Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Masmardi sebelas-1 Tujuan: Siswa dapat memahami isi dari hasil wawancara dan dapat memberikan tanggapan atas gagasan yang terdapat di dalamnya dengan menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Masmardi sebelas-1 Tujuan: Siswa dapat memahami isi dari hasil wawancara dan dapat memberikan tanggapan atas gagasan yang terdapat di dalamnya dengan menggunakan."— Transcript presentasi:

1 masmardi sebelas-1 Tujuan: Siswa dapat memahami isi dari hasil wawancara dan dapat memberikan tanggapan atas gagasan yang terdapat di dalamnya dengan menggunakan kalimat yang tepat. hasil wawancara- kls XI smt Menjelaskan hasil wawancara tentang tanggapan narasumber terhadap topik tertentu

2 hasil wawancara- kls XI smt 1 2 Wawancara Wawancara: tanya jawab dng seseorang (pejabat dsb) yg diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal, untuk dimuat dl surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pd layar televisi Wawancara (bahasa Inggris: interview) merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara. Tujuan dari wawancara adalah untuk mendapatkan informasi di mana pewawancara mengajukan pertanyaan-pertanyaan untuk dijawab oleh orang yang diwawancarai.

3 hasil wawancara- kls XI smt 1 3 Wawancara Sukses tidaknya wawancara selain ditentukan oleh sikap wartawan juga ditentukan oleh perilaku, penampilan, dan sikap wartawan. Sikap yang baik biasanya mengundang simpatik dan akan membuat suasana wawancara akan berlangsung akrab alias komunikatif. Wawancara yang komunikatif dan hidup ikut ditentukan oleh penguasaan permasalahan dan informasi seputar materi topik pembicaraan baik oleh nara sumber maupun wartawan.

4 hasil wawancara- kls XI smt 1 4 Kalimat langsung: kalimat yang digunakan dlm komunikasi/ tuturan langsung. Kalimat langsung ditandai dengan tanda petik. Biasanya kalimat langsung berupa kalimat tanya atau kalimat seru/ perintah. Dalam wacana, kalimat langsung acapkali digunakan bersanding dengan kalimat taklangsung. (1) "Di mana rumahmu?” (2) Ghozi menayakan alamat rumah kepada Faiza. Perhatikan dua contoh kalimat di atas. Kalimat (1) merupakan kalimat langsung, sedangkan kalimat (2) merupakan kalimat taklangsung. Kalimat langsung & tak langsung

5 hasil wawancara- kls XI smt 1 5 Kalimat langsung & tak langsung Kalimat langsung memiliki kelebihan, yakni lebih sederhana dan singkat. Namun, kalimat langsung harus didukung oleh konteks pembicaraan. Jika kalimat (1) di atas disampaikan tanpa didukung konteksnya, kita akan kebingungan untuk menentkan maksud kalimat tersebut. Kalimat taklangsung memang tidak sesederhana kalimat langsung. Namun, kalimat taklangsung masih dapat dipahami maksudnya meskipun tidak didukung oleh konteks pembicaraan.

6 hasil wawancara- kls XI smt 1 6 Kalimat tanggapan/ komentar Komentar (tanggapan): ulasan mengenai suatu berita/ informasi dengan tujuan menyampaikan atau menjelaskan pendapat. Hal yang harus diperhatikan dalam penyampaian komentar: a.Menggunakan pilihan kata dan intonasi yang santun b.Fokus komentar tidak meyimpang dari permasalahan yang dibahas c.Tidak bertujuan merendahkan atau melecehkan seseorang

7 hasil wawancara- kls XI smt Bacalah hasil wawancara tentang tanggapan atas topik tertentu! 2.Sampaikan hasil wawancara dari teks yang telah dibaca 3.Berikan tanggapan atas laporan hasil wawancara Latihan


Download ppt "Masmardi sebelas-1 Tujuan: Siswa dapat memahami isi dari hasil wawancara dan dapat memberikan tanggapan atas gagasan yang terdapat di dalamnya dengan menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google