Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Organisasi Informasi Pertemuan 2. Informasi (information) “Sesuatu yang memberikan pengetahuan dalam bentuk fakta, berita, dll” “Something which gives.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Organisasi Informasi Pertemuan 2. Informasi (information) “Sesuatu yang memberikan pengetahuan dalam bentuk fakta, berita, dll” “Something which gives."— Transcript presentasi:

1 Organisasi Informasi Pertemuan 2

2 Informasi (information) “Sesuatu yang memberikan pengetahuan dalam bentuk fakta, berita, dll” “Something which gives knowledge in the form of facts, news, ect” (Longman Dictionary of Contemporary English).

3 lanjutan “Informasi adalah setiap konten yang mengurangi ketidakpastian atau jumlah kemungkinan dalam suatu situasi” “Information is any content that reduces uncertainty or the number of possibilities in a situation” (McGarry, K.J. Communication, knowledge and the librarian).

4 lanjutan “Pengetahuan yang tidak diketahui oleh penerima sebelum diterimanya pemberitahuan” “Knowledge that was unknown to the receiver prior to its receipt”. (Macmillan Dictionary of Information Technology).

5 (lanjutan) “Informasi adalah pengetahuan yang menjadi milik bersama karena dikomunikasikan” “Information is knowledge shared by communication”. (Foskett, A.C. The Subject Approach to Information).

6 lanjutan “sekumpulan data yang telah diproses dalam format atau sistem tertentu yang dapat memberikan arti, manfaat, dan kejutan (surprise) bagi yang menerimanya dan bersifat tidak statis dalam pengambilan keputusan”. Yulia, Yuyun dan Mustafa, B. (2007). Materi Pokok pengolahan bahan pustaka. Jakarta: Universitas Terbuka.

7 Dari kacamata Sistem Informasi Informasi adalah semua data yang telah diolah dan memiliki arti bagi pihak pemakai. Dengan demikian yang dipakai orang di dalam membuat keputusan adalah informasi, bukan data.

8 Dalam Konteks Mata Kuliah Organisasi Informasi? Definisi yang paling sesuai dalam konteks organisasi informasi adalah definisi Foskett yang dimodifikasi.

9 Menurut Foskett, informasi adalah pengetahuan yang menjadi milik bersama karena dikomunikasikan. Jadi, informasi adalah pengetahuan yang menjadi milik bersama karena dikomunikasikan dalam bentuk dokumen/rekaman (record).

10 Informasi mencakup pengetahuan apapun yang terekam dalam buku, artikel majalah, film, video ataupun pengetahuan yang disampaikan secara lisan dalam suatu percakapan, ceramah, pidato, dsb. Karakter Informasi

11 Jenis dokumen di perpustakaan. Karya cetak atau karya grafis: Buku Majalah Surat kabar Disertasi laporan

12 Karya noncetak/karya rekam Piringan hitam Rekaman audio Kaset video

13 Bentuk mikro Mikro film Mikrofis (lembaran film transparan yang berisi pesan) Microopaque (microcard memory)

14 Media elektronik Disket Pita magnetik Kelongsong elektronik / cartridge

15 Materi perpustakaan yang diasosiasikan dengan komputer

16 Ebook

17 to record berarti: “Menulis/mencatat sehingga akan diketahui pada masa mendatang”. “Melestarikan (suara/siaran) sehingga dapat didengar maupun dilihat lagi” To write down so that it will be known in the future To preserve (sound or tv broadcast) so that it can be heard and/or seen again.

18 Organisasi informasi  Catatan: Dokumen adalah obyek yang merekam informasi dengan tidak memandang media maupun bentuknya.  Maka organisasi informasi dalam konteks ilmu perpustakaan adalah organisasi dokumen.

19 Organisasi Informasi Organisasi Informasi adalah kegiatan mengorganisasi informasi agar informasi dapat: diketahui lokasi fisik melalui nomor panggil dikenali melalui sajian ringkas dari bahan pustaka (cantuman bibliografi) menunjang temu kembali

20 Temu kembali informasi sarana temu kembali informasi berguna menyaring dan atau memilih informasi- informasi yang benar-benar sesuai dengan yang kita butuhkan, dengan pengertian informasi tersebut dapat kita peroleh dengan cepa,t tepat, dan yang lebih penting lagi akurat.


Download ppt "Organisasi Informasi Pertemuan 2. Informasi (information) “Sesuatu yang memberikan pengetahuan dalam bentuk fakta, berita, dll” “Something which gives."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google