Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Konsep Dasar Internet itu sendiri berasal dari kata interconnection networking yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Konsep Dasar Internet itu sendiri berasal dari kata interconnection networking yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe."— Transcript presentasi:

1

2 Konsep Dasar Internet itu sendiri berasal dari kata interconnection networking yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, salelit, dan lainnya. proses penyampaian informasi dengan menggunakan media internet. Internet mempermudah pekerjaan jurnalistik, sebab jurnalistik dapat dapat dilakukan melalui PC atau komputer. sebuah proses pengumpulan data, berdasarkan riset lapangan, wawancara, dan studi literatur, yang disusun dan disajikan dalam bentuk reportase, menggunakan media digital, dalam jaringan internet.

3 Karakteristik Jurnalistik media online Immediacy ; Kesegaran atau kecepatan penyampaian informasi Multiple Pagination ; Bisa berupa ratusan page (halaman), terkait satu sama lain, juga bisa dibuka tersendiri (new tab/new window) Multimedia ; Menyajikan gabungan teks, gambar, audio, video, dan grafis sekaligus. Flexibility Delivery Platform ; Wartawan bisa menulis berita kapan saja dan di mana saja, di atas tempat tidur sekalipun. Archieving ; Terarsipkan, dapat dikelompokkan berdasarkan kategori (rubrik) atau kunci (keyword, tags), juga tersimpan lama yang dapat diakses kapanpun. Relationship with reader ; Kontak atau interaksi dengan pembaca dapat “langsung” saat itu juga melalui kolom komentar dan lain-lain.

4 Karakteristik Jurnalistik media online Sifatnya yang real time. Berita, kisah-kisah, peristiwa bisa langsung dipublikasikan pada saat keadian sedang berlangsung. Sifat ini boleh dikatakan sama dengan media elektonik lainnya seperti televise, radio, telegrap dan lainnya. Dari sisi penerbit, mekanisme publikasi real time itu lebih leluasa tanpa dikerangkengi oleh periodesasi maupun jadual penerbitan atau siaran, kapan saja dan dimana saja selama dia terhubung ke jaringan internet maka penerbit mampu mempublikasikan berita, peristiwa, kisah saat itu juga. Inilah yang memungkinkan para pengguna mendapatkan informasi mengenai perkembangan sebuah peristiwa dengan lebih sering dan terbaru Menyertakan unsur-unsur multimedia adalah karakteristik lain, dengan lain perkataan melalui jurnalisme model ini membuat penyajian bentuk dan isi publikasi lebih kaya daripada model konvensional

5 Karakteristik Jurnalistik media online Bersifat interaktif. Dengan memanfaatkan hyperlink yang terdapat pada web, karya jurnalisme online dapat menyajikan informasi yang terhubung dengan sumber-sumber lain. Ini berarti pengguna dapat menikmati informasi secara efisien dan efektif namun tetap terjaga dan didorong untuk mendapatkan pendalaman dan titik pandang yang lebih luas bahkan sama sekali berbeda. Tidak membutuhkan organisasi resmi berikut legal formalnya sebagai lembaga pers, bahkan dalam konteks tertentu organisasi tersebut dapat dihilangkan. Tidak membutuhkan penyunting/redaktur seperti yang dimiliki surat kabar konvensional, sehingga tidak ada orang yang mampu membantu masyarakat dalam menentukan informasi mana yang masuk akal atu tidak. Tidak ada biaya berlangganan kecuali langganan dalam mengakses internet sehingga komunikan atau audiens memiliki kebebasan dalam memilih informasi yang diinginkan. Relatif lebih terdokumentasi Karen tersimpan dalam jaringan digital

6 Keunggulan Jurnalistik Online Audience Control ; memungkinkan audience lebih leluasa dalam memilih berita yang ingin didapatkannya Nonlienarity ; memungkinkan setiap berita yang disampaikan dapat berdiri sendiri sehingga audience tidak harus membaca secara berurutan untuk memahami. Storage and retrieval : memungkinkan berita tersimpan dan diakses kembali dengan mudah oleh audience Unlimited Space ; memungkinkan jumlah berita yang disampaikan kepada audience lebih lengkap daripada media lainnya Immediacy ; memungkinkan informasi dapat disampaikan secara cepat dan langsung kepada audience Multimedia Capability ; memungkinkan bagi tim redaksi untuk menyertakan teks, suara, gambar, video dan komponen lainnya di dalam berita yang akan diterima oleh audience Interactivity ; memungkinkan peningkatan partisipasi audience dalam setiap berita.

7 Jenis Pengelola Jurnalistik Online News organisation website: situs lembaga pers atau penyiaran Commercial organization website: situs lembaga bisnis atau perusahaan Website pemerintahan Website kelompok kepentingan (interest group) Personal website (personal blog)

8 Jabatan dan tugas dalam Jurnalistik Online Produser : memimpin peliputan harian dan mengawasi proses pembuatan sebuah berita dari awal sampai akhir. Produser senior: mengarahkan isi website, menjaganya agar tetap mengalir dan memanfaatkan berbagai potensi staf yang beragam. Profil penulis (Writer Profile): menyederhanakan berbagai infromasi. Associate Producer: mengumpulkan seluruh elemen multimedia untuk menghasilkan berita yang real. Perancang Multimedia: menciptakan grafis yang menarik untuk website CNN. Editor Video: memasukkan setiap video action dalam berita. Editor Web: menambahkan berbagai teks tag (HTML) ke dalam berita. Asisten Editor: menjadi filler-inner pada tiap terjaidnya a hole pos up. Editor naskah: memperbaiki dan membetulkan naskah. Webmaster: petugas yang paling akhir yang memungkinkan berita keluar dari server. Coordinator Online: memastikn perspektif telah mewakili pada sebuah berita. Kepala editor (Editor in Chief): menjaga keseluruhan kerja sehari-hari.

9 Bentuk Produk Jurnalistik Online Portal berita. Portal berita di internet dapat dikatakan sebagai gudang informasi. Disana kita dapat memperoleh berbagai macam informasi terkini. Lewat portal berita kita akan mendapatkan berita terupdate yang terjadi. Kelebihan ini karena wartawan dapat melakukan posting dari tempat meliput tanpa harus menyerahkan ke meja redaksi Weblog (blog). Web blog atau biasa disebut blog, adalah website yang dikelola oleh individu dengan materi-materi aktual seputar gagasan, komentar, deskripsi kegiatan, atau materi lain seperti gambar, video yang di-update secara berkala. Melalui blog inilah citizen jurnalism berkembang.


Download ppt "Konsep Dasar Internet itu sendiri berasal dari kata interconnection networking yang berarti hubungan dari banyak jaringan komputer dengan berbagai tipe."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google