Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Proses penerjemahan bahasa pemrograman (source code) menjadikan sebuah file atau berupa tampilan lain.  Bahwa program komputer dapat berada dalam 3.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Proses penerjemahan bahasa pemrograman (source code) menjadikan sebuah file atau berupa tampilan lain.  Bahwa program komputer dapat berada dalam 3."— Transcript presentasi:

1

2  Proses penerjemahan bahasa pemrograman (source code) menjadikan sebuah file atau berupa tampilan lain.  Bahwa program komputer dapat berada dalam 3 bentuk : 1. Source-code 2. Intermediate-code 3. Executable-code  Dua Tahap Translasi : 1. Translasi dari source-code ke intermediate-code 2. Translasi dari intermediate-code ke executable-code Ex : C/C++ 3. Translasi dari source-code ke executable-code  Proses translasi meliputi istilah : 1. Compiler 2. Interpreter 3. Linker

3  Tabulasi ketiganya dapat diringkas sebagai berikut : InputOutputOutput File Ada? CompilerSource-codeIntermediate- code Ya Lingker (yang tidak bersifat interpreter) Intermediate- code Executable- code Ya Interpreter (sebagai lingker saja) Intermediate- code Executable- code Tidak Interpreter (tidak sebagai linker saja) Source-codeExecutable- code Tidak

4  Suatu kalimat dalam bahasa alami beranalogikan dengan sebuah pernyataan (statement) di bahasa pemrograman.  Suatu kalimat di bahasa alami diakhiri dengan tandabaca. Sebuah statement di bahasa pemrograman juga diakhiri dengan tandabaca. Analogi bahasa alami vs bahasa pemrograman Bahasa AlamiBahasa Pemrograman Sebuah paragraf terdiri atas satu atau lebih kalimat. Sebuah blok terdiri atas satu atau lebih statement. Sebuah kalimat diakhiri oleh tandabaca. Sebuah statement diakhiri oleh tandabaca. Sebuah kalimat bisa terdiri atas kata benda abstrak, kata kerja, kata keadaan, dan kata benda nyata. Sebuah statement bisa terdiri atas tipe, operasi, nilai, dan objek.

5 Paragraf dan Blok Begin End. Ex : Blok di Pascal dimulai dengan tandabaca begin, diakhiri tandabaca end. Tandabaca titik (.)

6 Kalimat dan Statement Blok dengan kalimat : var j:integer; Begin j := 2; End. Ex : Blok yang berisi statement, seperti paragraf yang berisi kalimat.

7 Penulisan tandabaca ◦ Case-insensitive Tidak peka terhadap penulisan tandabaca ex : pascal ◦ Case-sensitive Peka terhadap penulisan tandabaca ex : c/c++

8 Type (tipe) Operation (operasi) Value (nilai) Object (objek) Keempat konsep dasar ini independent terhadap jenis pemrograman dan jenis bahasa pemrograman. Disingkat sebagai TONO(Tipe Operasi Nilai Objek)

9 Ex : var j:integer; begin j := 2; end; Ket : -Tipe  integer -Objek  j -Operasi  := -Nilai  2 Statement j:=2; dapat dibaca sebagai “Assign nilai 2 ke objek j”

10 1. Punctuation (Pungtuasi / Delimeter) Dipakai sebagai penanda awal (peng- awal/begin) dan penanda akhir (pengakhir/end) Ex pascal : - Pungtuasi untuk suatu blok : begin end; - Pungtuasi untuk blok berisi keterangan: {} atau (* *)

11 { Bagian ini merupakan komentar } (* Komentar bisa juga ditulis seperti ini *) begin {Pungtuasi untuk awal blok} end. {Pungtuasi untuk akhir blok}

12 2. Qualifier Dalam bahasa alami sering disebut sebagai modifier. yaitu mengubah makna (untuk keluar dari konteks yang implisit) Dalam bahasa pemrograman yaitu mengkualifikasi sesuatu agar keluar dari konteks yang implisit. Ex pascal : Menyediakan dua qualifier : const untuk konstanta, dan var untuk variabel. const k=9; var i:integer; Ex C/C++ : Memiliki qualifier hanya untuk konstanta, yakni qualifer const, C/C++ tidak memiliki qualifier untuk variabel const int k = 5; void main() { int j = 2; }

13 Bertahap ya…, kita lanjut minggu depan..,


Download ppt " Proses penerjemahan bahasa pemrograman (source code) menjadikan sebuah file atau berupa tampilan lain.  Bahwa program komputer dapat berada dalam 3."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google