, tapi jaga-jaga aja konfirmasi ke narasumber hari H. CBD – Nah, CBD ini juga sempet ditanya sama dr. Bobby siapa yang mau CBD. Jadwal CBD biasanya ada di jadwal kerja bangsal, oleh tutor kerja bangsal hari itu. Karena CBD perlu pasien yang difollow up, minimal 3x, jadi CBD biasanya hari Kamis atau Jumat. Harus tanya ke tutor kerja bangsal yang mana bakal nguji CBD kita, pasiennya yang mana. Kalau waktu kami sih konsulennya minta pasien tertentu, tapi karena ga ada yang memenuhi kriteria ga, jadi kelompok D1-D2 ga ada yang CBD.

11 INTINYA Jangan skip hubungi semua konsulen di setiap kegiatan!! Lihat jadwal besok siapa yang bakal nutorin/membimbing. Konsulen harus dihubungi H-1 (SMS) Kalau ga bales, telepon aja. Kalau ga diangkat ya udah sih. Nomer HP dosen terlampir. Sekretariat yang bisa dihubungi di SMF Anak: Mbak Yuli dan Mbak Cici.

12 Tentang Lembar Penilaian Agak ribet di sini. Intinya semua lembar penilaian harus dikumpulin di RSF (ga dibawa pulang, termasuk MiniCEX, Preskas, CBD, DOPS, lapjag) Ada lembar nilai khusus dari RSF yang harus disertakan bersama dengan lembar nilai dari RSCM. Info lengkap pasti diinformasikan oleh dr. Bobby / pas pengantar.

13 Jaga 2 orang jaga IGD, 1 orang jaga bangsal Jaga bangsal: bahagialah, karena kalian on call!! Tinggalin nomer di nurse station. Jaga mulai jam 4 sore – 5 pagi, kecuali jaga weekend. Sebelum jaga, lapor ke dokter umum DAN konsulen jaga anak malam itu. Dokter umum pasti di IGD tengah, sedangkan konsulen jaga anak di-SMS aja, laporin ada 3 orang anak UI yang jaga. Tanya sama anak UIN, ronde jam berapa. Jangan sampe pas konsulen jaga anak dateng ke IGD, lo kagak ada. Perawat bonam-bonam. Yang jaga bangsal kalo bosen boleh kok maen ke IGD.

14 Jaga anak UIN Setiap malem ada 2 orang. Mereka sampai jam 10 malem di IGD, abis itu pindah ke bangsal. Mereka juga on call kok (di bangsal). Anak UIN udah biasa jaga sini, jadi jangan malu untuk tanya/curhat/cerita sama mereka.

15 Dokter Overall.. Baik-baik sih. Hmm.. – dr. Bobby – kodik UI – baik banget, ngajarin, minicex sama dia ga kayak minicex (ke arah positif tapi) – divisi Nefro – dr. Bina Akura – sangat diemmm, pasang kuping baik2 karena volumenya kecillll banget. Interaksi sama kita agak kurang (begitu jaga kata anak UIN), cuek – kalo dia konsulen jaga on site, dia ngajak diskusi jam 4 pagi sama beliau - ahli endokrin

16 dr. Eka – agak ranjau sih ya, apalagi minicex – PF yang bener, waktu dia mau 15” kelar anamesis PF edukasi. Hmm detil orangnya, suaranya tinggi (bukan berarti marah si). Pastiin tanya beliau mau pasien apa. – ahli high care / emergency anak dr. Nila – “dingin”, agak jutek, kalo sopan dia jadi baik dan sebenernya mau ngajarin. Cukup detil orangnya. On time juga. – ahli alergi/imun dr. Fitri – on time, sangat memperbolehkan kita periksa pasien – baik orangnya. Bonam lah – ahli respi

17 dr. Deddy Ria – Ka SMF, pertama ketemu rasanya menjatuhkan (manas-manasin kita nih, ga boleh sama FK tetangga), tapi aslinya baek banget. Kebapakan, sayang anak, orangnya sistematis juga sih, dan cukup lucu – ahli neuro anak dr. Nadia – konstan baik, the best. Ngajarin banget. Bonam abis – ahli perinatologi dr. Debby – bonam juga kok – ahli infeksi

18 dr. Lanny – sangat pintar dan detail, terutama tentang gizi dan nutrisi dr. Srie – sistematis, karakter hematolog, waktu minicex sih membimbing, objektif – hemato anak dr. Tumpal – ngajarin, sistematis – hemato anak Yang lain, kita kurang interaksi sama mereka jadi sebaiknya kita gak tulis supaya ga bias.

19 Spot Favorit Satu-satunya ruang yang adem adalah ruang diskusi UI, dengan kursi terbatas (inget, kita rame lho, kursi selalu dempet-dempet). Ada WC di dalem ruang ini

20 LCD LCD mesti dipinjem di diklat (yang deket amarylis), dan harus dibalikin ke mereka – ga boleh ditinggal di SMF anak apalagi ditinggal diruangan diskusi UI, ntar pasti ditanyain Karena jarak diklat – SMF jauh, sebaiknya siapin aja dari beberapa menit sebelum lapjag/kegiatan lain.

21 Kamko Kamko Cewe di dalam bangsal selatan (Kelas III), kamko Cowo di dalam bangsal utara (Kelas VIP,I,II) – Kelas tidak menggambarkan kualitas kamko karena.. – Kamko cewe: awas yang ada atopi, bawa masker dan antihistamin. Berdebu, bertungau(?), berbau. WC ada, Nilai 4/10. – Kamko cowo: kayaknya lebih parah dari kamko cewe. Cukup apek dan bau, AC MATI!! Nilai ada, VAS 3/10 (air menggenang, ga tau air apaan).

22 Koass UIN Saat ini mereka 2 minggu ahead dari kita (kt mgg 3  mgg 5). Mereka 10 minggu, jadi mestinya belom ganti sampe kita selesai. UIN-nya SANGAT BAIK, mereka sangat ramah, kalo mo nanya ga usah sungkan-sungkan.

23 Saran Kesannya banyak, tapi sebenernya “gabut” sih. Bawa colokan Belajar, karena persaingan di sini cukup ketat Kadang di rumah tetangga tidak senyaman di rumah sendiri yah.. Rumput tetangga mungkin lebih hijau, tapi rumah sendiri masih lebih pewe.


Download ppt "Sharing Stase RSF Kelompok D1-D2 Rotasi 4. Outline Rumah Sakit Kegiatan Jaga Dokter Spot Favorit LCD Kamko Ruang Diskusi Interaksi Koass."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google