Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gerak Roket. GERAK SISTEM PARTIKEL DENGAN MASSA BERUBAH Kekekalan momentum juga berlaku pada sistem partikel dengan massa berubah (gerak roket, pesawat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gerak Roket. GERAK SISTEM PARTIKEL DENGAN MASSA BERUBAH Kekekalan momentum juga berlaku pada sistem partikel dengan massa berubah (gerak roket, pesawat."— Transcript presentasi:

1 Gerak Roket

2

3 GERAK SISTEM PARTIKEL DENGAN MASSA BERUBAH Kekekalan momentum juga berlaku pada sistem partikel dengan massa berubah (gerak roket, pesawat jet dan cumi-cumi ). Pada saat t, roket bermassa M dan bergerak dengan kecepatan v. Karena menyemburkan gas dengan kecepatan U ke belakang, maka pada saat t+  t massa roket akan berkurang menjadi M+dM (dM negatip) dan kecepatannya bertambah menjadi v+dv (dv positif).

4 Kecepatan relatip antara roket dan gas yang disemburkannya adalah :

5 Gaya dorong roket Berlaku Kekekalan momentum

6 Di ruang angkasa (gaya luar = 0): Laju pesawat tidak dipengaruhi oleh laju pembakaran tetapi dipengaruhi oleh perubahan massa dari pesawat.

7 Roket dibawah pengaruh medan gravitasi bumi

8 Lanjutan… Pada waktu lepas landas, kecepatan awal = 0 dan waktu awal nol, sehingga: Dari persamaan diatas dapat dilihat mengapa waktu untuk peluncuran roket harus sangat singkat!

9 Contoh Soal Sebuah roket yang mula-mula massanya 850 kg menyemburkan gas dengan laju 2,3 kg/s. Bila kecepatan semburan gas irelatip terhadap roket adalah 2800m/s, a). Berapa gaya dorong dari roket tersebut ? b). Bila roket tersebut dilepaskan di ruang angkasa (tidak ada pengaruh gravitasi), berapa kecepatannya pada saat bahan bakarnya habis dimana massa roket 180 kg ? Jawab :


Download ppt "Gerak Roket. GERAK SISTEM PARTIKEL DENGAN MASSA BERUBAH Kekekalan momentum juga berlaku pada sistem partikel dengan massa berubah (gerak roket, pesawat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google