Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan IX Pembangunan Arsitektur Data Sri Handayaningsih, S.T., M.T. Fradika Indrawan, S.T.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan IX Pembangunan Arsitektur Data Sri Handayaningsih, S.T., M.T. Fradika Indrawan, S.T."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan IX Pembangunan Arsitektur Data Sri Handayaningsih, S.T., M.T. Fradika Indrawan, S.T.

2 Kompetensi Dasar Mampu mengidentifikasi dan mendefinisikan jenis-jenis data yang mendukung fungsi bisnis yang telah didefinisikan pada model bisnis.

3 Isi Materi 1.Pendahuluan 2.Daftar Entitas Data 3.Diagram hubungan Entitas (Entity Relationship Diagram) 4.Matrik Proses vs Entitas Data.

4 Pendahuluan Arsitektur Data 1.Mengidentifikasi dan mendefinisikan jenis – jenis data utama yang mendukung fungsi – fungsi bisnis yang telah didefinisikan 2.Merupakan bagian pada arsitektur SI. 3.Pada Kerangka kerja Zachman, arsitektur data menjadi panduan dalam tahap perancangan sistem yang umumnya diacu oleh rancangan basis data logis (baris 3), rancangan basis data fisik(baris 4) dan Pembuatan basis data (baris 5).

5 Continue……. Arsitektur Data 1.Membuat entitas data 2.Masing – masing entitas memiliki atribut dan relasi dengan entitas data. 3.Entitas  sebagai setiap orang, tempat, konsep, benda atau kejadian yang memiliki arti (informasi) dalam konteks bisnis dan dikaitkan dengan penyimpanan data. 4.Atribut  suatu karakteristik dari entitas yang menggambarkan entitas itu sendiri lebih jauh

6 Kandidat entitas merupakan entias yang akan menjadi bagian dari perencanaan arsitektur perusahaan, sehingga penentuannya dapat didasarkan pada kondisi fungsi bisnis utama pada value chain yang telah terdefinisi sebelumnya, dengan demikian maka entitas yang akan didefinisikan adalah entitas bisnis dan berdasarkan entitas. bisnis tersebut akan didefinisikan entitas data.

7 Daftar Entitas (Contoh perpustakaan) Entitas BisnisEntitas Data Penyediaan PerabotanCV Furniture Perabotan PendaftaranAnggota Staff PeminjamanAnggota Staff Buku Peminjaman

8 ERD ERD digunakan untuk menggambarkan hubungan dan ketergantungan antara entitas data

9 ERD Peminjaman

10

11

12 Matrik Proses vs Entitas Data Matrik proses vs entitas data merepresentasikan hubungan antara masing-masing fungsi bisnis terhadapa kebutuhan atau penggunaan data Hubungan tersebut dinyatakan dalam penggunaan data yang membuat (create), melakukan update dan/atau menggunakan (reference/use) Pola : – Bila membuat (create) biasanya termasuk melakukan update dan reference – Untuk update biasanya termasuk menggunakan (reference)

13 Entitas Data Perabotan CV Furniture Biaya Staf Prodi Buku Penerbit Pemesanan Pembayaran Anggota Proses 1. Penyediaan Perabotan Menentukan model CUR Menghubungi CV Furniture RCUR Negocosting harga RURCUR Pembayaran Uang Muka RRUR Pengiriman barang RR Pelunasan pembayaran RRUR 2. Penyediaan Buku Pembuatan form buku CUR Pengiriman Form Buku RCUR Pengisian form buku CUR pengembalian form buku RRR

14 Referensi Kridanto Surendro, Pengembangan Rencana Sistem Informasi, Penerbit : Informartika 2009 hal 166 – 180.


Download ppt "Pertemuan IX Pembangunan Arsitektur Data Sri Handayaningsih, S.T., M.T. Fradika Indrawan, S.T."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google