Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HANA SAPUTRI, 1201405040 Ekploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengamen di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HANA SAPUTRI, 1201405040 Ekploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengamen di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang."— Transcript presentasi:

1 HANA SAPUTRI, Ekploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengamen di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : HANA SAPUTRI - NIM : PRODI : Pendidikan Luar Sekolah - JURUSAN : Pendidikan Luar Sekolah - FAKULTAS : Ilmu Pendidikan - hamuchu_cute pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dr. Fakhurddin, M.Pd - PEMBIMBING 2 : Sungkowo Edy Mulyono,S.Pd, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul Ekploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengamen di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang

4 Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah eksploitasi anak jalanan sebagai pengamen di kawasan Simpang Lima kota Semarang, sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui eksploitasi anak jalanan sebagai pengamen di kawasan Simpang Lima kota Semarang dan mengetahui perilaku anak jalanan serta faktor-faktor yang mendorong eksploitasi anak jalanan sebagai pengamen di kawasan Simpang Lima kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan menanyakan secara langsung kepada subjek penelitian dengan pedoman wawancara dan dokumentasi dengan mengambil data dari Badan Pusat Statistik (BPS) kota Semarang dan Dinas Sosial kota Semarang yang berkenaan dengan masalah penelitian. Observasi yang dilakukan dengan cara mengamati dan mencatat keadaan yang berkenan dengan subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (a) perilaku anak jalanan sebagai pengamen di kawasan simpang lima kota Semarang, yaitu memiliki komunitas dan melakukan kegiatan ekonomi, seperti berjualan asongan, berjualan koran. Anak jalanan di Simpang Lima kota Semarang memiliki karakteristik,seperti mewarnai rambut, bertato, bertindik dan gaya komunikasi (bahasa) yang di gunakan cukup kasar. Anak jalanan juga ada yang masih sekolah dan mempunyai prestasi baik di sekolah ;(b) bentuk ekploitasi yang dialami anak jalanan pengamen di kawasan simpang lima kota Semarang adalah eksploitasi ekonomi. Keluarga menyuruh anak- anaknya turun kejalanan untuk membantu memenuhi keuangan keluarga dengan cara mengamen; dan (c) faktor penyebab anak jalanan yang menjadi pengamen di kawasan Simpang Lima kota Semarang, meliputi eksploitasi ekonomi, faktor lingkungan, teman sebaya, ketidakserasian dalam keluarga, adanya kekerasan atau perlakuan salah dari orang tua terhadap anaknya dan kesulitan hidup. Saran yang dapat di berikan dalam penelitian ini adalah bagi pemerintah kota Semarang: perlu kerjasama pemerintah dan lembaga swadaya masyarakat melakukan penanganan anak jalanan dengan memberikan penyuluhan, pelatihan dan keterampilan yang bisa digunakan untuk mencari uang. Bagi orang tua: sebaiknya tidak mengeksploitasi anak untuk mengamen atau bekerja terlalu lama di jalanan dan memperhatikan perkembangan yang menjadi sosial anak serta perkembangan pendidikannya..

5 Kata Kunci Eksploitasi, Anak Jalanan Pengamen

6 Referensi Ahmadi, Abu Kehidupan Keluarga miskin Pada Masyarakat Nelayan. Jakarta: Grafindo persada. Ali, Mohammad, dkk Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press. Budisantoso Study Pembinaan Anak Jalanan. Semarang: Unnes Press. Depsos Data Anak Jalanan Kota Semarang. Semarang: Departement Sosial. Firmansyah, dkk sekolah alternative berbasis life skill sebagai sarana penelitian bagi anak jalanan. Yogyakarta: UNY. Hadius, Usman, dkk pekerja anak di Indonesia (Kondisi determinan eksploitasi kajian eksploitatif). Jakarta: Gramedia. Hurlock, Elissabeth, Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga. Juwartini, Wahyu Profil Anak Jalanan. Skripsi: Unnes Press. Muhsin, Kalida Perfektif Anak Jalanan. Jakarta: Erlangga. Moleong Lexy Metode Penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Nawawi, Haradi Tekhnik Pengumpulan Data. Jakarta: Gramedia. Nuansa.119/th XIX /2007. Kehidupan Anak-Anak Tersisihkan. Semarang: Gramedia. Pujiono dan Sugeng Priyanto Kesejahteraan anak di kota semarang (tinjauan hukum dan implementasi). Semarang: Erlangga. Raharjo, Tri joko Model pembelajaran kesetaraan SLTP bagi kaum gelandangan. Semarang: UNNES Press. Rahayu Peran keluarga miskin dalam pendidikan anak. Semarang: Unnes Press. Twikromo, Y Argo gelandangan. Yogyakarta/suatu kehidupan dalam bingkai tatanan sosial. Budaya resmi. Yogyakarta: Universitas Admajaya. Undang-undang No.23 tentang Perlindungan anak tahun Yulianti, Yayuk, dkk Sosiologi Pedesaan. Yogyakarta: UGM Press. diunduh tanggal 12/3/ diunduh tanggal 1/1/ Diunduh Diunduh tanggal 21/01/2010 Diunduh tanggal 19/2/ Diunduh tanggal 19/02/2010 Diunduh tanggal 19/02/ /06/ diunduh tanggal 28/09/ diunduh tanggal 09/08/2010.

7 Terima Kasih


Download ppt "HANA SAPUTRI, 1201405040 Ekploitasi Anak Jalanan Sebagai Pengamen di Kawasan Simpang Lima Kota Semarang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google