Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Strategi Pengorganisasian Pesan-Pesan Bad news 1. Menciptakan Audiens centered-Tone  bagaimana intonansi dalam menyampaikan bad news memberikan kontribusi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Strategi Pengorganisasian Pesan-Pesan Bad news 1. Menciptakan Audiens centered-Tone  bagaimana intonansi dalam menyampaikan bad news memberikan kontribusi."— Transcript presentasi:

1 Strategi Pengorganisasian Pesan-Pesan Bad news 1. Menciptakan Audiens centered-Tone  bagaimana intonansi dalam menyampaikan bad news memberikan kontribusi yg cukup penting dalam penyampaian pesan-pesan bisnis.

2 2. memilih Pendekatan Organisasional  ada 2 pendekatan : a. Perencanaan tak Langsung b. Perencanaan langsung

3 Paling lazim dilakukan untuk penulisan pesan- pesan yang mempunyai dampak kurang menyenangkan kepada audiens. Ada 4 bagian penting : 1. pembuka 2. alasan 3. bad news 4. penutup

4 Tahap awal dalam menggunakan perencanaan tak langsung adalah menempatkan audiens pada situasi yang netral, pernyataan yang tanpa beban bagi audiens. Pernyataan netral yang mengantarkan pada bad nes biasa diebut buffer. Hal yg diperhatikan dalam menulis paragraf pembuka : 1. Hindari untuk mengatakan “tidak” 2. Hindari penggunaan frase yang tidak relavan 3. Hindari permohonan maaf 4. Hindari penulisan buffer yg terlalu panjang.

5 Jika kita bisa menyajikan alasan yang efektif maka akan dapat membantu audiens kita bahwa keputusan kita adalah fair maupun logis. Seorang komunikator yang baik harus bisa memusatkan perhatian terhadap manfaat apa atau hikmah apa yang dapat diambil oleh audiens

6 Setelah memberikan alasan ”mengapa” suatu keputusan diambil, maka pada tahap ini kita dapat secara langsung memgemukakan keputusan apa yang diambil, misal : keputusan penolakan permintaan kredit, PHK dll.

7 Memberikan kata penutup yg bersifat positif, hangat, bersahabat dan lebih menyenangkan. Kemudian yg lebih penting lagi adalah berikan kesan yg baik kepada audiens.

8 Diawali dengan bad news, alasan yang mendukung selanjutnya diakhiri dengan penutup yg bersahabat. Pendekatan ini dilakukan jika : 1. Penerima pesan lebih menyukai to the point aja 2. pesan tersebut memiliki pengaruh yg kecil terhadap si penerima pesan. 3. Pesan disampaikan secara empaty

9 Monica Laura adalah seorang manager di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan, dimana pada saat ini perkebunan tersebut sedang menunjukkan tingkat keuntungan yang semakin meningkat pesat selama 5 tahun terakhir. Seorang manager yang cantik nan energik tersebut mendapat tawaran dari perusahaan asing yg bergerak di perkebunan juga yang baru mulai membuka bisnisnya di Indonesia. Dia mau dibayar 2 x lipat dari gaji yang saat ini dia terima. Andaikan Saudara adalah Monica Laura, apa keputusan yang akan Saudara ambil dan bagaimana cara mengkomunikasikannya?


Download ppt "Strategi Pengorganisasian Pesan-Pesan Bad news 1. Menciptakan Audiens centered-Tone  bagaimana intonansi dalam menyampaikan bad news memberikan kontribusi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google