Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MOTIVASI DAN ETOS KERJA Disampaikan pada Kegiatan Pembekalan CPNS di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Oleh : DR.H. Nasruddin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MOTIVASI DAN ETOS KERJA Disampaikan pada Kegiatan Pembekalan CPNS di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Oleh : DR.H. Nasruddin."— Transcript presentasi:

1 MOTIVASI DAN ETOS KERJA Disampaikan pada Kegiatan Pembekalan CPNS di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Oleh : DR.H. Nasruddin L.Midu, M.Ag. Palu, 26 Mei 2011

2 PENGERTIAN MOTIVASI Motivasi adalah keinginan/kemauan seseorang untuk mencurahkan segala upayanya dalam mencapai tujuan atau hasil tertentu. Pengertian lain menyebutkan motivasi adalah kesediaan untuk mengeluarkan tingkat upaya yang tinggi untuk tujuan organsasi yang dikondisikan oleh kemampuan itu dala memenuhi beberapa kebutuhan individu. Dari pengertian di atas, disimpulkan bahwa motivasi adalah faktor penggerak yang melatarbelakangi perilaku.

3 PROSES MOTIVASI I. KEBUTUHAN YANG TIDAK TERPENUHI VI. KARYAWAN MENILAI KEMBALI KEBUTUHAN YANG TERPENUHI II. PENCARIAN JALAN UNTUK MEMENUHI KEBUTUHAN V. IMBALAN ATAU HUKUMAN III. PERILAKU YANG DIARAHKAN PADA TUJUAN IV. PRESTASI (EVALUASI ATAS TUJUAN YANG DICAPAI) KARYAWAN

4 Ciri-Ciri Motivasi Berprestasi 1.Berusaha Lebih Keras 2.Mempunyai Prakarsa dalam tugas 3.Ingin Segera mengetahui hasil dari usahanya 4.Lebih Realistis 5.Menggunakan segenap kemampuan dalam melaksankan tugas. 6.Membandingkan antara usaha yang dilakukan dengan hasil yang diperoleh.

5 Untuk menjadi seorang PNS yang baik, ada 4 (empat) persyaratan yang harus dimiliki bagi Seorang PNS yaitu : 1.Profesional / Potensi Maksimal : a). Pengetahuan Luas b). Menguasai pekerjaanya (job description) c). Peka/kritis dan wawasan luas 2.Personality/Sikap/Kepribadian a). Jujur b). Disiplin c). Tanggung jawab d). Tekun, Tabah, Ulet e). Loyal, dedikasi. 3.Performent/Kinerja a). Etos kerja b). Kualitas handal c). Efisien/Produktif. d) Efektifitas Kerja 4. Perfecly a). Kerja dengan tuntas b). Optimis c). Dinamis

6 Pengertian etos kerja : “Etos Kerja adalah semangat kerja yang menjadi ciri khas dan keyakinan seseorang atau suatu kelompok” Prinsip Utama Etos Kerja :  Bekerja adalah ibadah Seluruh umat beragama, apalagi pegawai Kementerian agama, harus meyakini sepenuhnya bahwa bekerja adalah ibadah. Oleh karena itu sebagai PNS yang bekerja di lingkungan Kementerian Agama merupakan salah satu bentuk ibadah kepada ALLAH SWT/Tuhan Yang Maha Esa.

7  Jabatan adalah Amanah Jabatan dan pangkat apapun yang melekat pada diri seseorang merupakan amanah dari Allah SWT / Tuhan Yang Maha Esa, yang diberikan lewat pemerintah dan negara. Dengan keyakinan bahwa jabatan dan pangkat itu sebagai amanah, maka harus diemban dan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

8 Pada dasarnya motivasi merupakan kedaan psikologis yang perwujudannya dapat dilihat dari tingkah laku. Seseorang akan melakukan suatu pekerjaan dengan sungguh- sungguh apabila ia mempunyai motivasi yang kuat. Sebaliknya seseorang akan kurang bergairah dalam melakukan sesuatu pekerjaan apabila tidak mempunyai motivasi yang kuat. Manfaat Motivasi kerja PNS adalah PNS mempunyai semangat kerja yang tinggi dalam mempersiapkan tugas-tugas secara baik, tertib, dan tepat waktu. Dengan meningkatnya motivasi dan etos kerja PNS akan mempengaruhi secara general kepada peningkatan kinerja PNS dan akhirnya akan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

9 Sekian Terima Kasih

10

11

12

13

14


Download ppt "MOTIVASI DAN ETOS KERJA Disampaikan pada Kegiatan Pembekalan CPNS di Lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tengah Oleh : DR.H. Nasruddin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google