Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUHAMMAD NURUL HUDA, 5251307007 Pengambilan Minyak Bunga Melati dengan Metode Enfleurasi menggunakan Lemak Sapi- Kambing-Ayam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUHAMMAD NURUL HUDA, 5251307007 Pengambilan Minyak Bunga Melati dengan Metode Enfleurasi menggunakan Lemak Sapi- Kambing-Ayam."— Transcript presentasi:

1 MUHAMMAD NURUL HUDA, Pengambilan Minyak Bunga Melati dengan Metode Enfleurasi menggunakan Lemak Sapi- Kambing-Ayam

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : MUHAMMAD NURUL HUDA - NIM : PRODI : Teknik Kimia - JURUSAN : Teknik Mesin - FAKULTAS : Teknik - rambo_cakep pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Prima Astuti Handayani, S.T., M.T - PEMBIMBING 2 : - TGL UJIAN :

3 Judul Pengambilan Minyak Bunga Melati dengan Metode Enfleurasi menggunakan Lemak Sapi-Kambing-Ayam

4 Abstrak Huda, Muhammad Nurul ” Pengambilan Minyak Bunga Melati dengan Metode Enfleurasi Menggunakan Lemak Sapi-Kambing-Ayam, Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang. Indonesia memiliki banyak sumber daya alam yang kaya akan minyak atsiri. Salah satunya sumber alam potensial adalah bunga melati yang dapat dimanfaatkan untuk diambil minyak atsirinya. Minyak atsiri bunga melati dapat digunakan dalam pabrik farmasi, parfum, industri kosmetik, sabun, cat, pestisida, tinta dan karbol. Di Indonesia kebutuhan minyak atsiri bunga melati untuk industri kosmetik, sabun dan parfum dipenuhi dari impor. Oleh karena itu dilakukan pengambilan minyak bunga melati dengan metode enfleurasi menggunakan lemak sapi-kambing-ayam. Metode Enfleurasi dilakukan dengan menggunakan lemak sapi, lemak kambing dan lemak ayam dengan perbandingan 2:1:1. Alat chassis, seperangkat alat distilasi vakum. Pembuatan absorben untuk metode Enfleurasi dilakukan dengan cara dipanaskan campuran lemak sapi, lemak kambing dan lemak ayam menggunakan pemanas air pada suhu 600C hingga meleleh, ditambahkan 0,6% benzoin diaduk hingga homogen dan siap dituang pada chassis. Bunga melati sebanyak ±100 gram ditaburkan di atas absorben dan setiap 24 jam bunga melati diganti dengan yang baru. Proses penaburan bunga dilakukan selama 21 hari. Absorben yang menyerap minyak melati disebut pomade. Pomade diekstraksi dengan etanol pada suhu 300C dan menghasilkan filtrat. Filtrat didinginkan dalam lemari pendingin pada suhu 150C. Kemudian dilakukan pendinginan sampai suhu 50C dan -50C. Pemurnian menggunakan distilasi vakum pada suhu 300C dengan tekanan 550 mmHg. Absolut minyak melati yang diperoleh diidentifikasi dengan GCMS untuk mengetahui komponen yang terkandung dalam minyak tersebut. Hasil percobaan diperoleh bahwa hanya satu komponen minyak bunga melati yang terbaca yaitu Indol dengan kadar 0,6% sedangkan yang lainnya adalah Benzoin dan lemak. Penggunaan pelarut etanol hanya melarutkan komponen lemak. Kata Kunci: Enfleurasi, Pomade, Bunga Melati, Indol

5 Kata Kunci Enfleurasi, Pomade, Bunga Melati, Indol

6 Referensi

7 Terima Kasih


Download ppt "MUHAMMAD NURUL HUDA, 5251307007 Pengambilan Minyak Bunga Melati dengan Metode Enfleurasi menggunakan Lemak Sapi- Kambing-Ayam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google