Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Merancang Model Matematika berkaitan dengan Trigonometri, Aturan Sinus, dan Aturan Kosinus Pemakaian Perbandingan Trigonometri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Merancang Model Matematika berkaitan dengan Trigonometri, Aturan Sinus, dan Aturan Kosinus Pemakaian Perbandingan Trigonometri."— Transcript presentasi:

1

2 Merancang Model Matematika berkaitan dengan Trigonometri, Aturan Sinus, dan Aturan Kosinus Pemakaian Perbandingan Trigonometri

3 Langkah 1.Tetapkan besaran yang ada dalam masalah yang berkaitan 2.Rumuskan model Matematikanya 3.Tentukan penyelesaiannya 4.Berikan tafsiran terhadap hasil – hasil yang diperoleh

4 Contoh : 1.Sebuah tangga disandarkan pada suatu tembok vertikal, sudut yang dibentuk oleh tangga itu dengan lantai horizontal adalah jika jarak kaki tangga ke tembok tadi adalah 6 m. Hitunglah!! a.Panjang tangga itu b.Tinggi tembok dari ujung tangga ke lantai c.Misal sudut antara tangga dan lantai adalah x, tentukan nilai x.

5 Penyelesaian : 60 0 A C B 6 m Dik : jarak kaki tangga ke tembok 6 m sudut yang dibentuk oleh tangga itu dengan lantai horizontal 60 0 Dit : a. Panjang tangga itu b. Tinggi tembok dari ujung tangga ke lantai c. Misal sudut antara tangga dan lantai adalah x, tentukan nilai x. Sketsa gambar:

6 a. Menurut Perbandingan Kosinus A C B 6 m 60 0

7 c. Menurut Perbandingan Kosinus A C B 6 m x 12 m

8 b. Menurut Perbandingan Tangen A C B 6 m 60 0

9 Contoh 2: 1.Wahid, Deni, dan Andi sedang bermain di sebuah lapangan yang mendatar. Dalam situasi tertentu, posisi Wahid, Deni, dan Andi membentuk sebuah segitiga. Jarak Deni dari Wahid 10 m, Andi dari Wahid 15 m, dan jarak Andi dari Deni 12 m. Berapakah besar sudut yang dibentuk oleh Deni, Wahid dan Andi dalam posisi itu?

10 Penyelesaian : 2. Misal : Wahid = A Deni = B Andi = C AB C 10 m 12 m 15 m ? Sketsa Gambar

11 Jadi sudut yang dibentuk adalah 52,5 Aturan kosinus : 0

12 Latihan : 1.Sebuah tangga panjangnya 4 meter, bersandar pada sebuah dinding vertikal. Titik puncak tangga yang menempel di dinding berada pada ketinggian 3 meter dari permukaan tanah. Tentukan besar sudut yang dibentuk oleh tangga dengan permukaan tanah 2.Titik P dan titik Q terletak pada tepian sebuah sungai yang beralur lurus, jarak PQ=15 m. Titik R terletak pada tepian yang lain sehingga besar


Download ppt "Merancang Model Matematika berkaitan dengan Trigonometri, Aturan Sinus, dan Aturan Kosinus Pemakaian Perbandingan Trigonometri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google