Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengaturan Traffic dan Bandwidth pada jaringan Oleh : Angelica Nulinggasari 02 XI Teknik Komputer Jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengaturan Traffic dan Bandwidth pada jaringan Oleh : Angelica Nulinggasari 02 XI Teknik Komputer Jaringan."— Transcript presentasi:

1 Pengaturan Traffic dan Bandwidth pada jaringan Oleh : Angelica Nulinggasari 02 XI Teknik Komputer Jaringan

2 Pembelajaran 1 Penjelasan Traffic dan Bandwith Management Penjelasan Traffic dan Bandwith Management Fungsi & Macam Software yang dipakai untuk pengaturan traffic dan bandwith Fungsi & Macam Software yang dipakai untuk pengaturan traffic dan bandwith

3 Penjelasan Traffic and Bandwith Management Bandwidth Management (Traffic Control/Shaping) adalah suatu istilah yang ditujukan pada suatu subsistem antrian packet dalam/pada suatu jaringan atau network devices. Secara singkat traffic control/shaping adalah suatu usaha mengontrol traffic jaringan sehingga bandwidth lebih optimal dan performa network lebih terjamin.

4 Bandwidth manajemen merupakan cara pengaturan bandwidth supaya terjadi pemerataan pemakaian bandwidth. Cara melakukan pengaturan bandwith :  Dari Proxy  Dengan Qos / Traffick Shapping : HTB (Hierarchy Token Bucket, CBQ (Class Based Queue)

5 Teknik manajemen bandwidth merupakan suatu teknik yang digunakan untuk mengatur pembagian alokasi bandwidth internet. Teknik manajemen bandwidth sendiri mempunyai beberapa teknik antrian seperti CBQ (Class Based Queue) dan HTB (Hierarchycal Tocken Bucket).

6 Teknik antrian manajemen bandwidth CBQ (Class Based Queue) Class Based Queuing dapat menerapkan pembagian kelas dan men-share link bandwidtdh melalui struktur kelas-kelas secara hirarki. Setiap kelas memiliki antriannya masing- masing dan diberikan jatah bandwidth-nya. CBQ bekerja sebagai berikut: classifier akan mengarahkan paket-paket yang datang kekelas- kelas yang bersesuaian.

7 HTB (Hierarchy Token Bucket) HTB diklaim menawarkan kemudahan pemakaian dengan teknik peminjaman dan implementasi pembagian trafik yang lebih akurat. Pada HTB terdapat parameter ceil sehingga kelas akan selalu mendapatkan bandwidth diantara base link dan nilai ceil link nya. Parameter ini dapat dianggap sebagai Estimator kedua, sehingga setiap kelas dapat meminjam bandwidth selama bandwidth total yang diperoleh memiliki nilai di bawah nilai ceil.

8 Software yang dipakai untuk pengaturan traffic dan bandwith Netlimiter Netlimiter adalah software traffic control atau bandwidth management dan monitoring bandwidth untuk komputer bersistem windows, software ini sama dengan DU Controller yang umum para admin warnet pakai untuk topologi peer to peer dimana tidak ada server yang betugas untuk mengadministrasi secara terpusat keperluan bandwidth.

9 Kelebihan dan Kekurangan Software NetLimiter  Kelebihan : 1.Interface yang mudah di pahami, 2.Bekerja di belakang layar tanpa di ketahui oleh klien, 3.Pengaturan yang lengkap untuk membagi bandwidth internet, LAN, bahkan akses system CPU.  Kekurangan : 1.Harus install di setiap komputer klien, 2.NetLimiter sifatnya shareware 28 hari. 3.Pengendalian Traffic kurang leluasa dan fungsi- fungsinya kalah dengan Mikrotik

10 Software u/ Windows SoftPerfect Bandwidth Manager Dapat digunakan untuk menentukan batas bandwidth untuk setiap pengguna internet. Fitur-fiturnya:  Konfigurasi terpusat dari lokasi jaringan tunggal  Fleksibel, diprioritaskan untuk menentukan kecepatan data maksimum dan tunjangan penggunaan  Aturan untuk IP dan MAC Address, protokol dan port (TCP/IP) dan antarmuka jaringan  Kuota, jadwal, pemberitahuan dan laporan penggunaan yang komprehensif

11 Installasi SoftPerfect Bandwidth Manager 1.Installasi di Komputer User Setelah seleasai mendownload dan mengekstrak file. Kita akan mendapati 2 buah file Klik ganda bmwsetup.exe Klik next sampai pada tahap restart. Lalu restart komputer

12

13 2. Installasi di Komputer Server Tahapan installnya sama, yang membedakan hanya pada

14 Software Lainnya Crysnet Bandwidth Manager Antamedia Bandwidth Manager Bandwidth Controller Standard Bandwidth Controller Enterprise CCProxy MING Network Monitor MING Network Monitor Home Network Magic XdN NetSet NetSpeed Bandwidth Tweaker Bwlvleter WebScout

15 Software Linux WebHtb Tools Net Meter Bmon BWM Iperf Ifstat IbMonitor

16 WebHtb WebHTB (Web Hierarchy Token Bucket) adalah sebuah aplikasi berbasis web bersifat open source yang digunakan untuk melakukan manajemen bandwidth guna mendukung QoS (Quality of Service) yang baik. Aplikasi ini dapat memberikan batasan bandwidth pada masing-masing klien. Penggunaan WebHTB berdasarkan rules pada kartu jaringan server, jadi semua lalu lintas data yang melewati kartu jaringan akan segera disaring oleh aplikasi WebHTB.

17 Sumber Informasi DTH%20MANAJEMENT%20MENGGUNAKAN%20METODE%20HTB.pdf softwaresolution.informer.com/Bandwidth-Manager/ manajemen-bandwidth-di-ubuntu-server-10-10/

18 SEKIAN & TERIMA KASIH


Download ppt "Pengaturan Traffic dan Bandwidth pada jaringan Oleh : Angelica Nulinggasari 02 XI Teknik Komputer Jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google