Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27."— Transcript presentasi:

1 1 RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27

2 2 ARSITEKTUR APLIKASI MENENTUKAN TEKNOLOGI YANG AKAN DIGUNAKAN UNTUK MENGIMPLEMENTASIKAN SATU ATAU LEBIH (BISA JADI SEMUA) SISTEM INFORMASI. ARSITEKTUR APLIKASI BERFUNGSI SEBAGAI OUTLINE UNTUK DESAIN, KONSTRUKSI, DAN IMPLEMENTASI.

3 3 ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI MENDEFINISIKAN TEKNOLOGI-TEKNOLOGI YG DIGUNAKAN OLEH SATU, LEBIH ATAU SEMUA SISTEM INFORMASI. ADA EMPAT KATEGORI ARSITEKTUR TEKNOLOGI: -JARINGAN -DATA -ANTARMUKA -PROSES

4 4 JARINGAN SISTEM TERDISTRIBUSI: SISTEM DI MANA KOMPONEN-KOMPONEN PADA SEBUAH SISTEM INFORMASI DIDISTRIBUSIKAN KE BERBAGAI LOKASI PADA SEBUAH JARINGAN KOMPUTER. DENGAN DEMIKIAN BEBAN KERJA PEMROSESAN YG DIPERLUKAN UNTUK MENDUKUNG KOMPONEN-KOMPONEN TERSEBUT JUGA DIDISTRIBUSIKAN KE BERBAGAI KOMPUTER PADA JARINGAN.

5 5

6 6 SISTEM TERSENTRALISASI SEBUAH KOMPUTER PUSAT MULTIUSER (UMUMNYA SEBUAH MAINFRAME) MENG- HOST SEMUA KOMPONEN SEBUAH SISTEM INFORMASI. PARA PENGGUNA BERINTERAKSI DENGAN KOMPUTER HOST INI MELALUI TERMINAL-TERMINAL (PC), TETAPI SECARA VIRTUAL SEMUA PEMROSESAN DAN KERJA AKTUAL DILAKUKAN DI KOMPUTER HOST.

7 7

8 8 LOCAL AREA NETWORK (LAN) SEKUMPULAN KOMPUTER KLIEN YANG TERKONEKSI PADA JARAK YANG RELATIF PENDEK PADA SATU ATAU LEBIH SERVER. CONTOH:

9 9

10 10 ARSITEKTUR DATA TEKNOLOGI MENDASAR PADA KLIEN / SERVER DAN KOMPUTASI JARINGAN MEMUNGKINKAN DILAKUKANNYA DISTRIBUSI DATA TANPA KEHILANGAN KONTROL. KONTROL INI DIPENUHI MELALUI KEMAJUAN PADA TEKNOLOGI DATABASE RELASIONAL TERDISTRIBUSI. CONTOH,

11 11 CONTOH 1.ORACLE DARI PERUSAHAAN ORACLE 2.SQL SERVER DARI MICROSOFT 3.SYBASE DARI PERUSAHAAN SYBASE.

12 12 ARSITEKTUR ANTARMUKA INPUT, OUTPUT, DAN MIDDLEWARE INPUT ONLINE DAN OUTPUT ONLINE, MAYORITAS SISTEM SECARA PERLAHAN- LAHAN DITINGKATKAN DARI PEMROSESAN BATCH KE PEMROSESAN ONLINE. SAAT INI SEBAGIAN BESAR SISTEM DIDESAIN UNTUK PEMROSESAN ONLINE. MIDDLEWARE: PERANGKAT LUNAK UTILITY YANG MEMUNGKINKAN KOMUNIKASI ANTARA PROSESOR YANG BERBEDA-BEDA.

13 13 CONTOH: 1. PRESENTATION MIDDLEWARE, MEMPERBOLEHKAN SEORANG PROGRAMER UNTUK MEMBANGUN KOMPONEN-KOMPONEN ANTARMUKA PENGGUNA YANG DAPAT BERBICARA MELALUI WEB BROWSER ATAU SEBUAH DESKTOP GUI. CONTOH, HTTP MEMPERBOLEHKAN PROGRAMER UNTUK BERKOMUNIKASI DENGAN SEBUAH WEB BROWSER MELALUI SEBUAH APPLICATION PROGRAMMER INTERFACE (API) STANDAR.

14 14 2. APPLICATION MIDDLEWARE, MEMAMPUKAN DUA PROSES YANG DITULIS PROGRAMER PADA PROSESOR YANG BERBEDA UNTUK BERKOMUNIKASI SATU DENGAN YANG LAIN. CONTOH REMOTE PROCEDURE CALLS (RPC) 3. DATABASE MIDDLEWARE, MEMPERBOLEHKAN SEORANG PROGRAMMER MELEWATI PERINTAH- PERINTAH SQL KE MESIN DATABASE UNTUK PEMROSESAN MELALUI SEBUAH API STANDAR. CONTOH, SQL, ORACLE

15 15 ARSITEKTUR PROSES SEBUAH APLIKASI DIDEFINISIKAN PADA KONTEKS BAHASA PERANGKAT LUNAK DAN ALAT-ALAT YANG AKAN DIGUNAKAN UNTUK MENGEMBANGKAN LOGIKA BISNIS DAN PROGRAM-PROGRAM APLIKASI PADA PROSES TESEBUT. SOFTWARE DEVELOPMENT ENVIRONMENT (SDE): SEBUAH BAHASA DAN SEPERANGKAT ALAT UNTUK MENGEMBANGKAN APLIKASI- APLIKASI. CONTOH :

16 16 1.SEBUAH EDITOR DAN KOMPILER, COBOL 2.SEBUAH MONITOR TRANSAKSI, CICS 3.SEBUAH SISTEM MANAJEMEN FILE, VSAM 4.UNTUK PAGE CONTENT INTERNET, HTML

17 17 END OF SLIDE


Download ppt "1 RANCANGAN ARSITEKTUR TEKNOLOGI INFORMASI Materi Pertemuan 27."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google