Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SITI LITA FAUZIYAH, 4150405014 APLIKASI PERSAMAAN DIFERENSIAL PADA MASALAH KONSENTRASI ZAT GULA DALAM PRODUKSI SIRUP (Studi Kasus: Produk Nalla Semarang)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SITI LITA FAUZIYAH, 4150405014 APLIKASI PERSAMAAN DIFERENSIAL PADA MASALAH KONSENTRASI ZAT GULA DALAM PRODUKSI SIRUP (Studi Kasus: Produk Nalla Semarang)"— Transcript presentasi:

1 SITI LITA FAUZIYAH, APLIKASI PERSAMAAN DIFERENSIAL PADA MASALAH KONSENTRASI ZAT GULA DALAM PRODUKSI SIRUP (Studi Kasus: Produk Nalla Semarang)

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : SITI LITA FAUZIYAH - NIM : PRODI : Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - afa_ pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Dr. ST. Budi Waluya, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs. Supriyono, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul APLIKASI PERSAMAAN DIFERENSIAL PADA MASALAH KONSENTRASI ZAT GULA DALAM PRODUKSI SIRUP (Studi Kasus: Produk Nalla Semarang)

4 Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah formula (model persamaan diferensial) yang menyatakan jumlah zat gula dalam campuran base sirup Nalla sebagai suatu fungsi dari waktu t, yang jumlahnya akan berubah secara teratur pada pergeseran jumlah zat gula yang terjadi dalam percampuran base sirup Nalla?, bagaimanakah solusi dari formula pada masalah konsentrasi zat gula dalam campuran? Dan bagaimanakah aplikasi program maple dalam menyelesaikan dan menggambarkan formula pada masalah konsentrasi gula dalam campuran?”. Hasil yang diperoleh bahwa produk Nalla tidak pernah mengalami pergeseran kadar gula dalam proses produksi base sirupnya, karena penjagaan proses produksi yang ketat dan penggunaan ukuran tunggal. Sehingga dalam penelitian ini digunakan metode wawancara dan observasi untuk menggambarkan apabila terjadi pergeseran kadar gula dalam proses percampuran base sirup dengan menggunakan data simulasi, yang dirumuskan melalui pembuatan asumsi dengan melakukan penghampiran dan pengidealan yang didasarkan pada pengamatan. Kesimpulan bahwa dari lima kasus yang diambil, diperoleh model matematika diferensialnya adalah persamaan diferensial orde satu linear. Yaitu,,,, dan. Solusi formula untuk masing-masing kasus 1 dan 5 dapat diselesaikan dengan faktor integral dan bentuk homogen, sedangkan untuk kasus 2, 3 dan 4 dapat diselesaikan dengan metode peubah terpisah, dan membutuhkan teknik pengintgralan khusus untuk bentuk. Masing-masing kasus memanfaatkan masalah nilai awal (MNA). Aplikasi program maple untuk kasus pertama adalah diperoleh plot solusi laju jumlah zat gula naik menuju tak hingga untuk nilai t yang semakin besar, untuk kasus kedua diperoleh plot solusi jumlah campuran base sirup naik menuju angka 776,28, untuk kasus ketiga diperoleh plot solusi jumlah zat gula semakin menurun menuju nol (habis) untuk nilai t yang semakin besar, kasus keempat diperoleh plot solusi jumlah gula naik menuju gram untuk nilai t yang semakin besar, dan untuk kasus kelima diperoleh plot solusi jumlah gula semakin naik menuju tak hingga untuk nilai t yang semakin besar.

5 Kata Kunci zat gula, percampuran, konsentrasi.

6 Referensi Anonim Sirup jeruk. Tersedia di: [15 Februari 2009]. Anshory, I Acuan Pelajaran Kimia SMU Untuk Kelas 1. Jakarta: Erlangga. Arikunto, S Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Yogyakarta: Rineka Cipta. Chotim, M Kalkulus 2. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA UNNES. Dawkins, P Differential Equation (Math 3301). Tersedia di [5 September 2009]. Fachruddin, L Membuat Aneka Sari Buah. Yogyakarta: Kanisius. Finan, M.B. 2006, MATH 2924: Calcus II, 70. First Order Differential Equation Models: Mixing Problems and Motion of Falling Body with Air Resistance. Arkansas: Arkansas Tech University. Finizio, N Persamaan Diferensial Biasa Dengan Penerapan Modern edisi kedua. Jakarta: Erlangga. Grant, E.L Pengendalian Mutu Statistik Edisi keenam Jilid 1. Jakarta: Erlangga. Green, L Courses 204. tersedia di [5 September 2009]. Haryoto. Sirup Asam Yogyakarta: Kanisius. Kartono Maple Untuk Persamaan Diferensial. Yogyakarta: Graha Ilmu. Kusumah, Y. S Persamaan Diferensial. Jakarta: Depdikbud. Neswan. O Catatan Kuliah MA1223 Kalkulus Elementer II.Bandung: Departemen Matematika-ITB. Tersedia di: pdf [9 Februari 2009] Padron, V Lecture Files. Tersedia di [5 September 2009] Purba, M kimia 2000 untuk SMU kelas satu. Jakarta: Erlangga. Rahmawati, L Solusi Periodik Persamaan Diferensial Non Linear Tipe Rayleigh. (Skripsi Jurusan Matematika Universitas Negeri Semarang). Santosa, W Persamaan Diferensial Biasa. Bandung: Matematika ITB. Suprapti, M.L Aneka Olahan Pepaya Mentah Dan Mengkal. Yogyakarta: Kanisius. Supriyono Persamaan Diferensial. Semarang: Universitas Negeri Semarang. Waluya, S. B Persamaan Diferensial. Yogyakarta: Graha Ilmu. Wikipedia Larutan. Tersedia di: [9 Maret 2008]

7 Terima Kasih


Download ppt "SITI LITA FAUZIYAH, 4150405014 APLIKASI PERSAMAAN DIFERENSIAL PADA MASALAH KONSENTRASI ZAT GULA DALAM PRODUKSI SIRUP (Studi Kasus: Produk Nalla Semarang)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google