Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PURWA ADHI PRABAWANTO, 6301405064 SIGNIFIKANSI HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI, TINGGI BADAN DAN KEKUATAN OTOT PERUT DENGAN KETEPATAN BOLA DALAM JUMPING SERVICE.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PURWA ADHI PRABAWANTO, 6301405064 SIGNIFIKANSI HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI, TINGGI BADAN DAN KEKUATAN OTOT PERUT DENGAN KETEPATAN BOLA DALAM JUMPING SERVICE."— Transcript presentasi:

1 PURWA ADHI PRABAWANTO, SIGNIFIKANSI HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI, TINGGI BADAN DAN KEKUATAN OTOT PERUT DENGAN KETEPATAN BOLA DALAM JUMPING SERVICE PADA MAHASISWA ILMU KEPELATIHAN KHUSUS (IKK) BOLA VOLI PKLO- FIK-UNNES TH 2009

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : PURWA ADHI PRABAWANTO - NIM : PRODI : Pendidikan Kepelatihan Olahraga - JURUSAN : Ilmu Kepelatihan Olah Raga - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - item_173M pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Nasuka, M.Kes. - PEMBIMBING 2 : Hadi, S.Pd, M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul SIGNIFIKANSI HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI, TINGGI BADAN DAN KEKUATAN OTOT PERUT DENGAN KETEPATAN BOLA DALAM JUMPING SERVICE PADA MAHASISWA ILMU KEPELATIHAN KHUSUS (IKK) BOLA VOLI PKLO-FIK-UNNES TH 2009

4 Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : 1) Apakah ada signifikansi hubungan power otot tungkai dengan ketepatan bola dalam jumping service? 2) Apakah ada signifikansi hubungan tinggi badan dengan ketepatan bola dalam jumping service? 3) Apakah ada signifikansi hubu ngan kekuatan otot perut dengan ketepatan bola dalam jumping service? 4) Apakah ada signifikansi hubungan power otot tungkai, tinggi badan, dan kekuatan otot perut dengan ketepatan bola dalam jumping service? Tujuan Penelitian ini ingin mengetahui : 1) Signifikansi hubungan power otot tungkai dengan ketepatan bola dalam jumping service? 2) Signifikansi hubungan tinggi badan dengan ketepatan bola dalam jumping service? 3) Signifikansi hubungan kekuatan otot perut dengan ketepatan bola dalam jumping service? 4) Signifikansi hubungan power otot tungkai, tinggi badan, dan kekuatan otot perut dengan ketepatan bola dalam jumping service? Penelitian ini menggunakan metode survey, populasinya adalah mahasiswa putra ilmu kepelatihan khusus bola voli PKLO-FIK-UNNES, berjumlah 24 orang, semua populasi dijadikan sampel. Metode pengolahan data menggunakan Statistik Deskriptif, dan uji Hipotesis dengan uji regresi sederhana dan regresi ganda. Sebelum uji Hipotesis dilakukan uji persyaratan analisis yang meliputi uji normalitas data statistik nonparametrik menggunakan Kolmogorof-Smirnof, untuk uji homogenitas menggunakan Chi Square, uji linieritas garis regresi dan uji keberartian model garis regresi dengan uji t dan uji F. Data diolah dengan menggunakan sistem komputerisasi SPSS versi 10. Hasil penelitian ini adalah : 1) Ada signifikansi hubungan antara power otot tungkai dengan hasil Jumping Service diperoleh nilai F hitung sebesar dan nilai signifikansi sebesar < 0.05 kesimpulannya ada signifikansi hubungan. 2) Ada signifikansi hubungan tinggi badan dengan hasil Jumping Service diperoleh nilai F hitung sebesar dan nilai signifikansi sebesar < 0.05 maka kesimpulannya ada signifikansi hubungan. 3) Dari hasil perhitungan hubungan kekuatan otot perut dengan hasil Jumping Service diperoleh nilai F hitung sebesar dan nilai signifikansi sebesar < 0.05 maka kesimpulannya ialah ada signifikansi hubungan. 4) Ada signifikansi hubungan dari ketiga variabel yang ada dengan hasil Jumping Service diperoleh nilai F hitung sebesar > dan nilai signifikansi sebesar < 0.05 kesimpulannya ada signifikansi hubungan. Saran : 1) Perlu ada perhatian terhadap ketiga variabel tersebut. Tinggi badan adalah faktor bawaan, tetapi power otot tungkai dan kekuatan otot perut dapat dilatih. 2) Bagi peneliti yang ingin meneliti tentang faktor kondisi fisik yang berperan terhadap jumping service disarankan untuk menggunakan sampel pemain profesional sehingga sudah dapat menguasai teknik jumping service.

5 Kata Kunci

6 Referensi Agus Margono Permainan Besar Bola Voli, Jakarta : Depdikbud, Balai Pustaka. A.Kamiso Ilmu Kepelatihan Dasar, Semarang : IKIP Semarang. Ballesteros,JM Pedoman Latihan Dasar Atletik, Jakarta : Terjemahan PASI. Depdikbud Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka , 1997 Tes Kesegaran Jasmani Indonesia untuk Mahasiswa Dan Taruna, Jakarta : Pusat Kesegaran jasmani dan Rekreasi , 1989 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Depdiknas, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka EM. Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja.2000 Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka Brittenham, Greg Panduan Lengkap Latihan Khusus Pemantapan Bola Basket, Jakarta : Universitas Indonesia Hassan Shadily dan John M. Echols, 1975, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta : PT Gramedia Hay G James, The Biomechanics of Sport Techniques. New Jersey Prenitice, Hall Inc. Engle Wood Cliffs Jansen, Schultz dan Bangerter Applied Kinesiology and Biomechanics. New York : Mc. Graw Hill Book Company Ketut Natera Tes Pengukuran. Semarang : FPOK – IKIP Semarang M. Maryanto Teknik Dasar Permainan Bola Voli, Jakarta : Depdikbud. M. Sajoto, Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Dhara Prise , 1995 Peningkatan dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik dalam Olahraga. Semarang: Dhara Prise. M. Yunus Olahraga Pilihan Bola Voli, Jakarta : Depdikbud Nurhasan, Tes dan Pengukuran dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta : Direktorat Jenderal Olahraga Pearce, Evelyn Anatomi dan Fisiologi Paramedis. Jakarta: PT Gramedia Poerwodarminta, WJS Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: P.N Balai Pustaka. R. Soekarman1987: Dasar Olahraga untuk Pembina Pelatih dan Astlet, Surabaya : Unair. Raven Atlas Anatomi. Terjemahan Ramli, A, dan Hendra T. Laksman, Jakarta : Djambatan. Singgih Santoso, 2005 Statistik Parametrik, Jakarta : PT Elex Media Komputindo Sudarminto, 1992 Biomekanika Olahraga, Surakarta : Universitas Sebelas Maret Suharno H.P, 1984 Dasar-Dasar Permainan Bola Volley, Yogyakarta : IKIP Negeri Yogyakarta. Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. Soejoko, Hendromartono, Olahraga Pilihan Renang. Jakarta : Depdikbud Proyek Pembinaan Tenaga Kependidikan. Sunardi, Permainan Besar Bola Voli, Jakarta : Depdikbud, Balai Pustaka. Sutrisno Hadi, 1987 Metode Reseach I. Yogyakarta: Andi Offset , 1990, Metode Reseach I. Yogyakarta: Andi Offset Syahri Alhusin, Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS 10 for Windows. Yogyakarta : Graha Ilmu Syaifudin, 1992 Anatomi Fisiologi Untuk Siswa Perawat. Jakarta : Penerbit Buku Kedokteran. Thomson, Clem, W. Oh.D,F.A.C.S.M, 1981, Manual of Structural Kinesiology, London : The C.V. Mosby Company.

7 Terima Kasih


Download ppt "PURWA ADHI PRABAWANTO, 6301405064 SIGNIFIKANSI HUBUNGAN POWER OTOT TUNGKAI, TINGGI BADAN DAN KEKUATAN OTOT PERUT DENGAN KETEPATAN BOLA DALAM JUMPING SERVICE."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google