Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH KELOMPOK 4 AGUSSALIM 102214024 FIRMAN ABADI 082214026.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH KELOMPOK 4 AGUSSALIM 102214024 FIRMAN ABADI 082214026."— Transcript presentasi:

1 OLEH KELOMPOK 4 AGUSSALIM FIRMAN ABADI

2 A. MESIN GERGAJI 1. FUNGSI : Mesin gergaji berfungsi sebagai alat untuk memotong benda kerja terutama yang terbuat dari benda keras seperti besi, baja dan tembaga dalam jumlah yang banyak dengan menggunakan tenaga listrik. Berikut gambar mesin gergaji :

3 2. Macam-macam mesin gergaji Macam-macam mesin gergaji sebagai berikut Mesin gergaji datar Mesin gergaji pita Mesin gergaji bundar dan Mesin gergaji sengkang. Tetapi yang sering kali di pakai dalam kerja mesin adalah mesin sengkang.

4 3. Bagian-Bagian Mesin Gergaji Dan Fungsinya : Motor penggerak, berfungsi suatu penggerak dari sebuah sabuk. Tuas apit moncong, berfungsi sebagai laju maju mundurnya batang penggerak. Keping penggerak, berfungsi untuk menggerakkan batang penggerak sehingga dapat menghasilkan maju-mundur. Batang penggerak, berfungsi sebagai penghubung dari motor penggerak ke keping penggerak. Sengkang gergaji, berfungsi tempat memasang daun gergaji. Daun gergaji, berfungsi alta untuk memotong benda kerja. Penjepit,berfungsi untuk menjepit benda kerja yang akan digergaji dan dipotong. Pita alat pendingin, berfungsi sebagia pendingin dari panas yang mengakibatkan gesekan daun gergaji yang berupa air atau pelumas.

5 3. Cara Kerja Mesin Gergaji Perputaran motor penggerak dihubungkan ke sumber arus dari motor berputar, perputaran motor dihubungkan oleh sebuah sabuk pada keeping penerus. Roda gigi pada poros penerus dihubungkan pada roda penghubung, poros roda gigi penghubung memutar keping penggerak dan keping penggerak menggerakkan batang penggerak sehingga menghasilkan gerak maju mundur pada sengkang gergaji.

6 Batang penggerak ini terpasang pada suatu alur keeping penggerak dan diikat oleh sebuah baut dan mur (Gerakannya eksentrik), alur ini merupakan pengatur panjang langkah sengkang gergaji. Jika ujung batang penggerak dipasang dekat sumbu keeping penggerak, maka sengkang gergaji akan bergerak pendek makin jauh letak ujung batang penggerak dari sumbu penggerak, makin panjanglah panjang batang penggerak tersebut. Pengaturan panjang langkah ini dilakukan dengan cara mengendorkan mur pengikatnya kemudian menggeserkan batang penggerak itu pada suatu kedudukan yang kita inginkan. Gambar dibawah ini adalah cara kerja mesin gergaji.

7 Gambar Mesin Gergaji Dan Nama-Nama Bagiannya

8

9 Berbagai jenis mesin gergaji dapat dikelompok kan sebagai berikut; 1. Gergaji Bolak-Balik: Gergaji horizontal Gergaji dan kikir vertikal 2. Gergaji Bulat: Gergaji logam Piringan gesek baja Piringan amplas 3. Gergaji Sabuk (belt): Pisau gergaji Pisau gesek Pisau kawat


Download ppt "OLEH KELOMPOK 4 AGUSSALIM 102214024 FIRMAN ABADI 082214026."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google