Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MRP TERKOMPUTERISASI Pertemuan 9. PERANCANGAN SISTEM (UMUM)  Identifikasi Kebutuhan User/User Requirements Identification (melakukan survey) Hasilnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MRP TERKOMPUTERISASI Pertemuan 9. PERANCANGAN SISTEM (UMUM)  Identifikasi Kebutuhan User/User Requirements Identification (melakukan survey) Hasilnya."— Transcript presentasi:

1 MRP TERKOMPUTERISASI Pertemuan 9

2 PERANCANGAN SISTEM (UMUM)  Identifikasi Kebutuhan User/User Requirements Identification (melakukan survey) Hasilnya dinyatakan dalam dokumen Software Requirements Specification (SRS)/Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak (SKPL) termasuk di dalamnya adalah Document Flow dan System Flow.  Perancangan Sistem  Data Flow Diagram/Diagram Alir Data Context Diagram, Bagan Berjenjang, DFD level 1, DFD level 2, dst.  Perancangan Database Entity Relationship Diagram: CDM, PDM, normalisasi.  Perancangan Input dan Interface Input  Perancangan Output dan Interface Output

3 PROSES BISNIS MRP  INPUT MRP Master Production Schedule (MPS), Bill Of Material (BOM), dan On Hand Inventory (OHI).  MPS diperoleh dari proses order barang oleh konsumen, hasil peramalan, dan kebijaksanaan (policy) manajemen. Pada umumnya MPS dikelola oleh fungsi Perencana. Untuk itu perlu dibangun database MPS, untuk menyimpan data MPS.  BOM digambarkan dalam struktur produk, yang menunjukkan produk akhir (dependent product) dan komponen-komponen penyusunnya, termasuk jumlah dan lead time. Pada umumnya BOM dibuat oleh fungsi Perencana. Untuk itu perlu dibangun database BOM, untuk menyimpan data BOM.

4 PROSES BISNIS MRP  OHI menyatakan jumlah barang atau komponen yang ada dalam persediaan sebelum dilakukan proses MRP (dikelola oleh fungsi inventori). Untuk keperluan pemrosesan MRP perlu diberikan otoritas (hak akses) terhadap database barang/komponen, yang di dalamnya ada field tentang jumlah stock updated.  PROSES MRP Pemrosesan MRP dilakukan oleh fungsi Perencana, dan akan menghasilkan output.  OUTPUT MRP berupa laporan hasil perhitungan MRP, sesuai dengan metode lot sizing yang digunakan. Laporan dapat dikelompokkan menjadi dua.

5  Laporan tentang kebutuhan komponen dependent (schedule dan jumlah), yang harus tersedia. Laporan ini diberikan kepada fungsi pengadaan (purchasing) untuk dilakukan pemesanan/pembelian ke supplier.  Laporan tentang kebutuhan bagian-bagian rakitan (dependent) dan produk jadi (independent), yang harus tersedia. Laporan ini diberikan kepada fungsi produksi untuk dilakukan proses produksi/perakitan/assembly. PROSES BISNIS MRP

6  Dikerjakan per kelompok ( 4 orang )  Menentukan produk yang akan di produksi dan membuat struktur produknya, misal sepeda pancal, almari dan lain-lain (tidak boleh sama dengan contoh atau soal yang pernah ada)  Membuat system flow untuk pemrosesan MRP nya, sd. proses purchasing dan produksi.  Dikumpulkan minggu ke- 12. TUGAS 02


Download ppt "MRP TERKOMPUTERISASI Pertemuan 9. PERANCANGAN SISTEM (UMUM)  Identifikasi Kebutuhan User/User Requirements Identification (melakukan survey) Hasilnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google