Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ibaragi Noriko Watashi Ga Ichiban Kirei Datta Toki  Baca Puisinya, arti kata sudah dicari tahu  Baca dan artikan bait per bait  Muatan bait per bait.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ibaragi Noriko Watashi Ga Ichiban Kirei Datta Toki  Baca Puisinya, arti kata sudah dicari tahu  Baca dan artikan bait per bait  Muatan bait per bait."— Transcript presentasi:

1

2 Ibaragi Noriko Watashi Ga Ichiban Kirei Datta Toki  Baca Puisinya, arti kata sudah dicari tahu  Baca dan artikan bait per bait  Muatan bait per bait Ba

3 Bait keIsi BaitPoin 1Saat si aku lagi cantik-cantiknya, kota-kota di sekelilingnya justru runtuh dan terbakar, bahkan bisa melihat langit biru itu saja sungguh keajaiban (langit terlihat dari tempat yang tak bisa dipercaya) Gambaran kota pasca perang, reruntuhan, gemertak, langit biru 2Saat si aku cantik-cantiknya, orang-orang di sekelilingku mati, entah itu kelelahan bekerja di pabrik, atau mati di pertempuran di laut, atau di pulau-pulau tak bernama Karena banyak yang mati, banyak kedukaan, meski si aku tengah cantik-cantiknya, ia tak sempat berpakaian yang indah selayaknya para gadis Gambaran masyarakat Jepang dari sudut pandang si gadis (perempuan) 3Saat si aku cantik-cantiknya, tidak ada pria yang mendekatinya, semua terlalu sibuk berperang, dan para pria hanya tahu kemiliteran saja (doktrin berlebihan) Para pria itu semua pergi ke medan perang meninggalkan tatapan yang indah, berbinar(semangat perang, janji muluk dr pemerintah) Gambaran pemuda Jepang zaman perang

4 Bait keIsi BaitPoin 4Saat si aku cantik-cantiknya, tapi kepalanya kosong (ia tak bisa berpikir tentang apapun), hatinya kaku (tak lagi bisa merasakan apapun) Hanya kaki dan tangannya bersinar dalam warna buah chestnut (tidak ada alas kaki, terlalu banyak bekerja, mandi adalah hal yg mewah) Perasaan & pengalaman si gadis terhadap perang 5Saat si aku cantik-cantiknya, negerinya kalah perang dan ia merasa bodoh (tertipu) karena selama ini orang mengagung-agungkan bahwa mereka akan menang, sembari berpikir seperti itu ia jalan dengan bersedekap (angkuh) padahal kota yang ditempatinya sudah tak memiliki harga diri lagi, karena sudah dikalahkan Gambaran kekalahan perang Jepang 6Saat si aku cantik-cantiknya, karena kalah perang, negeri itu diduduki oleh hal-hal asing spt music jazz, dan ia menikmatinya sekaligus merasa bersalah, karena menikmati dan mendambakan music yang indah dari negeri asing (yang menjajahnya itu), menimbulkan kepusingan sperti ketika melanggar peraturan merokok. Amerikanisasi

5 Bait keIsi BaitPoin 7Saat si aku cantik-cantiknya, justru si aku ini merasakan sangat tidak bahagia, merasa semuanya serba absurd dan Ia sangat kesepian. Perasaan & pengalaman si gadis terhadap kondisi pasca perang 8Oleh karena itu aku berpikir untuk hidup lama, menebus kesedihannya itu di hari tuanya, seperti georges Rouault ( ,pelukis ekspresionir Prancis), lukisan terkenalnya Old King Positivisme

6 Objek Wajib militer Gambaran Jepang postwar Gambaran masyarakat Jpg postwar Perang dari sudut pdg perempuan Pengalaman postwar dr perempuan

7  Puisi ini bisa dikaji dari sisi sosiologi yaitu cerminan masyarakat Jepang masa pasca perang  Juga bisa dikaji dari sisi historis, wajib militer di kalangan para pemuda, perang itu sendiri  Juga bisa dikaji dari kajian gender (war and gender), bagaimana perang mempengaruhi perempuan  Kritik sastra feminis, bagaimana perempuan bicara ttg perang (notabene dunia laki-laki)

8 Tentang Pengarang  Ibaragi Noriko lahir di Osaka, 12 Juni Ayahnya dokter dan memiliki klinik di Aichi. Ia masuk sekolah farmasi kerajaan tahun tahun 1945, pada usia 19, ia bekerja di pabrik penyuplai obat-obatan bagi angkatan laut, ia mendengar pengumuman bahwa Jepang kalah perang.Tahun berikutnya ia lulus sekolah dan banyak menulis cerita anak. Tahun 1949 menikah dengan Miura Yasunobu, seorang dokter. Tahun 1953, bersama Kawasaki Hiroshi, mereka menebritkan jurnal puisi Kai (oars/dayung)

9  Ia lahir ketika rezim berganti, karena ia adalah pelajar yang dimobilisasi di masa perang, ia memiliki pengalaman tahun-tahun akhir perang (baik sebagai seorang perempuan muda juga sebagai pelajar), ia juga menjadi satu-satunya perempuan di kelompok penyair muda bersama Tanikawa Shuntaro dan ia mempelopori puisi kontemporer di paska perang.  Puisi ini sendiri merekonstruksi sisi feminin yang sudah lama menderita akibat perang, mengakui kerusakan dan kebusukan di masa tersebut sekaligus menikmatinya. Juga tentang kehilangan kesempatan menikmati masa muda dan cinta akibat ideologi negara yang memaksa pria muda di sekelilingnya pergi berperang, meninggalkan dirinya dalam kepala kosong, perasaan absurd, dan kesepian.

10

11 Bait keIsi BaitPoin 1Kesederhanaan, cara budha, vegetarian, tidak egois (tdk memasukkan perasaan sendiri ke semua hal), sensitive dan tidak melupakan. Budhisme, kekuatan diri (zen) 2Kesederhanaan lagi, tempat tinggalKesederhanaan 3Kebaikan hati, di semua tempat, utk semua orang, anak sakit, ibu tani kelelahan, orang sekarat (krn penyakit, kelapaan), pertengakaran & pendakwaan (mayoritas iwate miskin), ia ingin membantu. Ia menangis ketika musim kering, bencana kelaparan. Kebaikan hati 4Ia kerap didiskriminasi (orang Iwate khususnya sering mendapat diskriminasi, sbg org desa/miskin/bodoh), tidak pernah dipuji, bahkan dng sperti itu tidak ada yang kasihan padanya. Meski begitu, ia tidak akan mengeluh dan tegar. Ia ingin menjadi orang seperti itu. Kesabaran/ketegaran

12 Modernist in the Mountain – Miyazawa Kenji  Miyazawa Kenji ( ); terkenal sebagai penyair Jepang, penulis sastra anak, pendeta budha, vegetarian dan aktivis sosial.  Beberapa karyanya yang terkenal ; chuumon no ooi ryouri ten (cerpen), haru to ashura (kumpulan puisi), ginga tetsudo no yoru (cerita anak yang juga dibuat versi animenya)  Untuk puisi beberapa yang terkenal adalah ame ni mo makezu, haru to ashura (mental sketch modified), annelida tanzerin dll.  Ciri khas karya Kenji adalah “melewati batas” ( 故郷を越える ). Permainan kata-kata, bentuk, dan konsep-konsep Budha.

13 Tentang Pengarang  Kenji adalah anak pertama dari seorang pemilik rumah gadai dan penjual baju bekas. Ia bersekolah di sekolah tinggi kehutanan dan pertanian Morioka, dimana hal itu adalah upaya pemerintah Iwate menstabilkan kondisi agraris Iwate. Kenji belajar pemupukan, produksi pertanian, produksi, meteorologi, kimia, ilmu tanah, lalu aljabar dan bahasa Inggris.

14

15  Ia juga mengajar di sekolah selama 4 tahun. Saat itu ia menerbitkan buku puisi Haru to shura (spring dan asura), April 1924 ia menerbitkan buku cerita anak chuumon no ooi ryouri ten. Ia kemudian berhenti mengajar dan menjadi petani. Agustus 1928, ia sempat terkena demam tinggi yang merupakan gejala TBC.

16  Yang membuat Kenji terkenal adalah karena ia “man of science” sekaligus relijius secara bersamaan, seperti di Ame ni Mo Makezu, ia menulis tentang bencana kekeringan di Iwate yang tak tertolong, tapi ia sendiri tidak merasa putus asa karena ia sudah menyerahkan dirinya pada Budha.  Kenji sendiri sangat memuja alam. Ia sangat terinspirasi dari semesta secara keseluruhan dan topografi Jepang yang sangat beragam, termasuk tempat tinggalnya yaitu Iwate. DI saat yang sama ia tertekan oleh penderitaan para petani yang memiliki tanah kurang bagus, disisi lain ia ingin membantu tapi tak bisa berbuat banyak.

17 Ame ni Mo makezu (strong in the rain) Ame ni Makezu adalah ekspresi harapan untuk menolong petani miskin, sementara ia sendiri sadar bahwa ia tidak mampu. Doa untuk memperkuat diri sendiri, namun di dalamnya tersirat altruism (empati). Hari-hari Kenji diwarnai kegagalan panen dan musim yang ganas. Namun karena kebaikannya bagi orang-orang di sekelilingnya ia kerap dipanggil “aint” atau “an agricultural saint” Puisi Ame ni Mo Makezu ini sendiri adalah puisi terbaik Kenji. Kenji adalah seorang penganut Budha, ia mengikuti aliran Budha Kokuchukai (The Pillar of the nation society) yang didirikan oleh Tanaka Chigaku. Tanaka Chigaku yang mempromoikan semboyan Hakko Ichiu “seluruh negara di bawah 1 atap” slogan ini diadaptasi oleh militer dan dijadikan alasan untuk perang dunia II. Kenji sendiri meninggal di tahun 1933, sebelum ekspansi militer menggiring Jepang ke kejatuhan.

18  Kenji justru menganggap dirinya adalah bukan sebagai manusia yang penuh kerendahan hati tapi sebagai asura (ashura)- dewa jahat yang kerap bertengkar dan menimbulkan perang di antara dea-dewi surga. Seperti ditulisnya dalam puisi Haru To shura how bitter, how blue is the anger! At the bottom of the light in April’s atmospheric strata, spitting, gnashing, pacing back and forth, I am Asura incarnate  Dalam imajinasinya ia bukan orang yang tidak ingin menonjolkan dirinya melainkan ia adalah seorang iblis yang terus berkelahi dengan benda-benda di sekelilingnya. Miyzawa kenji juga adalah seorang vegetarian.

19 Haru to Shura The phenomenon called I Is a blue illumination Of the hypothesized, alternating current lamp (a compound of all transparant ghost) A blue illumination of karmic alternating current lamp, which flicker busily, busily, with landscape, with everyone, yet remains lit such assuredness ( the light persist, the lamp lost) わたくしといふ現象は 仮定 ( かてい ) された有機交流電燈 ( ゆう こうりゅうでんとう ) の ひとつの青 ( あお ) い照明 ( しょうめい ) で す (あらゆる透明 ( とうめい ) な幽霊 ( ゆう れい ) の複合体 ( ふくごうたい ) ) 風景 ( ふうけい ) やみんなといつしよに せはしくせはしく明滅 ( めいめつ ) しな がら いかにもたしかにともりつづける 因果交流電燈 ( いんがこうりゅうでんと う ) の ひとつの青 ( あお ) い照明 ( しょうめい ) で す ひかりはたもち、その電燈は失はれ)

20 PUISI KENJI DAN TSUNAMI JEPANG  Puisi Kenji Miyazawa ini populer lagi setelah gempa 3/11. Puisi ini menjadi penyemangat para pengungsi dan korban gempa, apalagi ada kesamaan mereka sama-sama berasal dari daerah Iwate.  Seorang kepala sekolah membacakan puisi tersebut untuk muridnya, dan menasehati “dalam kesusahan, aku ingin kalian tetap menguatkan pikiran kalian dengan menggenggam puisi ini di hati kalian”

21  Murid lain berkata, Kenji adalah orang hebat dari Iwate. Seperti Kenji, ia ingin menjadi orang hebat dan menahan dirinya dari hal-hal berbau egois di masa sulit.  Pengungsi lain mengatakan puisi ini menggugah hati, dan mengandung ide- ide penting seperti kekuatan pikiran dan membantu sesama.


Download ppt "Ibaragi Noriko Watashi Ga Ichiban Kirei Datta Toki  Baca Puisinya, arti kata sudah dicari tahu  Baca dan artikan bait per bait  Muatan bait per bait."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google