Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Disusun oleh : Budi Bachtiar FirmansyahA. 210 090 148 Sapto Edy NurmuttaqinA. 210 090 169.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Disusun oleh : Budi Bachtiar FirmansyahA. 210 090 148 Sapto Edy NurmuttaqinA. 210 090 169."— Transcript presentasi:

1 disusun oleh : Budi Bachtiar FirmansyahA Sapto Edy NurmuttaqinA

2 Sejarah Singkat Kabupaten Tegal : Tegal berasal dari nama Tetegal, tanah subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian (Depdikbud Kabupaten Tegal, 1984). Sumber lain menyatakan, nama Tegal dipercaya berasal dari kata Teteguall. Sebutan yang diberikan seorang pedagang asal Portugis yaitu Tome Pires yang singgah di Pelabuhan Tegal pada tahun 1500 –an (Suputro, 1955). Namun sejarah tlatah Kabupaten Tegal tak dapat diepaskan dari ketokohan Ki Gede Sebayu. Namanya dikaitkan dengan trah Majapahit, karena sang ayah Ki Gede Tepus Rumput ( kelak bernama Pangeran Onje) ialah keturunan Batara Katong Adipati Ponorogo yang masih punya kaitan dengan keturunan dinasti Majapahit (Sugeng Priyadi, 2002).

3 Sekilas Tentang Kecamatan Adiwerna : Adiwerna adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Indonesia. Adiwerna berbatasan dengan Kecamatan Dukuhturi di Utara, Talang dan Pangkah di Timur, Kecamatan Slawi dan Dukuhwaru di Selatan, dan Kecamatan Jatibarang Brebes di sebelah Barat. Kecamatan Adiwerna terletak pada posisi antara 108o02’ BT - 109o 07’ BT dan antara 6o55’ LS – 6o57’ LS, memiliki wilayah yang terdiri dari daratan seluas ha.

4 Dilihat dari sisi administrasi pemerintahan, di Kecamatan Adiwerna pada Tahun 2006 terdiri dari 21 desa. Dengan 503 RT dan 87 RW. Bentuk Pemerintahan Desa di kecamatan ini memiliki variasi dalam penyebutan wilayah setingkat di bawah desa, yaitu pedukuhan. Dari sisi aparatur pemerintahan, jumlah pegawai negeri sipil di Kecamatan Adiwerna tahun 2006 jumlahnya 845 orang yang tersebar di Kantor Kecamatan Adiwerna UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Tingkat Kecamatan. Sementara Jumlah Aparatur Desa pada Tahun 2006 adalah 142 orang.

5 Membantu Bendahara Pengeluaran dalam menyusun laporan pertanggungjawaban anggaran Bulan lalu. Membantu menyusun anggaran pelaksanaan program pelayanan administrasi perkantoran. Membantu Bendahara Pengeluaran dalam menyusun rencana anggaran Bulan ini. Membantu menyusun anggaran pelaksanaan program peningkatan sarana dan prasarana aparatur. Membantu menyusun anggaran pelaksanaan program peningkatan pengembangan sistem pelaporan capaian kerja dan keuangan. Membantu menyusun anggaran pelaksanaan program peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun desa.

6 Membantu menyusun anggaran pelaksanaan program perencanaan pembangunan daerah. Membantu menyusun anggaran pelaksanaan program peningkatan peran serta dan kesetaraan gender dalam pembangunan : kegiatan pembinaan organisasi perempuan. Membantu menyusun anggaran pelaksanaan program peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa : kegiatan monitoring, evaluasi, dan pelaporan pelaksanaan bantuan tambahan penghasilan tetap bagi kepala desa dan perangkat desa (pendamping ADD). Membantu mengumpulkan daftar anggaran-anggaran dari masing-masing program pelaksanaan yang telah disusun untuk direkap menjadi satu dalam daftar anggaran pelaksanaan program dan kegiatan.

7 Membantu menyusun rekapitulasi evaluasi hasil pelaksanaan Renja SKPD dan pencapaian Renstra SKPD s/d tahun-tahun 2012 Kabupaten Tegal. Membantu menyusun reviu terhadap rancangan awal RKPD tahun 2012 Kecamatan Adiwerna. Membantu menyusun usulan program dan kegiatan dari para pemangku kepentingan Kecamatan Adiwerna tahun Membantu menyusun rumusan rencana program dan kegiatan SKPD tahun 2012 Kecamatan Adiwerna. Membantu bendahara pengeluaran untuk menyusun laporan pertanggung jawaban anggaran bulan ini.

8 Mencatat dan merekap daftar kegiatan yang sudah dilakukan selama seminggu di Kecamatan Adiwerna, untuk selanjutnya diarsipkan ke dalam arsip data Kecamatan Adiwerna. Mencatat dan merekap daftar kegiatan yang sudah dilakukan selama sebulan di Kecamatan Adiwerna, untuk selanjutnya diarsipkan ke dalam arsip data Kecamatan Adiwerna.

9 Memperoleh pengalaman bekerja di bidang yang sesuai dengan jurusan perkuliahan kami meskipun hanya pada Kantor Kecamatan kecil saja. Bisa mengaplikasikan ilmu yang sudah kami pelajari selama mengikuti perkuliahan meskipun hanya sedikit. Memperoleh pengalaman tambahan yang lain karena kegiatan magang yang kami lakukan ini jauh dari tempat tinggal kami. Bisa mengetahui kegiatan-kegiatan yang terjadi di kantor kecamatan secara umumnya. Bisa mengetahui form/dokumen yang dipakai pada Kantor kecamatan Adiwerna terutam yang dipakai di Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan.

10 Dalam satu hari harus bisa menyelesaikan satu macam dokumen sehingga terkesan diburu waktu dalam mengerjakannya. Sistem pengerjaan yang menempatkan kami bertiga dalam satu lokasi Sub Bagian dan satu dokumen yang harus dikerjakan sehingga dalam pengerjaan dokumen terkesan tidak efektif. Lokasi Magang yang sangat jauh dari rumah maupun kampus. Dialeg bahasa yang berbeda jauh dengan tempat asal kami.

11 Bagi Prodi : Diharapkan dalam pensosialisasian dan pengarahan tentang kegiatan PKB kepada mahasiswa bisa lebih ditingkatkan lagi supaya para mahasiswa tidak bingung dalam melaksanakan kegiatan PKB. (terutama yang berkaitan dengan Dosen Pengampu)

12 Bagi Lembaga PKB : Sehubungan dengan banyaknya masyarakat yang bertempat tinggal di lingkup wilayah Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal yang memerlukan pelayanan terbaik dari para pegawai di Kantor Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal, maka penulis mencoba mengajukan saran yang mudah-mudahan sekiranya dapat bermanfaat sebagai berikut :  Prosedur kerja yang ada harus diperbaharui demi kemudahan dan kelancaran kegiatan dalam Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.  Ketelitian dan kinerja para pegawai harap dipertahankan serta ditingkatkan lagi demi kemajuan Kecamatan Adiwerna Kabupaten Tegal.

13 Terima Kasih Wabillahhi Taufiq Wal Hidayah Wassalamualaikum Wr. Wb.


Download ppt "Disusun oleh : Budi Bachtiar FirmansyahA. 210 090 148 Sapto Edy NurmuttaqinA. 210 090 169."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google