Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer ATIT PERTIWI,SKOM.,MMSI Staffsite.gunadarma.ac.id/atit PERTEMUAN - 2.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer ATIT PERTIWI,SKOM.,MMSI Staffsite.gunadarma.ac.id/atit PERTEMUAN - 2."— Transcript presentasi:

1 Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer ATIT PERTIWI,SKOM.,MMSI Staffsite.gunadarma.ac.id/atit PERTEMUAN - 2

2 Grafika Komputer merupakan proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut; merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek tersebut di alam nyata (realism). 2

3 Grafika Komputer Bertujuan menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dsb. Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality. 3

4 Grafika Komputer 4

5 Apa itu Realisme? Realisme di dalam seni rupa: usaha menampilkan subyek dalam suatu karya sebagaimana tampil dalam kehidupan sehari- hari tanpa tambahan interpretasi tertentu 5

6 Apa itu Realisme pada Komputer Grafik? Berusaha mendekati “Photorealism” yaitu; secara akurat menampilkan hasil seperti aslinya. Penekanannya bagaimana memodelkan secara akurat dari segi geometri dan sifat-sifat refleksi cahaya. 6

7 CONTOH GRAFIKA KOMPUTER 7

8 Kategori Realisme Komputer Pemodelan geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D. Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk. Behavior: tingkah laku objek yang bergantung pada nilai yang berubah seiring waktu (salah satu konsep dalam reaktif pemrograman fungsional) Interaction: semacam tindakan yang terjadi pada dua atau lebih objek yang memiliki efek terhadap satu sama lain 8

9 Teknik-teknik Realisme: Texture-maps: memetakan sebuah gambar ke permukaan geometri untuk membuat permukaan yang detail Environment-maps: memetakan refleksi lingkungan sekitar sebagai testur yang dipetakan ke sebuah objek geometri. Bumps-maps: menciptakan ilusi tekstur yang tidak rata dengan mengkalkulasikan ketinggian suatu wilayah. Normal-maps: dikenal sebagai dengan Dot3 Bump-mapping’ teknin ini bekerja dengan cara yang sama dengan bump-map. Shadow-maps: membuat tekstur bayangan dengan mengambil siluet objek jika dilihat dari sumber cahaya.Teknik dalam Geometri 9

10 Pemodelan Geometris Transformasi dari suatu konsep (atau suatu benda nyata) ke suatu model geometris yang bisa ditampilkan pada suatu komputer : – Shape / bentuk – Posisi – Orientasi (cara pandang) – Surface Properties / Ciri-ciri Permukaan (warna, tekstur) – Volumetric Properties / Ciri-ciri volumetric (ketebalan / pejal, penyebaran cahaya) – Lights / cahaya (tingkat terang, jenis warna) – Dan lain-lain 10

11 Pemodelan Geometris Pemodelan Geometris yang lebih rumit : – Jala-Jala segi banyak: suatu koleksi yang besar dari segi bersudut banyak, dihubungkan satu sama lain. – Bentuk permukaan bebas: menggunakan fungsi polynomial tingkat rendah. – CSG: membangun suatu bentuk dengan menerapkan operasi boolean pada bentuk yang primitif. 11

12 Elemen-elemen pemodelan Geometri 12

13 Techniques—Geometry (1/4) 13

14 Techniques—Geometry (2/4) 14

15 Techniques—Geometry (3/4) 15

16 Techniques—Geometry (4/4) 16

17 Techniques—Rendering (2/9) 17

18 Techniques—Rendering (3/9) 18

19 19 Techniques—Rendering (4/9)

20 20 Techniques—Rendering (5/9)

21 21 Techniques—Rendering (6/9)

22 22 Techniques—Rendering (7/9)

23 23 Techniques—Rendering (8/9)

24 24 Techniques—Rendering (9/9)

25 Image-Based Rendering (1/2) 25

26 Image-Based Rendering (2/2) 26

27 Temporal Aliasing (1/2) 27

28 Temporal Aliasing (2/2) 28

29 Techniques—Behavior (1/4) 29

30 Techniques—Behavior (2/4) 30

31 Techniques—Behavior (3/4) 31

32 Techniques—Behavior (4/4) 32

33 Real-time Interaction (1/6) 33

34 Real-time Interaction (2/6) 34

35 Real-time Interaction (3/6) 35

36 Real-time Interaction (4/6) 36

37 Real-time Interaction (5/6) 37

38 Real-time Interaction (6/6) 38

39 Non-Photorealistic rendering (1/2) 39

40 Non-Photorealistic rendering (2/2) 40


Download ppt "Pengantar dan Konsep Realisme Grafik Komputer ATIT PERTIWI,SKOM.,MMSI Staffsite.gunadarma.ac.id/atit PERTEMUAN - 2."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google