Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pertemuan 9 BUDAYA, SUBBUDAYA DAN KELAS SOSIAL. BUDAYA “Budaya adalah seperangkat pola perilaku yang secara sosial dialirkan secara simbolis melalui bahasa.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pertemuan 9 BUDAYA, SUBBUDAYA DAN KELAS SOSIAL. BUDAYA “Budaya adalah seperangkat pola perilaku yang secara sosial dialirkan secara simbolis melalui bahasa."— Transcript presentasi:

1 Pertemuan 9 BUDAYA, SUBBUDAYA DAN KELAS SOSIAL

2 BUDAYA “Budaya adalah seperangkat pola perilaku yang secara sosial dialirkan secara simbolis melalui bahasa dan cara-cara lain pada anggota dari masyarakat tertentu (Wallendorf & Reilly dalam Mowen: 1995)".

3 Aspek-Aspek Budaya 1. Ekologi 2. Struktur sosial 3. Ideologi

4 Mitos Mitos merupakan cerita yang berisi elemen simbolis yang mengekspresikan emosi dan cita-cita budaya Cerita-cerita berupa konflik antara dua kekuatan besar Berfungsi sebagai pembimbing moral untuk anggota masyakat Misalnya kebaikan berlawanan dengan setan dan kejahatan, alami berlawanan dengan teknologi/kimiawi dan lain-lain.

5 Ritual Kebudayaan Mowen (1995) mendefinisikan ritual budaya sebagai urutan-urutan tindakan yang terstandardisasi yang secara periodik diulang, memberikan arti, dan meliputi penggunaan simbol-simbol budaya. Ritual mempunyai beberapa kegunaan yang secara umum mempunyai Ritual menggambarkan prosedur budaya yang harus dilakukan oleh sekelompok masyarakat agar bisa memenuhi tuntutan budayanya Misalnya produk berlian bisa diposisikan sebagai produk untuk hadiah perkawinan anak.

6 Simbol-Simbol Kebudayaan Simbol sebagai representasi budaya yang sangat sering dilakukan oleh sekelompok masyarakat. Apa yang dipakai dan dikonsumsi oleh seseorang akan mencerminkan budayanya. Contoh: Bendera warna kuning yang ditaruh di tepi jalan atau depan rumah, simbol bahwa ada warga yang meninggal.

7 SUBBUDAYA Merupakan budaya yang ada di dalam suatu masyarakat yang bisa dibagi lagi ke dalam beberapa bagian yang lebih kecil Tumbuh dari adanya kelompok- kelompok di dalam suatu masyarakat. Pengelompokan berdasarkan usia, jenis kelamin, lokasi tinggal, pekerjaan dan sebagainya.

8 KELAS SOSIAL Kelas sosial adalah pelapisan sosial yang terjadi pada masyarakat karena dalam suatu masyarakat ada sesuatu yang dianggap bernilai.

9 Variabel yang membentuk kelas sosial 1. Ekonomi : Pekerjaan, Pendapatan, dan Kekayaan 2. Interaksi: Prestis pribadi, Asosiasi, Sosialisasi 3. Politik: Kekuasaan, Kesadaran kelas, dan Mobilitas /suksesi.

10 Kelompok Kelas Sosial Kelas atas Kelas menengah Kelas bawah


Download ppt "Pertemuan 9 BUDAYA, SUBBUDAYA DAN KELAS SOSIAL. BUDAYA “Budaya adalah seperangkat pola perilaku yang secara sosial dialirkan secara simbolis melalui bahasa."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google