Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Reny Citra Nurani 09.41010.0257 RANCANG BANGUN VISUALISASI INFORMASI DATA-DATA AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM DASHBOARD DI STIKOM SURABAYA DI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Reny Citra Nurani 09.41010.0257 RANCANG BANGUN VISUALISASI INFORMASI DATA-DATA AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM DASHBOARD DI STIKOM SURABAYA DI."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Reny Citra Nurani RANCANG BANGUN VISUALISASI INFORMASI DATA-DATA AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM DASHBOARD DI STIKOM SURABAYA DI STIKOM SURABAYA

2 Latar Belakang Kumpulan Data Akademik User Sistem Informasi Akademik Dashboard Akademik Performa Akademik

3 Perumusan Masalah Bagaimana menampilkan informasi- informasi akademik kedalam sistem dashboard. Data- Data Akademik Dashboard Akademik  Bagaimana mengelola data-data akademik menjadi informasi yang bermanfaat dan akurat.

4 Batasan Masalah 1.Sistem Informasi Dashboard yang dibahas hanya masalah bidang akademik. 2.Data-data yang diolah meliputi: A.Data total mahasiswa baru B.Data total mahasiswa terdaftar C.Data total mahasiswa registrasi D.Data total mahasiswa tidak registrasi E.Data total mahasiswa aktif F.Data total mahasiswa cuti G.Data total mahasiswa keluar H.Data total mahasiswa TA

5 Batasan Masalah I.Data yudisium 1.Data total mahasiswa yudisium 2.Data rata-rata lama pengerjaan TA 3.Data rata-rata lama studi 4.Data total mahasiswa cumalude 5.Data rata-rata IPK lulusan J.Data produktifitas kelulusan matakuliah reguler K.Data produktifitas kelulusan praktikum reguler L.Data presensi mahasiswa dalam matakuliah reguler M.Data presensi mahasiswa dalam praktikum reguler N.Data kehadiran dosen di matakuliah reguler O.Data ketepatan penyerahan soal dan nilai UTS serta UAS

6 Batasan Masalah 4.Data-data yang diolah ditampilkan dalam 3 sudut pandang yaitu: A.Sudut pandang semester B.Sudut pandang prodi C.Sudut pandang angkatan 5.Perangkat lunak yang dibangun berbasiskan web. 6.Bahasa pemrograman yang dipakai adalah PHP Hypertext Preprocessor (PHP). 7.Oracle 10g sebagai database. 8.Pengamanan jaringan hanya sebatas pengamanan website yang meliputi pemberian hak akses dan security login. 9.Tidak meliputi proses perancangan dan pembangunan basis data yang diperlukan bagi implementasi dashboard.

7 Tujuan  Terciptanya sistem dashboard yang dapat menampilkan informasi- informasi akademik yang dibutuhkan. Data- Data Akademik Dashboard Akademik  Menyajikan data-data akademik menjadi sebuah informasi yang bermanfaat dan akurat.

8 Landasan Teori Pengertian Dashboard – Dashboard adalah sebuah tampilan visual dari informasi terpenting yang dibutuhkan untuk mencapai satu atau lebih tujuan, digabungkan dan diatur pada sebuah layar, menjadi informasi yang dibutuhkan dan dapat dilihat secara sekilas. (Few, 2006)

9 Landasan Teori Tujuan Penggunaan Dashboard 1.Mengkomunikasikan Strategi 2.Memonitor dan Menyesuaikan Pelaksanaan Strategi 3.Menyampaikan Wawasan dan Informasi ke semua pihak

10 Landasan Teori Karakteristik Dashboard menurut Malik (Hariyanti, 2008) : 1.Synergetic (mudah dipahami oleh pengguna) 2.Monitor (Menampilkan KPI) 3.Accurate (Informasi yang disajikan harus akurat) 4.Responsive (memberikan alert ) 5.Timely (Menampilkan informasi terkini) 6.Interactive (Pengguna dapat melakukan drill down ) 7.More Data History (Melihat tren sejarah) 8.Personallized (hak akses, dan batasan akses data) 9.Analytical (Fasilitas untuk melakukan analisis) 10.Collaborative (sarana komunikasi) 11.Trackapability (mengkustomisasi nilai)

11 Landasan Teori Jenis Dashboard menurut Ekerson dan Few (Hariyanti, 2008) : 1.Strategic Dashboard 2.Tactical Dashboard 3.Operational Dashboard


Download ppt "Oleh : Reny Citra Nurani 09.41010.0257 RANCANG BANGUN VISUALISASI INFORMASI DATA-DATA AKADEMIK DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM DASHBOARD DI STIKOM SURABAYA DI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google