Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk) Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk) Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)"— Transcript presentasi:

1

2

3 Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)

4 Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)

5 Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)

6 Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)

7 Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)

8 Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)

9 Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)

10 Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)

11 Definisi

12

13

14 Fungsi Lembaga Keuangan

15

16 Sistem Keuangan

17

18 Fungsi Sistem Keuangan Sistem keuangan merupakan salah satu unsur yang paling penting dari setiap perekonomian suatu negara. Sistem ekonomi modern tidak dapat berfungsi tanpa sistem keuangan. Fungsi sistem keuangan antara lain sebagai berikut: 1.Menyediakan mekanisme pembayaran Sistem keuangan menyediakan suatu mekanisme pembayaran dalam bentuk uang, rekening koran, dan instrumen transaksi lain. 2. Menyediakan kredit Sistem keuangan menyediakan pembiayaan untuk mendukung pembelian barang, jasa dan untuk membiayai investasi 3. Penciptaan uang Penciptaan uang oleh sistem keuangan mungkin dilakukan melalui penyediaan kredit dan mekanisme pembayaran. Penciptaan uang yang dimaksud adalah semua bentuk uang yang dapat digunakan sebagai alat penukaran (medium of exchange) 4. Saranan tabungan Memberikan sarana penyimpanan dana dalam berbagai bentuk jenis simpanan Fungsi Sistem Keuangan Sistem keuangan merupakan salah satu unsur yang paling penting dari setiap perekonomian suatu negara. Sistem ekonomi modern tidak dapat berfungsi tanpa sistem keuangan. Fungsi sistem keuangan antara lain sebagai berikut: 1.Menyediakan mekanisme pembayaran Sistem keuangan menyediakan suatu mekanisme pembayaran dalam bentuk uang, rekening koran, dan instrumen transaksi lain. 2. Menyediakan kredit Sistem keuangan menyediakan pembiayaan untuk mendukung pembelian barang, jasa dan untuk membiayai investasi 3. Penciptaan uang Penciptaan uang oleh sistem keuangan mungkin dilakukan melalui penyediaan kredit dan mekanisme pembayaran. Penciptaan uang yang dimaksud adalah semua bentuk uang yang dapat digunakan sebagai alat penukaran (medium of exchange) 4. Saranan tabungan Memberikan sarana penyimpanan dana dalam berbagai bentuk jenis simpanan

19

20

21 Metode Pengalihan Dana dalam Sistem Keuangan

22

23

24 Lembaga Intermediasi Keuangan Intermediasi keuangan adalah proses pembelian surplus dana dari unit ekonomi, yaitu sektor usaha, lembaga pemerintah, dan individu (rumah tangga) untuk tujuan penyediaan dana bagi unit ekonomi lain. Intermediasi keuangan merupakan kegiatan pengalihan dana dari unit ekonomi surplus ke unit ekonomi defisit. Intermediasi keuangan adalah proses pembelian surplus dana dari unit ekonomi, yaitu sektor usaha, lembaga pemerintah, dan individu (rumah tangga) untuk tujuan penyediaan dana bagi unit ekonomi lain. Intermediasi keuangan merupakan kegiatan pengalihan dana dari unit ekonomi surplus ke unit ekonomi defisit.

25 Bentuk Lembaga Intermediasi Keuangan

26 Peran Lembaga Keuangan Sebagai Lembaga Intermediasi

27 Sistem Keuangan di Indonesia

28


Download ppt "Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk) Definisi (Prof.Dr.H. Veithzal Rivai, dkk)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google