Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Panduan Praktis & Sederhana Terapi Psikis / Mental Oleh : H. Rahmat Habsyi Spd.I Latar Belakang : ~ Mengamati berita TV bahwa hampir semua bantuan terfokuskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Panduan Praktis & Sederhana Terapi Psikis / Mental Oleh : H. Rahmat Habsyi Spd.I Latar Belakang : ~ Mengamati berita TV bahwa hampir semua bantuan terfokuskan."— Transcript presentasi:

1 Panduan Praktis & Sederhana Terapi Psikis / Mental Oleh : H. Rahmat Habsyi Spd.I Latar Belakang : ~ Mengamati berita TV bahwa hampir semua bantuan terfokuskan pada makanan & medis, sedangkan faktor psikis atau mental masih belum banyak yang melakukannya, maka Trainers Club Indonesia memutuskan untuk melengkapi sisi lainnya dari bantuan ke para korban gempa yakni sisi Psikis dan Mental. ~ Faktor Psikis dan Mental menjadi sangat penting, karena mana mungkin makanan terasa enak kalau hati kita sedang galau. Penyakit akan parfah, kalau kita melihatnya sebagai bencana. Namun, penyakit akan cepat sembuh kalau kita melihat bahwa rasa sakit adalah proses penyembuhan.

2 Kunci Melakukan Terapi NLP : Memiliki NIAT TULUS dari dalam lubuk hati untuk membantu saudara kita yang sedang tertimpa kemalangan tanpa mamandang Agama, Suku, Jenis kelamin dan Umur. Misal : Bau badan dan mulut pasien adalah sinyal untuk kita menganalisa apa yang sedang dia rasakan dan berguna untuk kita melakukan terapi bagian mana yang perlu diterapi. Memiliki ”ROSO” kemanusiaan yang rendah hati untuk melayani karena terapi yang akan kita lakukan, kuncinya sangat sederhana yakni ”DIWONGKE”

3 Tahapan Terapi Tahap awal yang paling pentimng adalah Pendekatan dengan penderita. Terapi hanya bisa dilakukan jika penderita sudah Percaya pada Niat Tulus kita. Catatan : Maaf sekali! Buanglah segera Niat Kotor (jika ada, lho) seperti misalnya Kritenisasi, Islamisasi, Budha-isasi atau apapun istilahnya. Niat ini hanya membuat bangsa kita semakin BODOH. Hanyalah orang BODOH yang mau pindah agama karena sebungkus mie kering merk Mie Sedap. Saya sangat percaya Allah-pun sedih jika umatnya beragama dengan cara BODOH seperti itu. Sebelum melakukan pendekatan: - Anda dalam posisi yang NOMIND atau KNOWING NOTHING STATE artinya tidak menilai, tidak mereka-reka, Anda hanya perlu empati ikut merasakan apa yang dirasakan pasien (sambung roso) Beberapa Ide Menjalin pendekatan :

4 - Diam dan tenang dengan lembut, lakukan kontak mata sampai pasien merasa nyaman dan tersenyum, lalu boleh lanjutkan dengan : - Menyentuh(menunjukkan kepedulian Anda) - Menganggukan kepala (yang bearti aku mengerti apa yang kamu alami) - Mengacungkan jempol (sebagai tanda Anda hebat) - Atau bekata dengan suara meyakinkan berupa kalimat positif (lakukan dengan tulus), misal : 1. ”Wah. Lukanya cepat sekali kering ya...’ (tunggu respon setuju) 2. ”Wajah Ibu sudah makin segar saja...” (Lihat respon wajah bersyukur) 3. ”Hebat nih kamu...” (tunggu respon setuju atau ”Oh ya” gembira) 4. ”Ini lho pak buat tenang...” sambil Anda mencontohkan mennggunakan Inhaler dan tunggu sampai dia juga melakukannya.

5 Tahap berikutnya adalah mencari alat bantu yang tepat untuk pasien tersebut guna menghasilkan rasa Tenang sebelum melakukan terapi, contoh : Tanyakan dulu ke pasien apa yang sedang dirasakan dan selalu arahkan jawabannya ke sisi positif dari kejadian yang dialami. Setelah itu, tanya ke Unconcious Mind Anda : ”Produk apa yang dibutuhkan pasien tersebut” dan dengan tersenyum Anda ambil produk yang dibutuhkan dan Anda sendiri melakukan demo langsung ke pasien tersebut sebagai kalibrasi (menguji) apakah dia bersedia dibantu, misalnya lihat contoh berikut:

6 Produk Teknik yang sering digunakan oleh penduduk (efek plasebo) 1.Minyak Tawon: Obat gosok (sambildiurut perlahan satu arah) bagian yang bengkak atau linu. 2.Minyak Kayu Putih: Obat gosok hangat untuk anak-anak atau orang tua. Teteskan minyak kayu putih ke dua belah tapak tangan Anda, gosok kedua telapak tangan Anda dengan cepat, setelah itu tempelkan ke bagian yang perlu untuk dihangatkan. Boleh juga untuk dihirup. 3.Minyak Angin: Obat gosok bagian tubuh yang terasa pegal- pegal seperti otot leher, boleh gunakan teknik seperti minyak kayu putih untuk dihirup. 4.Balsem: Sebagai obat gosok & kerokan karena masuk angin yang menimbulkan efek nyaman dan perasaan ”enteng”. 5.Inhaler: Untuk dihisap melalui hidung yang menimbilkan efek tenang.

7 6. Salonpas: Ditempelkan ke dua pelipis jika pasien merasa pusing atau di otot leher jika merasa tegang atau punggung yang terasa pegel, bahkan digunakan untuk obat sakit gigi. 7. Tasbeh/Rosario: Untuk menenangkan diri (break pattern) apapun kalimat yang diucapkan, baik sekali jika dilakukan sambil bernafas berikut: Tarik nafas pendek saja Buang nafas sepanjang mungkin, saat nafas keluar minta pasien bayangkan penyakitnya menjauh (sirna). 8. Virgin Cocomut Oil: Baik sekali untuk membantu meringankan gatal-gatal atau luka yang terbuka sebagai obat gosok. 9. Rokok: Khusus untuk pasien yang ”Blur” atau ”Hang” atau pandangannya kosong, tawarkan hanya 1-2 batang rokok, lihat responnya, bantu nyalakan rokoknya, sama-sama hisap rokoknya. Saat hembuskan rokok, berikan kalimat sugestinya : biarlah semua rasa sedih, kecewa, marfah dsb menjauh, menjauh dan menjauh...

8 10. Boneka: Untuk membuat anak-anak kembali tersenyum, lalu ajak main untuk hilangkantrfaumanya dengan cara : ”Ayo, letakkan semua ketakutanmu ke telapak tanganku” Lakukan satu persatu & tunggu sampai semua selesai. Beberpapa ide menjauhkan beban tersebut sampai hilang Anda lempar beban yang telah diletakkan ditangan Anda tersebut sejauh mungkin... Setelah itu amati perubahan bahasa tubuhnya sampai menjadi senang, lalu tanya lagi apa yang dia rasakan jika mengingat kembali bencana yang dialami. Kalau dia bilang hilang, artinya terapi berhasil. 3. Tahap Akhir adalah memberikan Kalimat Sugesti Penyembuhan yang pas : a. Lakukan setelah pasien merasa nyaman dengan tahap 2 b. Lakukan sambil pasien tetap melakukan kegiatan tahap 2

9 c. Berikan kalimat Sugesti Penyembuhan & amati sinyal SETUJU dari pasien akan kalimat tersebut, misal : - Sakit itu artinya proses penyembuhan sedang terjadi - Obat buatan manusia terbatas, obat buatan Allah pasti menyambuhkan - Rasakan proses penyembuhan sedang terjadi pada kaki kiri Anda - Semakin aku tidur nyenyak, semakin aku cepat sembuh - Aku semakin sehat, aku semakin sehat - Aku semakin segar, aku semakin segar - Syukuri dan ambil hikmah positif dari kejadian ini - Gunakan kalimat lain yang Anda rasa pas seperti falsafah Jawa... paling baik jika menggunakan bahasa Jawa & lebih baik lagi jika Anda menguasai doa-doa bahasa Jawa yang seringa digunakan penduduk setempat.

10


Download ppt "Panduan Praktis & Sederhana Terapi Psikis / Mental Oleh : H. Rahmat Habsyi Spd.I Latar Belakang : ~ Mengamati berita TV bahwa hampir semua bantuan terfokuskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google