Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh : Ratna Kurniasari, M.Psi. TAHAPAN INTERVENSI BAGI PENYANDANG AUTIS.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh : Ratna Kurniasari, M.Psi. TAHAPAN INTERVENSI BAGI PENYANDANG AUTIS."— Transcript presentasi:

1 Oleh : Ratna Kurniasari, M.Psi. TAHAPAN INTERVENSI BAGI PENYANDANG AUTIS

2 Proses Intervensi Anamnesis ObservasiDiagnosis Asesmen Terapi Terpadu

3 Tahapan terapi terpadu : V. Academic/skill IV. Pre-academic III. Sensori Integration II. Fungsional I. Biological

4 I.Biological : environmental factors, genetics factor, neuropsychological & neurochemical factor II. Fungsional :fungsi-fungsi kognitif dan non kognitif III. Sensory Integration (SI) : Pengaturan informasi dari lingkungan untuk digunakan dlm situasi yang sesuai. Kategori sensory adalah panca indra (mata, hidung, telinga, kulit, lidah) ditambah dengan 2 sistem sensorik lain yaitu vestibular (berkaitan dengan gaya gravitasi bumi, keseimbangan) dan proprioseptif (kerja otot dan sendi). Sedangkan integration adalah suatu proses yang berlangsung secara berkesinambungan yang meliputi proses penerimaan, penggabungan, dan penyesuaian informasi yang diperoleh,sehingga dapat menentukan reaksi yang sesuai dengan suatu situasi.

5 IV. Terapi Pra Akademik : a. Terapi Perilaku : ABA / Lovaas (sistem One on one) Complience (kepatuhan), prompting, shaping, chaining, DTT, & discrimination training. b. Terapi Wicara c. Computerised Pictograph for Communication (COMPIC) d.Pictured Exchange Communication System (PECS) e.Treatment Education of Autistic and Related Communication Handiccaped Children (TEACCH).

6 Proses Terapi ABA

7 Ruang untuk terapi kelompok Proses sosialisasi

8 Materi PECS

9 V. Terapi Keterampilan Akademik / Keterampilan Akademik a. Pendidikan Khusus (Special Education) pendidikan individual yang terstruktur sistemnya satu guru-satu anak Kelompok lebih besar (group). b.Integrated Play Group kebutuhan sosial-komunikasi dibantu oleh anak lain yang normal (expert players) untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

10 Tujuan Terapi : 1). Komunikasi 2 arah yang aktif tidak hanya pasif 2). Sosialisasi ke dalam lingkungan yang umum 3). Menghilangkan atau meminimalkan perilaku yang tidak wajar (sebelum usia 5 tahun) 4). Mengajarkan materi akademik 5). Kemampuan bantu diri.

11 Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan : Berat atau ringannya gangguan keterlambatan perkembangan Diagnosis dini sangat penting “Gold Period” Kecerdasan Terapi terpadu yang intensif (6 jam/hari selama ± 2 tahun) Program yang diatur sesuai kebutuhan anak Perhatian dan pola asuh orangtua.


Download ppt "Oleh : Ratna Kurniasari, M.Psi. TAHAPAN INTERVENSI BAGI PENYANDANG AUTIS."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google